.nona.Avatar border
TS
.nona.
Kalau Tidak Ada Hal Ini, Manusia Tidak Akan Ada!




Kembali lagi dengan thread-thread khas gugem, yang tak lepas dari kontroversi dan mengundang perdebatan. Nanun kali ini kita bahas hal yang santuy saja, kita akan membicarakan tentang alam.

Jadi segala sesuatu yang terjadi di alam tak lepas dari hal yang luar biasa, dan manusia mengenalnya sebagai Tuhan atau Allah. Maka kita wajib mensyukurinya, karena manusia selalu bergantung pada-Nya.

Sekarang kita akan bahas tentang hal yang melindungi bumi kalau tidak ada hal tersebut maka manusia akan mati, sebenarnya ada banyak namun kita rangkum menjadi 3 saja.

Apa saja hal yang melindungi bumi?

Bulan



Kenapa bulan disebut melindungi bumi? Karena bulan telah menjaga atmosfer planet Bumi agar aman dari "serangan" matahari yang aktif 4 miliar tahun yang lalu.

Menurut catatan ilmuwan awalnya bulan dianggap tidak memiliki medan magnet seperti diketahui saat ini. Tetapi ternyata dahulu bulan itu memiliki medan magnet hingga menciptakan magnetosfer pelindung. 

Maka bulan telah menjaga dari kejatuhan meteor atau benda langit yang ada di angkasa. Bahkan musim, iklim, pasang surut air laut benar-benar tergantung pada bulan. Seandainya tidak ada bulan, maka kehidupan manusia akan berbeda.


Atmosfer



Atmosfer itu merupakan selimut gas yang menyelimuti planet bumi tempat kita tinggal, tujuannya melindungi paparan radiasi sinar ultraviolet dengan lapisan ozon. 

Atmosfer juga menjadi media cuaca bagi kehidupan di bumi seperti hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lain sebagainya.

Adanya kandung berbagai macam gas untuk kepentingan mahluk di bumi, seperti oksigen, nitrogen, karbon dioksida. Kalau tidak ada atmosfer maka tampak bumi akan seperti bulan yang banyak hantaman benda langit hingga terlihat bopeng-bopeng.


Medan Magnet Bumi



Kita mungkin diajarkan di sekolah kalau medan magnetik Bumi adalah melindungi planet ini dari banyaknya radiasi luar angkasa, seperti radiasi matahari.

Bahkan dengan adanya medan magnetik Bumi dapat juga membantu manusia dalam menentukan arah melalui kompas. Karena medan magnet bumi berkaitan dengan inti bumi, dan inti Bumi sendiri hampir seluruhnya terbuat dari logam, khususnya besi dan nikel. 

Nah karena medan magnet juga berkaitan dengan kompas, atau penunjuk arah. Ada pertanyaan lanjutan, apakah ketika matahari terbit dari barat itu disebabkan karena adanya medan magnet yang mengalami kejadian pembalikan arah medan magnet, hingga alhirnya berubahnya atmosfer dan tak sanggup menahan meteor, apa karena inikah yang disebut dengan kiamat?

Wallahu a'lam.

emoticon-Angel


Sumber klik, klik, klik, klik, klik,



Diubah oleh .nona. 23-06-2022 11:25
emineminna
MasterSims
rinandya
rinandya dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.5K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.