maizsaAvatar border
TS
maizsa
Management Keuangan Para Cowo Dijaman Modern Ini
Gini gan, disini ane mau bahas soal management keuangan ya bukan kondisi keuangan.
Jujur aja ane kepo sama managemen keuangan orang-orang itu gimana. Yang ane kepoin adalah managemen keuangannya orang-orang yang dirasa mampu/kaya tapi buruk. Baik itu orangnya sendiri maupun anak dari orang mampu/kaya tersebut.

Setelah ane hidup lebih dari 20thn ini ane sering banget liat orang yang terlihat mampu tapi ternyata punya utang banyak dan bahkan mungkin gak ada tabungan.
Bahasan disini bukan untuk orang yang berhutang atau uangnya habis terus buat modal usaha, kirim ke orang tua (ortu yg miskin jd hidupnya ditanggung), banyak tanggungan yg harus dipenuhi macam sekolahin adek dll tapi untuk orang yang memang gak terlalu punya beban berat seperti diatas atau bahkan masih bebas dan dia terlihat oke penghasilannya namun berhutang untuk biaya nikah, kuliah anak, biaya pengobatan/melahirkan dll.

Yang ane mau tanyakan apa jauh-jauh sebelum menghadapi hal seperti itu uang buat biayanya memang pas masih muda gak dipersiapkan/dipikirin buat nabung apa gimana ya?
Bahkan ane sering banget liat thread curhatan sista yang gak kunjung nikah karena cowo-cowo nya belum pada punya modal nikah padahal dari keluarga mampu dan sudah pacaran lama banget. Ada yang disuruh ngumpulin duit 7jt doang untuk biaya nikahin si cewe minta waktu setahun nabung udah gitu beda pulau pula ya itu mah langsung abis buat ongkos padahal pas jaman kuliah si cowo suka gonta ganti hp juga malah sampe iphone terbaru.

Gak jarang pula orang yang nikah duitnya dari minjem bank. Istri mau lahiran pun minjem duitnya, ya kalo memang dari keluarga miskin wajar tapi ini terbilangnya mampu.

Masa iya tabungan 10jt aja selama hidup puluhan tahun gak punya. Anggap aja kita harus prepare punya tabungan emergency.

Banyak sekali teman ane yang bapaknya pejabat besar disebuah perusahaan dan waktu dia kuliahpun dimanjakan dg dikasih duit umr kadang lebih dan fasilitasnya pun terpenuhi mulai dari kosan yang wah dll namun dia sama sekali gak punya tabungan dan sering banget nginjem duit ke ane dulu pas jaman kuliah. Dia cuma pernah bisa nabung sekitar 200-300rb doang palingan, jadi ane dulu suka ngasih pinjem duit ke temen-temen yang notabene mereka itu anak orang kaya n pacarnya pun lebih tua dari dia dan pacarnya udah bahas soal pernikahan namun dia gak ada tabungan sama sekali di usia se produktif itu.

Memang pas jaman kuliah duit kiriman dari ortu itu pada gak bisa nabung apa gimana ya breh cowo-cowo jaman sekarang itu emoticon-Cape deeehh

Yang ane bahas disini cowo-cowo jaman sekarang ya bukan cewe, karena sejatinya yang dituntut untuk menafkahi dan melindungi itu cowo-cowo.
Apakah duitnya abis buat ngikutin trend beli hp baru/iphone ataukah abis buat open bo kah emoticon-Ngakak

Yang terakhir ane liat temen ane yg ngajar jadi guru honorer dan les punya iphone xs ya ane gak tau itu duit dari ortunya atau gimana tau ane tau betul penghasilan dia berapa dan dia gak punya usaha apapun selain ngajar. Banyak juga temen2 ane yang gaji nya umr an bahkan ada yg dibawah umr tapi hape nya mewah macam iphone serie X.
Pas ane tanya ada yg ngaku jujur kredit ada pula yang memang dibelikan ortu.

Lah, terus gak mikirin buat masa depan sendiri bakal ngehadapin kek pernikahan, biaya rumah tangga, lahiran dll gitu emang ya.

Ane juga masih punya temen yang belum lulus kuliah dan dia rajin minjem duit ke ane dulu pas masih deket (skrg dah musuhan gegara gak bayar utang emoticon-fuck3) dan kabarnya dia masih suka minjem duit ke orang lain n kerjaan dia pun katanya cuma pacaran doang padahal bapaknya punya usaha sawit kalo gak salah. Berarti udah lebih dari 5thn dia masih suka minjem duit dan gak ada tabungan emoticon-Najis


Buat agan-agan disini yang punya temen-temen kek gitu atau bahkan memang lagi jadi orang kek gitu bisa saling share kenapa umur udah dewasa tapi gak ada tabungan padahal bukan golongan orng tidak mampu/miskin dan belum punya tanggungan beban yg berat.

Monggo gan emoticon-Big Grin
Diubah oleh maizsa 26-06-2022 14:20
bukan.bomat
noviati_cantik
noviati_cantik dan bukan.bomat memberi reputasi
2
1.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.6KThread27.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.