Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
68
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62b6d70b2220f942a86f17f1/mengapa-korban-kejahatan-takut-untuk-melapor
Untuk Anda yang suka genre blackmail pasti sering melihat pola-pola serupa dalam beberapa kasus kejahatan. Contohnya, seorang perempuan yang dipaksa jadi budak dengan ancaman video mesumnya disebar. Yang seperti itu tidak hanya ada di film-film saja, itu juga terjadi di dunia nyata. Dengan berbekal video tak senonoh, korban diancam untuk tutup mulut dan tidak melapor ke pihak berwajib dan ternyata
Lapor Hansip
25-06-2022 16:36

Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?

icon-verified-thread
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?

Untuk Anda yang suka genre blackmail pasti sering melihat pola-pola serupa dalam beberapa kasus kejahatan. Contohnya, seorang perempuan yang dipaksa jadi budak dengan ancaman video mesumnya disebar. Yang seperti itu tidak hanya ada di film-film saja, itu juga terjadi di dunia nyata.

Dengan berbekal video tak senonoh, korban diancam untuk tutup mulut dan tidak melapor ke pihak berwajib dan ternyata ada orang yang benar-benar diam begitu saja. Sebenarnya mengapa korban-korban ini tidak melapor?

Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?

Memang benar bahwa mereka diancam, tetapi pasti ada jalan agar semua bisa ditutupi dengan tenang. Contohnya, lapor polisi dan polisi langsung bergerak mengamankan korban dan menghapus semua bukti yang ada. Atau sewa saja petrus untuk ‘menghilangkan’ pelaku kejahatan secara diam-diam. Masalah pun selesai tanpa berbuntut panjang.

Jadi mengapa tidak mengambil jalan yang seperti itu?

Pertama, pelaku kejahatan punya bekingan. Coba bayangkan kalau korban melapor pada polisi tapi ternyata polisi itu temannya si pelaku, bisa berabe urusannya. Jika yang seperti itu sampai terjadi bisa-bisa korban akan mengalami siksaan yang lebih kejam dan bukan mustahil videonya akan langsung disebar.

Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?

Kedua, polisi tidak bisa dipercaya. Bukan bermaksud menghina, tapi tidak semua polisi punya hati yang tulus ingin mengayomi masyarakat. Bagaimana kalau polisi malah bekerjasaam dengan pelaku dan ikut mengancam korban demi kepuasannya sendiri? Dan bukan tak mungkin polisi akan minta uang pelicin untuk mempercepat laporan diproses. Singkat kata, ada banyak orang yang merasa lebih baik untuk tidak berurusan dengan polisi.

Ketiga, tak berani mengambil resiko. Jika kita membicarakan kejahatan maka tak ada yang namanya terlalu berhati-hati. Kalau saya mencoba mengancam seseorang dengan video maka saya pasti akan membuat banyak salinan di berbagai tempat atau mengunggahnya ke cloud agar aman dari jangkauan polisi. Si pelaku mungkin akan ditahan selama beberapa tahun tapi setelah dia keluar dia bisa balas dendam dan menghancurkan hidup si korban. Karena itulah korban tak berani melawan.

Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?

Dan untuk alasan terakhir… mungkin karna cinta. Ada sebuah kondisi psikologi khusus yang disebut stockholm syndrom. Itu adalah kondisi di mana korban kejahatan merasakan simpati pada pelaku kejahatan sehingga tanpa sadar korban tak ingin pelaku mengalami hal buruk seperti ditangkap polisi. Atau mungkin karna yang mengancam adalah pacar sendiri maka korban merasa tak berdaya untuk melawan. Yeah, namanya juga cinta. Apa sih yang masuk akal?

Tapi kalau memang Anda diancam, dan Anda merasa tidak bersalah, lebih baik melaporlah pada pihak berwajib. Resiko melapor memang ada, tetapi jika Anda tak mau ambil resiko maka hidup Anda tak akan pernah tenang.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
memberi reputasi
8
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
56.8K Anggota • 914.3K Threads
Halaman 1 dari 2
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 16:40
Andai kominfo nggak sibuk blokir situs luar, mungkin bisa bantu dengan menghapus semua jejak digital korban kejahatan....

Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
fachri15 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 16:42
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
penthouse.3 memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 17:07
Ane pernah ngelaporin pelanggaran ke polisi via 110... Ane malah dibentak-bentak sama polisinya...
emoticon-Ngamuk

Waktu entuh lewat tengah malem, ada sekelompok orang mabok nyanyi2 sambil tereak2 di komplek... emoticon-Hammer (S)
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
Diubah oleh adolfsbasthian
profile-picture
jiresh memberi reputasi
8 0
8
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 17:08
5. diri sendiri punya aib yg tidak mau dibongkar.

misalnya:
a) penduduk illegal yg diperkosa orang lokal. tidak lapor karena takut deportasi.
b) diperkosa guru tapi dikasih nilai bagus.
c) diperkosa polisi setelah razia. takut melapor karena perawan sudah hilang sama pacar.
emoticon-Leh Uga
abis dari thread sebelah abg kena perkosa
profile-picture
jiresh memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 17:44
Gak mau ribet kayaknya kalau lapor lapor segala
profile-picture
profile-picture
sherrifpedro dan bata.special memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 18:00
Kalo mental kuat, viralin di medsos, gan. Uraaa....
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 18:11
Kl lapor katanya tetangga yg pernah nyoba peribahasanya "awalnya ilang kambing, kl lapor jadinya ilang sapi"...
Kl mo di viralin selain kudu kuat mental juga kudu bener2 yakin kl lo punya bukti kuat dan juga bener posisinya...
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 18:15
Pasti 100% alasannya karena malu. Kalau lapor pasti banyak yg di gosipin para tetangga maupun orang yg kenal.
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 18:16
karena kalo lapor pasti malu sama org disekitarnya, apalagi dimintain duit jg sesuai kasus laporan. emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh eyzadotz87
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 18:25
Kalo dimari malah nambah beban korban, udah diekspose abis2an ama netizing sama media massa. Keluarga terdekat jadi menjauh, aparat mulutnya malah jadi lambe turah buat wartawan bodrex yang ada korban malah makin kesian. Bisa juga nunggu viral baru diproses dan itupun korban kena stigma dari netizing yang budiman. Berbahagialah tinggal di sini sebagai korban dan tertawalah jika anda pelaku.
emoticon-Selamat
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 18:30
Karena nanti ditagih duit ama polisi
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 18:32
Ribet + belum tentu juga menang emoticon-Cool

Hukum kan buat orang yg berduit eh lupa di negara mana tuch emoticon-Malu
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 19:31
Karena biasa nya harus keluar duit dulu baru di tangani.
Polisi kita kan begitu.
😅
0 0
0
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 20:14
Gimana mau lapor kalo hukumnya auto tumpul pas ketemu duitemoticon-Leh Uga
0 0
0
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 21:21
kasihan korban rudalpaksa itu
0 0
0
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 22:00
stockholm syndrom. Itu adalah kondisi di mana korban kejahatan merasakan simpati pada pelaku kejahatan sehingga tanpa sadar korban tak ingin pelaku mengalami hal buruk seperti ditangkap polisi. 

Percaya atau nggak temen gw ada yg kaya gini.. sebangke apapun cowoknya maen blackmail dia tetep ngerasa simpati. Untung dah setahun ini mantan dia berenti neror..


Kalo mau lapor kita harus tau

1. Punya duit berapa?
2. Lawan kita anak siapa? Bekingannya siapa.
3. Aparat maupun komnas apapun itu gk semuanya murni buat nolongin. (Dah banyak beritanya)

Dan munculah tagar "percuma lapor polisi"
Diubah oleh aliensia
profile-picture
penthouse.3 memberi reputasi
2 0
2
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
25-06-2022 22:29
laporin aja, langsung ringkus biar ga sempet nyebarin kalo emang ancaman nya pake blackmail
0 0
0
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
26-06-2022 06:34
Gile udah 2022 masih ada yg percaya wereng ? emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Mungkin hati² kelen smua masih suci emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
26-06-2022 09:24
Takut dalam kondisi trauma
profile-picture
bossburung memberi reputasi
2 0
2
Mengapa Korban Kejahatan Takut Untuk Melapor?
26-06-2022 09:41
ingat polisi baik itu hanya oknum
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia