Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

62hallAvatar border
TS
62hall
<INFO> Lapor penipuan online shop, bagaimana caranya?
Belanja online merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Praktis sehingga sangat digemari bagi para pemilik kesibukan tinggi. Namun, dibalik kelebihannya juga terdapat ancaman kemungkinan terjadinya penipuan. Oleh sebab itu, kita harus teliti benar bagaimana memilih tempat belanja online yang terpercaya. Baca: Ciri-ciri toko online (online shop) terpercaya.

Walaupun kita sudah sangat berhati-hati, adakalanya kita juga apes dengan menjadi korban penipuan saat belanja online. Jika hal ini benar-benar menimpa diri kita, lalu apa yang harus kita lakukan?

Sebagian orang memilih untuk merelakan saja, anggap sebagai pengalaman untuk lebih berhati-hati ke depannya. Namun, tidak semua orang melakukan hal serupa, apalagi jika nominal yang amblas bernilai besar. Pastinya, harus dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

Mau lapor penipuan online shop, berikut ini prosedur yang harus dilakukan:

Buat laporan penipuan online shop di kantor polisi
Pastikan informasi tentang si penipu sudah dilaporkan dengan detail. Nama online shop, alamat online shop (link website / blog / link sosial media), nomor kontak (pin BBM, WA, Line, no hp dan lainnya).

Kronologis kejadian juga harus kita sampaikan dengan detail. Tanggal kejadian, nominal transaksi, bukti percakapan, bukti transaksi dan bukti-bukti pendukung yang menguatkan.

Lapor ke rekening bank asal transfer
Setelah mendapatkan surat keterangan dari pihak kepolisian, langkah lapor penipuan online shop berikutnya adalah datang ke bank asal transfer. Maksudnya adalah datang ke bank tempat rekening yang kita gunakan untuk transfer ke pelaku.

Laporkan penipuan online shop yang kita alami ke Customer Service. Selanjutnya minta tolong pada Customer Service untuk cetak rekening koran kita saat tanggal kejadian (tanggal kita melakukan transfer ke rekening pelaku).

Lapor ke rekening bank tujuan transfer
Jika pelaku menggunakan rekening bank yang berbeda, selanjutnya kita menuju ke bank tujuan transfer (alias rekening bank miliki pelaku). Sampaikan kronologis kejadian yang kita alami kepada Customer Service, selanjutnya akan disampaikan kepada Teller untuk memblokir rekening pelaku. Selanjutnya, pihak bank akan mencarikan data tentang bank tempat pelaku membuka rekening. Pihak bank tempat pelaku membuka rekening selanjutnya akan mendatangi alamat pelaku untuk mediasi.

Nah, demikian alur cara lapor penipuan olshop. Semoga kasusnya berakhir dengan baik dan tidak ada yang menjadi korban berikutnya!

Sumber:
62HALL
0
3.9K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Online Business
The Online BusinessKASKUS Official
25.2KThread3.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.