si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Dimana Letak Tangki Bahan Bakar Pesawat Tempur ?
Quote:



Hallo gan sist kembali berjumpa di thread pembahasan pesawat tempur, setelah pada thread sebelumnya kita sudah membahas bahan bakar pesawat tempur; kini saatnya kita membahas letak tangki bahan bakar pesawat tempur. Kira-kira adakah agan dan sista yang pernah kepikiran "dimana sih letak tangki bahan bakar pesawat tempur ?"

Umumnya letak tangki bahan bakar pesawat tempur berada diantara kokpit dan mesin, tangki ini disebut sebagai tangki bahan bakar internal dan terletak di dalam badan pesawat. Selain tangki bahan bakar internal, pesawat juga bisa menggunakan tangki bahan bakar eksternal untuk menambah jangkauan terbangya. Jadi, secara teori pesawat tempur punya dua tangki bahan bakar. Ane akan bahas dari tangki internal terlebih dahulu.


Tangki Bahan Bakar Internal


Seperti yang sudah tulis di atas, letak tangki bahan bakar internal pesawat tempur berada di tengah-tengah posisinya,terletak dibelakang kokpit dan di sebelah depan mesin; selain itu sayap pesawat juga bisa digunakan untuk wadah bahan bakar. Sebagai contoh ane akan mengambil F-16, mari kita lihat sekilas ilustrasi yang ane gambar di bawah. Maaf ya kalau ilustrasinya jelek emoticon-Peace


Quote:



Tangki Bahan Bakar Eksternal


Nah sekarang agan dan sista sudah tahu dimana posisi tangki bahan bakar pesawat tempur yang ada di dalam badaan pesawat, kini kita akan sedikit mempelajari tangki bahan bakar eksternal/tambahan pesawat tempur. Meski punya kapasitas tangki bahan bakar internal yang besar akan tetapi pesawat tempur punya jarak jelaajah yang terbatas, apalagi pesawat tempur bermesin tunggal seperti F-16. Untuk menambah daya jelajah pesawat tersebut, maka dibuatlah tangki bahan bakar eksternal.

Tangki bahan bakar eksternal tersebut dipasang pada bagian hardpoint yang terletak di bawah sayap pesawat dan di bagian bawah badan (fuselage) pesawat. Jika agan dan sista pernah melihat foto atau video F-16 membawa benda besar seperti bom di sayapnya, sebenarnya benda itu bukanlah bom. Benda itu adalah tangki bahan bakar eksternal pesawat, dibuat seperti bom supaya aerodinamis dan tidak mengganggu performa pesawat saat terbang. Tidak mungkin bentuknya dibuat seperti wadah jeriken.


Quote:



Conformal Fuel Tank (CFT)


Selain tangki bahan bakar eksternal yang dipasang dibawah badan dan sayap, pesawat tempur juga bisa dipasangi tangki bahan bakar eksternal yang lain dan disebut sebagai "Conformal Fuel Tank (CFT)."CFT sendiri biasanya dipasang di pesawat tempur F-15 dan F/A-18. CFT ini ibarat jaket yang dipakai pesawat tempur, karena posisinya dipasang dipunggung pesawat. Persisnya di atas sayap pesawat. Terkadang ada juga yang dipasang pada bagian bawah sayap pesawat, menempel di badan pesawat.


Quote:



CFT yang terpasang pada F-16 punya kapasitas masing-masing 900 kg, jadi totalnya adalah 1.800 kg (1,8 ton). Jika F-16 dipasangi tiga tangki bahan bakar eksternal ditambahdua tangki bahan bakar CFT di punggung pesawat serta tangki bahan bakar internal diisi penuh; maka total kapasitas bahan bakar F-16 adalah 8,2 ton.

Sebagai tambahan informasi, Conformal Fuel Tank dikembangkan pertama kali oleh Amerika Serikat pada tahun 1974 dan diuji coba pertama kali pada F-15B. Setelah sukses, Amerika kemudian membuat CFT untuk kebutuhan F-16 hingga F/A-18. Meski jadi negara pelopor CFT, Angkatan Udara AS nyatanya tidak memasang CFT pada F-16 karena alasan doktrin tempur yang mereka pakai. Tercatat hanya F-15 dan F/A-18 yang dipasangi CFT. Tetapi negara lain penggguna F-16 seperti Singapura dan Israel telah memasang CFT pada pesawat F-16-nya.

CFT yang ditempatkan di punggung pesawat tidak akan mengurangi jumlah senjata yang dibawa, berbeda dengan yang dipasang di sayap pesawat; dimana pemasangan itu berarti pilot harus mengurangi senjata yang akan dibawa. Selain itu CFT juga dibuat mengikuti bentuk badan pesawat agar tidak mengganggu manuver pesawat tempur.

Quote:




Tangki Bahan Bakar Pesawat Komersial


Sebagai penutup ane akan sedikit membahas tentang tangki bahan bakar pesawat komersial, berbeda dengan tangki bahan bakar pesawat tempur; tangki bahan bakar pesawat komersial ditempatkan pada kedua sayapnya. Meski sayap pesawat komersial terlihat tipis, tapi sebenarnya di dalam sayap pesawat tersebut terdapat ruangan yang cukup luas dan dipakai sebagai tangki bahan bakar. Bahkan saking luasnya, tangki peswat komersial muat dimasuki orang untuk keperluan inspeksi.


Quote:




Referensi Tulisan: aviation.stackexchange.com& airspace-review.com
Sumber Foto dan Ilustrasi: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 20-06-2022 05:16
emineminna
69banditos
gabener.edan
gabener.edan dan 11 lainnya memberi reputasi
12
4.9K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan KepolisianKASKUS Official
2.2KThread2.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.