the.commandosAvatar border
TS
the.commandos
Perdebatan Siapakah Bapak Politik Identitas, Ahok atau Anies?
Jakarta - Lima (5) tahun berlalu pasca-Pilkada DKI Jakarta 2017, ternyata bara api perseteruan antara pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Anies Baswedan belum jua padam. Kedua kubu sampai hari ini masih saling tuding siapa yang memainkan politik identitas. Ahok atau Anies?

Pegiat media sosial Denny Siregar baru-baru ini membahas politik identitas di akun twitternya @Dennysiregar7. Ia mengungkap busuknya politik identitas tahun 2017. Bukan membuka lama yang harus dipendam, justru untuk mengingatkan jangan sampai itu terulang.

Ngeri kalau kisah Pilgub DKI menjalar ke nasional. Dan saya akan terus berada di garis depan. Memaafkan bukan berarti melupakan..," tulis Denny Siregar.

Denny mengatakan bapak politik identitas itu ada di DKI. Meski tak menyebut nama, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Denny hanya menyebut sosok itu bakal maju kembali di Pilpres 2024.

"Percayalah. Seandainya dia nyapres nanti, bukti2 Pilgub DKI yang kotor itu akan ramai di medsos kembali. Luka itu membekas. Dalam. Menyakiti kebhinnekaan kita yg sudah lama ada," ungkapnya.

Pernyataan Denny kemudian dibantah keras oleh aktivis Kolaborasi Warga Jakarta, Andi Sinulingga. Menurutnya, bapak politik identitas sesungguhnya adalah Ahok.

"Bapak politik identitas itu bukan Anies mas, tapi ahok. Coba aja periksa rekam jejaknya, periksa saja narasi2 mereka berdua. Periksa juga bagaimana anda/ahoker yg terus menerus mempolitisasi mayat, tapi liciknya anda, malah tuduhkan ke orang lain," jawabnya lewat akun Twitter pribadi, Minggu (19/6/2022).

Pagi ini, nama Ahok kembali mencuat memuncaki trending topic Twitter tanah air. Ya, warganet ramai-ramai menuding mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai biangnya bapak politik identitas.

"Ahok divonis 2 tahun penjara karena terbukti melakukan penodaan Agama. Ahok Bapak Politik Identitas," cuit @ekowboy2.

https://wartaekonomi.co.id/read42335...hok-atau-anies




Narasi:
“Innalillahi
Alfatekha buat Nenek Hindun
Semoga nenek Hindun di tempatkan di sisi yg layak oleh Allah SWT, Aamin

Ingaaaaaat!!!!!
Ini fakta yg terjadi di pilgub dki tahun 2017 lalu ya.
Ini jgn sampai terjadi untuk NKRI.
CUKUP DKI YG JADI KORBAN NYA.

INDONESIA JANGAAAAAAAN!!”

“Masjid Ini Tidak Mensholatkan Jenazah Pendukung dan Pembela Penista Agama”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah unggahan di media sosial yang mengklaim bahwa warga bernama Nenek Hindun dikaitkan sebagai korban politisasi ayat dan mayat pada momentum Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta tahun 2017 lalu.

Pada unggahan tersebut disematkan meme dengan narasi yang menolak untuk mensalatkan pendukung Ahok, yaitu dalam konteks tersebut Nenek Hindun.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim tersebut salah. Faktanya, Jenazah Nenek Hindun tetap disolatkan. Pihak kepolisian membantah isu bahwa terdapat penolakan solat Jenazah Nenek Hindun “Saya sudah konfirmasi sendiri ke pihak keluarga, bahwa tidak ada penolakan,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan saat itu, Kombes Iwan Kurniawan.

Lebih lanjut Iwan mengatakan bahwa Nenek Hindun tidak disalatkan di musala karena keterbatasan orang dan cuaca hujan “Jadinya terpaksa Ustadz Syafi’i mensalatkan di rumah bu Hindun,” kata Iwan.

Dengan demikian, klaim jenazah Nenek Hindun ditolak dan tidak disalatkan adalah informasi yang keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

---

Turn back hoax
xneakerz
larapeequer
haidar057
haidar057 dan 10 lainnya memberi reputasi
-9
1.2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.