valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Besok, Roy Suryo Diperiksa atas Laporannya soal Postingan Meme Stupa


Jakarta - Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan terhadap Roy Suryo terkait kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Preside Joko Widodo (Jokowi). Roy Suryo akan diperiksa sebagai pelapor pada Kamis (30/6) besok.

"Rencana saya selaku saksi pelapor baru akan memberikan keterangan di Polda Metro Jaya besok," kata Roy saat dihubungi, Rabu (29/6/2022).

Dalam kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur, Roy Suryo memang menjadi pelapor dan terlapor. Sebagai pelapor, Roy Suryo melaporkan tiga akun media sosial yang disebutnya sebagai penyebar pertama meme tersebut.

Sementara itu, sebagai terlapor, Roy Suryo dilaporkan oleh perwakilan umat Buddha. Tindakan mantan Menpora itu yang ikut menyebarkan meme tersebut dianggap telah berperan dalam melakukan pelecehan terhadap umat Buddha.

Roy Suryo belum bicara banyak soal rencana pemeriksaan yang akan dijalaninya besok. Namun ia mengaku juga akan memberikan tanggapan terkait status pelaporan umat Buddha kepadanya yang kini telah naik penyidikan.

"Besok sekalian akan saya sampaikan detailnya agar masyarakat tidak diprovokasi oleh buzzerRp dengan gorengan-gorengan yang menyesatkan," ujar Roy.



Roy Suryo Polisikan 3 Akun Medsos

Roy Suryo melapor polisi setelah postingan meme patung Buddha Candi Borobudur mengundang polemik. Roy Suryo melaporkan tiga akun media sosial tersebut karena mengunggah 'pertama kali' meme patung Buddha Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi itu.

"Iya, yang dilaporkan itu adalah pengunggah pertama. Yang diketahui oleh kami ada tiga akun," kata kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni, kepada wartawan, Kamis (16/6).

Pitra menyebut Roy Suryo sudah memberikan penjelasan terkait postingannya yang berasal dari tiga akun media sosial itu. Dia menyebut postingan Roy Suryo menjadi ramai setelah ada upaya penggiringan opini yang dilakukan akun-akun tersebut.

Roy Suryo juga menjelaskan terkait alasannya melaporkan ketiga akun medsos tersebut. Dia menyebut masyarakat menjadi tergiring opininya oleh ketiga akun medsos tersebut.

"Jadi ini untuk meluruskan akibat banyak masyarakat yang tergiring, juga dikira saya yang mengedit, saya yang memposting awal, ada kata-kata saya yang menyerang kaum Buddha. Tidak ada sama sekali atau bahkan saya melecehkan. Tidak ada niat itu. Baca baik-baik kreativitas netizen itu yang saya mention di postingan saya dan kenaikan tarif tiket," ujar dia.

Laporan Roy Suryo teregister di Polda Metro Jaya dengan nomor: LP/B/2970/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya. Dalam laporannya itu Roy Suryo melaporkan ketiga pemilik akun dengan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

Laporan Umat Buddha atas Roy Suryo Naik Penyidikan

Sementara itu, status laporan umat Buddha atas Roy Suryo kini telah memasuki babak baru. Kasus postingan meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi yang diunggah oleh Roy Suryo telah ditingkatkan ke tahap penyidikan.

"Statusnya dari proses penyelidikannya sudah dilakukan ditingkatkan penyidikan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (28/6).

Kasus itu pun kini telah dilimpahkan dari Bareskrim Polri ke Polda Metro Jaya. Polisi juga akan segera memeriksa Roy Suryo sebagai terlapor.

https://news.detik.com/berita/d-6152...gan-meme-stupa

Jangan lupa bawa panci.. eh.. koper ya pak.. emoticon-Malu (S)


Lumayan dapat voucher menginap dan makan gratis.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Proloque
Proloque memberi reputasi
8
1.5K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.