Tech
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3aaff27e3a723974470fbb/3-dosa-microsoft-phone-yang-membuatnya-gulung-tikar
Smartphone saat ini semakin canggih. Semakin canggihnya ponsel terjadi karena persaingan antara kompetitor yang semakin melihat kebutuhan pasar. Sebagai perusahaan yang besar seharusnya microsoft menjadi kandidat ke-3 ditengah-tengah android dan iphone. Tetapi hal itu sirna hanya karena hal sepele yang dilakukan jajaran microsoft karena sudah merasa di atas.
Lapor Hansip
26-07-2019 14:46

3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar

icon-verified-thread
Smartphone saat ini semakin canggih. Semakin canggihnya ponsel terjadi karena persaingan antara kompetitor yang semakin melihat kebutuhan pasar. Sebagai perusahaan yang besar seharusnya microsoft menjadi kandidat ke-3 ditengah-tengah android dan iphone. Tetapi hal itu sirna hanya karena hal sepele yang dilakukan jajaran microsoft karena sudah merasa di atas.

Berikut pada thread kali ini ts mau menceritakan bagaimana hal sepele yang telah dilakukan microsoft menyebabkan perusahaan windows phonenya harus gulung tikar


Quote:1. Menertawakan Hasil Karya Steve Jobs, iPhone & iPod
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar

Steve Ballmer, CEO Windows phone sejak tahun 2000 menertawakan ponsel buatan Steve Jobs hanya karena tidak memiliki keyboard.

Sindiran yang dilakukan Ballmer cukup fenomenal bagi dunia dan tidak akan terlupakan bagi fan boy apple sebab Ballmer dengan percaya dirinya mengolok-ngolok produk buatan Jobs seperti :

“hahaha....iphone harganya doank mahal tetapi tidak terlihat pantas untuk kustomer bisnis karena tidak memiliki keyboard yang berarti tidak bagus untuk mengirim email”

Ballmer juga ditanya terkait peluncuran iphone dan ipod pertama yang sedang booming tetapi Ballmer menjawab dengan santainya seolah-olah iphone bukan kompetitor mereka :

“windows phone sudah dibeli jutaan produk tiap tahunnya sedangkan iPhone masih nol yang beli, berarti iPhone bukanlah ancaman bagi kami”

Perlu sekitar 1 tahun agar Steve Ballmer menyadari bahwa betapa bodohnya dia tidak melihat iPhone sebagai ancaman. Pada akhirnya Market Share Windows Phone terus menurun hingga 1% setelah penjualan iPhone dalam kurun waktu 1 tahun. Hingga pada akhir 2009 Windows Phone dianggap bangkrut.


Quote:2. Mengharuskan Vendor smartphone yang ingin menggunakan OS Windows Phone harus membeli lisensi, disaat OS android bisa didapatkan dengan gratis.
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar

Setelah ditinggal Steve Ballmer pada tahun 2010, Windows phone yang dipimpin Stefen Elop akhirnya mengambil langkah terbaru dengan mengembangkan OS Windows Phone lebih lanjut.

Kesalahan CEO selanjutnya yakni masih bersikeras mengembangkan OS Windows phone disaat pesatnya Perkembangan OS Android.

Stefen Elop akhirnya berhasil mengembangkan OS Windows Phone hingga ke level yang lebih maju dari OS Android. Tetapi semua tidak ditempuh dengan biaya murah, beda sekali dengan OS Android yang diperbarui oleh berbagai macam pihak karena Android bersifat Open Source

Nokia Lumia pun dirilis 2 tahun kemudian dengan sistem operasi windows. Diawal peluncurannya Nokia Lumia cukup sukses dan mulai mendapatkan market share dunia hingga hampir 10%.

Namun kesuksesan tersebut tidak berlangsung lama karena faktor OS Windows tersebut sendiri yang tertutup dan berlisensi mahal membuat para developer aplikasi smartphone enggan mengembangkan aplikasinya di OS Windows phone.

Pada tahun berikutnya appstore yang ada di Nokia lumia pun kosong karena mahalnya biaya lisensi yang harus dibayar developer aplikasi ataupun vendor smartphone lainnya untuk dapat memasangkannya ke smartphone buatan mereka. Bayangkan saja pada tahun 2013 Tidak ada Aplikasi Youtube, Facebook, Twiter, apalagi game online di nokia lumia. Kita harus mengakses browser terlebih dahulu yang notabene tidak memudahkan para pengguna

Alhasil perkembangan Android kembali deras karena banyak vendor smartphone tetap mempercayakan produksi smartphone nya menggunakan android, akhirnya market share Nokia Lumia kembali turun di 1%

Jika saja OS windows phone gratis dan boleh dikembangkan lebih lanjut oleh vendor smartphone lainnya mungkin beberapa smartphone sekarang masih menggunakanya. Karena pada tahun 2010 silam saja OS Windows Phone sudah lebih maju dibanding Android kala itu disaat hadirnya CEO baru Stefen Elop.



