si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Truk Militer Rusia Memakai Armor Kayu Hingga Plat Baja Selama Invasi ke Ukraina
Quote:



Pada thread sebelumnya TS sudah banyak membahas senjata donasi Barat ke Ukraina serta senjata-senjata yang digunakan Rusia selama invasi ke Ukraina. Pada kesempatan kali ini ane akan membahas armor yang digunakan oleh truk logistik Rusia. Selain tank, truk-truk logistik merupakan sasaran empuk bagi tentara Ukraina, karena lazimnya truk militer tidak punya armor yang tebal dan tidak dilengkapi senjata pertahanan diri.


Wooden Armor


Beberapa foto yang beredar di Twitter pada 6 Maret 2022 menunjukkan tiga truk Kamaz yang dipasangi potongan kayu pada bagian depan bodinya, penggunaan wooden alias kayu sebagai armor pelindung bagi kendaraan militer bukan merupakan hal yang baru. Bisa dibilang pemakaian armor kayu ini sudah digunakan sejak puluhan tahun lalu dalam berbagai palagan peperangan.

Sebagai tambahan informasi, selama operasi menumpas GAM di Aceh, truk dan beberapa kendaraan taktis TNI juga dipasangi armor kayu. Pemasangan armor kayu ini bertujuan untuk menahan terjangan proyektil dari senapan serbu atau proyektil sniper musuh yang mengincar kendaraan tersebut.

Menurut artikel TheDrive.comkemungkinan pemasangan armor kayu pada truk Rusia tersebut bertujuan untuk melindungi radiator truk dari tembakan senjata ringan pasukan Ukraina. Masih dari sumber yang sama, truk yang dimaksud kemungkinan membawa elemen jembatan ponton PMP, aset logistik yang berharga dan salah satu target pilihan pasukan Ukraina di samping truk bahan bakar. Sebuah jembatan PMP kemungkinan didirikan di atas Sungai Pripyat di sisi Belarus pada masa awal invasi.


Quote:



Mengharapkan perlindungan dari kendaraan tempur dan helikopter tidak bisa dijadikan jaminan untuk selamat. Sementara perintah operasi harus tetap dilaksanakan, bagi prajurit yang bertugas harus melakukan kreasi, untuk bisa meredam terjangan proyektil musuh.

Penggunaan wooden armor juga dilakukan negara lain di luar Rusia, di Filipina selama konflik di Marawi tahun 2017, kendaraan tempur V-150 Commando buatan Cadillac Cage pada sekujur bodinya diberi lapisan kayu. Lapisan kayu ini masih bisa menahan terjangan proyektil, tetapi tidak bisa menhahan hantaman RPG-7; karena standar perlindungan V-150 hanya bisa menahan terjangan proyektil kaliber 7,62 mm.

Meski pemasangan armor kayu kurang begitu efektif dan terlihat kuno sekaligus ketinggalan zaman; akan tetapi pemasangan armor kayu ini dipercaya bisa menambah semangat pasukan yang bertugas. Meski semangat itu akan otomatis ambyar jika melihat proyektil RPG mendekat.


Quote:



Armor Plat Baja


Armor yang kedua dan juga digunakan oleh truk logistik Rusia adalah armor plat baja, armor jenis ini memang umum digunakan oleh kendaraan militer di era modern. Meski lebih tebal dari kayu, akan tetapi armor ini juga masih rawan terkena hantaman RPG. Meski begitu, plat baja cukup ampuh melawan pecahan peluru dan tembakan senjata ringan.

Kemunculan armor plat baja yang membuat truk Rusia berubah menjadi gaya "Mad Max" ini pertama kali diposting di Twitter pada 18 April 2022 lalu, di mana truk yang dimaksud berada di sekitar Kharkiv; truk tersebut diidentifikasi sebagai Kamaz 5350 6x6. Yang menarik truk tersebut dibekali sebuah kanon penangkis serangan udara ZSU-23-2 kaliber 23 mm pada bagian baknya.

Menurut artikel indomiliter.comZSU-23-2 diproduksi oleh Zakłady Mechaniczne Tarnów (ZMT). Kanon ini umumnya dijual dalam versi tarik (towed), selain itu juga bisa dipasang pada platform kendaraan taktis BMP-2. Kanon ini punya jangkauan tembakan maksimum vertikal 2.000 meter, dan jangkauan tembak horizontal 3.000 meter.


Quote:



Sementara itu truk Kamz 5350 punya kapasitas angkut 6 ton, serta punya kemampuan untuk menarik trailer atau artileri. Truk militer ini juga dapat membawa berbagai muatan jenis kontainer. Kamaz 5350 ditenagai mesin diesel turbocharged KamAZ-740.13.260 yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 260 hp. Mesin ini juga sudah memenuhi stnadar emisi EURO II. Mesin ini telah dilengkapi dengan fitur starter cuaca dingin dan dapat dihi dihidupkan pada suhu hingga -50 °C. Truk juga memiliki fitur full-time all-wheel drive serta dilengkapi dengan central tyre inflation system.

Truk Kamaz 5350 mampu digeber sampai kecepatan maksimal 100 km per jam, dengan kapasitas tangki bahan bakar penuh mampu menjelajah hingga 1.000 km. Truk yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2003 tersebut punya panjang 7,85 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 3,29 meter. Bobot kendaraan keseluruhan adalah 9,2 ton.


Apakah Kedua Armor Itu Efektif ?



Rasanya kedua armor yang dipakai truk Rusia, baik kayu maupun plat baja; tidak akan banyak merubah keadaan di Ukraina. Apalagi Ukraina banyak menebar ranjau darat dan juga memiliki banyak stok senjata anti tank serta drone. Dilihat dari beberapa postingan di Twitter, memang sudah banyak juga truk-truk Rusia yang berakhir jadi besi tua.

Stok persenjataan berat yang masih dimiliki militer Ukraina kemungkinan besar akan terus meningkatkan ancaman terhadap kendaraan Rusia, baik yang berkulit lunak maupun yang berkulit tebal, dan kemungkinan besar kita juga akan terus melihat upaya kreatif yang dilakukan oleh pasukan Rusia untuk mencoba dan meningkatkan peluang mereka untuk bertahan hidup.


Quote:





Referensi Tulisan: indomiliter.com& TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 18-06-2022 12:44
emineminna
nowbitool
gabener.edan
gabener.edan dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.4K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan KepolisianKASKUS Official
2.2KThread2.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.