dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Usulan Duet Pemersatu Bangsa Anies-Ganjar, PKS: Jokowi King Maker 2024
Usulan Duet Pemersatu Bangsa Anies-Ganjar, PKS: Jokowi King Maker 2024

Sabtu, 25 Jun 2022 12:00 WIB




Jubir PKS Muhammad Kholid (Dok. Pribadi)

Jakarta - Ketum Partai NasDem Surya Paloh mengusulkan duet pemersatu bangsa Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo saat diskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). PKS menilai usulan tersebut menarik dan patut dipertimbangkan untuk Pilpres 2024.

"Usulan yang cukup menarik dan perlu dipertimbangkan," kata juru bicara PKS Muhammad Kholid kepada wartawan, Sabtu (25/6/2022).

Bagi PKS, Jokowi merupakan king maker pada 2024. Jadi, menurut PKS, NasDem, yang dekat dengan Jokowi, dapat leluasa memberikan masukan soal duet pemersatu bangsa.

"Sebagai usulan itu sah-sah saja buat NasDem usulkan tersebut ke Pak Jokowi, karena NasDem kan anggota koalisi pemerintah. Jadi pandangan Pak Jokowi sebagai king maker Pilpres 2024 penting buat NasDem," ujar Kholid.

Sementara itu, lingkup internal PKS masih memantapkan sosok capres di tahun 2024. Nama untuk 2024 itu akan ditentukan oleh pimpinan tertinggi PKS.

"Kalau bagi PKS sendiri saat ini belum pada tahapan usulkan nama-nama capres. Kami masih tahapan menentukan kriteria calon dan berupaya membangun koalisi. Karena, Majelis Syuro belum putuskan siapa nama kandidat yang akan PKS dukung," imbuhnya.

Usulan Duet Pemersatu Bangsa

Waketum NasDem Ahmad Ali sebelumnya menjelaskan skema duet pemersatu Pilpres 2024 dimunculkan Surya Paloh saat berdiskusi dengan Presiden Jokowi. Ahmad Ali mengungkapkan duet pemersatu yang dimaksud ialah Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

"Artinya, pikiran Pak Surya bahwa hari ini ada figur yang menonjol, yang kita kira, kalau kita mau objektif menilainya bahwa ada Anies dan ada Ganjar," kata Ali kepada wartawan, Jumat (24/6).

Ali juga menjelaskan alasan Surya Paloh memilih Anies dan Ganjar. Menurut dia, Anies dan Ganjar punya ceruk massa berbeda, yang diharapkan bisa mencegah polarisasi.

"Tentunya, kalau kita kualifikasi keduanya, ada pemilih Ganjar nasionalis, pemilih Anies kelompok Islam katakanlah, seperti itu," ujar Ali.

"Sehingga tentunya, kalau dua figur ini dipersatukan, ini akan paling tidak meminimalisir munculnya polarisasi pada pemilihan presiden yang akan datang," imbuhnya.

https://news.detik.com/berita/d-6146...ing-maker-2024
gabener.edan
gabener.edan memberi reputasi
2
1.6K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.