Quote:3. Gengsi menggunakan android dikala sudah mengakuisisi Nokia.
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar

Sistem yang tertutup pada OS windows phone membuat tak ada satupun developer aplikasi yang mau menggunakannya. Alih-alih kita mau membuat aplikasi malah kita disuruh membayar lisensi terlebih dahulu.

Kesalahan ini tetap dipertahankan pada tahun 2013, membuat Nokia yang menggunakan OS Windows Phone harus gulung tikar pada tahun 2014. Nokia yang awalnya memercayakan Microsoft sebagai penyedia operating system justru akhirnya malah bangkrut dan diakuisisi oleh microsoft sendiri.

Pada tahun selanjutnya Microsoft terlalu lama mengambil keputusan sehingga Android sudah terlanjut berkembang pesat karena sifat keterbukaan Open-Source nya. Nokia yang sudah diakuisisinya malah dibiarkan ‘tidur’ selama dua tahun lamanya.

Microsoft disini juga punya masalah lain karena masih mempertahankan sifat tertutupnya dengan alasan untuk melakukan Quality Control agar mendapatkan aplikasi yang matang, justru hal tersebut menghambat para developer yang ingin mengembangkan aplikasi karena developer juga manusia, penuh dengan kesalahan.

Bagi developer baru yang ingin berkiprah di dunia aplikasi smartphone, OS windows phone dianggap tidak user-friendly karena aplikasi beta-nya pasti ditolak mentah-mentah di appstore Windows phone.

Lalu kemudian dosa terbesar ada setelah dia membeli Nokia pada tahun 2014. Microsoft tidak langsung mengadopsikan Android yang dapat digunakan secara gratis, justru malah terbawa gengsi dan menidurkan nokia selama 2 tahun. Pada tahun 2017 Akhirnya Microsoft Tobat dan dengan rasa malunya mengunakan OS Gratisan Android pada ponsel Nokia 6 nya.

Padahal perkembangan produksi smartphone di tahun 2014 Belum seketat 2017 tetapi ya apalah daya jikalau seseorang sudah dibutakan oleh rasa gengsi. Ditahun 2019 ini kita liat sendiri Nokia walaupun sudah menggunakan OS Android masih tidak bisa mengembalikan kejayaannya ya karena terlalu lama mengambil keputusan yang dilatarbelakangi gengsi semata.


Wah rupanya ada 3 dosa besar microsoft yakni Menertawakan, Mata-duitan, dan Gengsi. Coba saja kalau jajaran petinggi microsoft phone bisa berpikir jernih layaknya jajaran petinggi Smartphone dari Asia timur pasti pada tahun ini minimal bisa bersaing dengan Samsung.


Sumber : Youtube Business Casual
Sumber gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
handphone--tablet
Handphone & Tablet
3.5K Anggota • 10.1K Threads
Halaman 3 dari 3
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar
10-08-2019 09:14
lumia 520 ane msh ada noh ga kepake emoticon-Ngakak dlu pas awal keluar smooth bgt,bq jg masih bgs.ane ga demen android versi nokia, udah biasa pake somay emoticon-Leh Uga
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar
11-08-2019 15:39
belum pernah nyobain windows phone..
eh, pernah seh pegang punya temen, bingung dg apl ny..dan g lama temen gw udah jual..mungkin sebulan-an..



eniwei yg d omongin ts bener banget!..
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar
19-08-2019 18:28
Sekitaran taun 2014, dimana gaji pertama gwe turun gwe langsung nyari" lumia 730 second, akhirnya kebeli diharga 2,35jt.

Bahagia sekali men waktu itu walaupun setelahnya duit cuma cukup buat ongkos emoticon-Ngakak (S)


Os nya ringan bray, maen asphalt 8 resolusi high dilibas tanpa LAG.
Modern combat 5 juga smooth sekali dengan effect yg mantab.
Android dengan spesifikasi yang setara dengan lumia 730 mana bisa kek gitu ??


Cuma emng sayang sih masalah gap aplikasi yg bikin orang mikir buat beli windowsphone.
Kenapa gwe milih beli nokia yaa karena gwe emng fanboy aja ama merk ini, walaupun skrng belom beli nokia lagi seh emoticon-Hammer (S)

Yang paling dikangenin cuma tampilan kotak" nya itu, asli dah.
Nyari di playstore buat android pun gaada yg bikin sreg dihati selain tampilan dari windowsphone yg asli.
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar
20-08-2019 13:18
Quote:Original Posted By junaedi1982new
Sebelum diakuisisi, Nokia Lumia masih diperhitungkan.
Aplikasi ekslusif nya seperti Here Maps, Here Drive+, Mix Radio, dan dukungan aplikasi ekslusif dari Microsoft (Office, Outlook, OneDrive) masih menarik pembeli.

Gap aplikasi dengan Android dan iPhone membuat Lumia mati pelan pelan. Nokia pernah mencoba peruntungan dengan Nokia X yang menggunakan AOSP (Android Open Source Project).
Lagi, karena keterbatasan jumlah aplikasi, Nokia X dan Nokia XL pun mati.

Setelah diakuisisi Microsoft, Nokia tidak diijinkan memproduksi smartphone sampai akhir 2016, tapi masih boleh memproduksi feature phone.

Brand Lumia juga ikut dibeli Microsoft, berganti nama dari Nokia Lumia jadi Microsoft Lumia.
Produksi nya dikerjakan di pabrik ex-Nokia yang sudah dibeli Microsoft.
Sementara untuk feature phone, Brand Nokia masih melekat pada Nokia 105, Nokia 170, Nokia 3310 (reborn), Nokia 130, dll.
Produksi dikerjakan HMD global.

Setelah 2016, Nokia sudah bisa produksi smartphone lagi.
Lahirlah Nokia 5, Nokia 6, Nokia 3, dll.
Produksi juga dikerjakan HMD Global.

Dosa Microsoft yang membuat Windows Phone mati adalah:

PHP-in pengguna Lumia.

Setelah sebelumnya konfirmasi pengguna Lumia dengan RAM 512MB bisa upgrade ke Windows 10 mobile, ternyata tidak bisa.

Gagal mengatasi gap aplikasi

Penghentian project astoria dan ketidak jelasan proses migrasi ke Universal Windows Platform (UWP) membuat developer galau, kemudian pilih mundur.

Penghentian pengembangan divisi mobile

Setelah Satya Nadella mengkonfirmasi penghentian pengembangan Windows 10 mobile, satu persatu developer aplikasi angkat kaki dari platform ini.

the end of Lumia
sorry kalo kepanjangan



Yang paling ane rasain adalah di php in karna dulu ane pernah make lumia dan sekarang mau jual tidak ada satu pun orang yang mau beli
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar
21-11-2019 11:04
hahaha nomer 2 bener bangey tuh, ngapain harus beli lisensi
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar
30-11-2019 10:08
tapi gatau kenapa ane yakin windows bakal laku di zaman nanti, bakal ada inovasi windows dalam kemasan yang lebiih mudah diakses entah itu di watchphone atau gadget dalam ukuran lebih kecil dan mudah dibawa
0 0
0
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar
09-06-2022 11:25
bisa aja windows di smarpthone, asal tampilannya dan spesifikasinya sama dgn pc gaming high end...
0 0
0
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar
09-06-2022 16:13
sebenernya windows phone bagi seekor pekerja enak sih, ga jauh beda ama versi desktopnya. jadi masih bisa bekerja. cuman emang apps nya sepi banget sehingga terasa di dunia asing.
0 0
0
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar
21-06-2022 08:53
APM JENNIFER digunakan untuk pemantauan performa aplikasi, mendukung aplikasi yang dibangun menggunakan platform JAVA, .NET, dan PHP. APM JENNIFER digunakan untuk pemantauan performa aplikasi dapat mempermudah dan mempercepat pendeteksian error di area backend (server) kemudian menunjukan informasi area yang menyebabkan error tersebut hingga ke level method, SQL dan external call secara detail. Event promo APM Jennifer 2022 GRATIS MENGGUNAKAN APM JENNIFER SELAMA 3 BULAN
0 0
0
Post ini telah dihapus
3 Dosa Microsoft Phone Yang Membuatnya Gulung Tikar
28-06-2022 10:04

Event APM Jennifer

APM JENNIFER dapat mempermudah dan mendeteksi error di backend (server) area kemudian menunjukan area informasi yang menyebabkan error tersebut hingga metode ke level, SQL dan panggilan eksternal secara detail. Pastinya, APM JENNIFER dapat membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi waktu Anda. GRATIS MENGGUNAKAN APM JENNIFER SELAMA 3 BULAN Periode 13 Juni s/d 14 Oktober 2022.

Dapat menggunakan Jennifer Server On-Cloud ataupun On-Premise
Konsultasi dengan tim teknis secara langsung
Pelatihan online gratis selama penggunaan
Segera daftar (Link Pendaftaran) untuk mendapatkan semua manfaat tersebut atau kunjungi www.sindigilive.com untuk informasi lebih lanjut
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Cryptocurrency Kaskus
mengapa-defi-membutuhkan-kyc
Website, Webmaster, Webdeveloper
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia