- Beranda
- Hardware Computer
Pc Ngadat
...
TS
newbiesanghay
Pc Ngadat
Para suhu komputer pencerahannya
Untuk intermesonya mungkin ane punya komputer dengan spec sebagai berikut:
-i3 9100f
-amd rx6600(baru up dari gt 1030)
-8gb
-psu aerocool 550w
Begini suhu suhu agan agan yang lebih mengerti tentang komputer, jadi si komputer ane tuh kan nyolok ke terminal yang nyambung ke terminal lain gitu dan si terminal lain tuh nyambung sama kulkas dispenser sama mejikom gitu kan. Nah waktu awal upgrade vga normal normal aja, sampai suatu ketika hujan besar dan deket rumah tuh ada petir gitu yang bikin internet jadi ada kaya rto rto gitu sampe beberapa jam mungkin sekitar 2 jam an internet normal kembali. Keesokan harinya si komputer ane nyalain tapi kok gabisa nya padahal si fan case, fan cpu, vga nyala tapi gaada display output ke monitornya. Ane kotakatik kotakatik alhasil nyala setelah ganti kabel power psu nya. Tapi dari performa komputer ane jadi ada penurunan gitu. Ane coba restart dan hasilnya masih sama, setelah beberapa kali percobaan restart ane coba buka task manager setelah komputer nyala, dan ane coba buka game seperti mhw, apex legend, dsb sempet beberapa kali ada statering gitu kaya tiba tiba lag, ane rasa mungkin itu hal yang lumrah, keesokan harinya ane coba buka task manager setelah komputer nyala dan tanpa buka app lain ane open browser(yang ane pake google chroome) rada sedikit kaget sih waktu liat kinerja prosesor yang nyentuh di 80-90% dan memory 70-80% ketika pertama buka browser tapi setelah idle langsung drop ke 1 koma an mungkin, ketika buka tab dan web web seperti youtube mungkin cuman disekitara 30-40 kinerja total prosesor. Dan hal ini tidak terjadi sebelum adanya petir itu. Dan ketika cek kinerja vga ketika main game pun yang terpakai hanya 30-40% saja normal seperti sebelum adanya petir di sekitaran rumah
Mohon pencerahannya suhu kemungkinan apa saja yang bisa menyebabkan hal itu terjadi dan solusi nya. Apakah ada kerusakan di cpu dan ram? Apakah di psu? Apakah dari terminal yang nyambung sama kulkas mejikom dan dispenser?
Ps: hal yang sudah dilakukan:
- ganti termal paste
- tukar slot ram
- ganti kabel power(setelah komputer tidak bisa nyala dan akhirnya nyala setelah ganti kabel power)
Sekian atas pertanyaannya, barangkali suhu suhu disini ada yang tau atau pernah mengalami hal yang sama dan punya solusi kongkrit atas kejadian diatas, mohon berkenan untuk sharing sharing suhu
Untuk intermesonya mungkin ane punya komputer dengan spec sebagai berikut:
-i3 9100f
-amd rx6600(baru up dari gt 1030)
-8gb
-psu aerocool 550w
Begini suhu suhu agan agan yang lebih mengerti tentang komputer, jadi si komputer ane tuh kan nyolok ke terminal yang nyambung ke terminal lain gitu dan si terminal lain tuh nyambung sama kulkas dispenser sama mejikom gitu kan. Nah waktu awal upgrade vga normal normal aja, sampai suatu ketika hujan besar dan deket rumah tuh ada petir gitu yang bikin internet jadi ada kaya rto rto gitu sampe beberapa jam mungkin sekitar 2 jam an internet normal kembali. Keesokan harinya si komputer ane nyalain tapi kok gabisa nya padahal si fan case, fan cpu, vga nyala tapi gaada display output ke monitornya. Ane kotakatik kotakatik alhasil nyala setelah ganti kabel power psu nya. Tapi dari performa komputer ane jadi ada penurunan gitu. Ane coba restart dan hasilnya masih sama, setelah beberapa kali percobaan restart ane coba buka task manager setelah komputer nyala, dan ane coba buka game seperti mhw, apex legend, dsb sempet beberapa kali ada statering gitu kaya tiba tiba lag, ane rasa mungkin itu hal yang lumrah, keesokan harinya ane coba buka task manager setelah komputer nyala dan tanpa buka app lain ane open browser(yang ane pake google chroome) rada sedikit kaget sih waktu liat kinerja prosesor yang nyentuh di 80-90% dan memory 70-80% ketika pertama buka browser tapi setelah idle langsung drop ke 1 koma an mungkin, ketika buka tab dan web web seperti youtube mungkin cuman disekitara 30-40 kinerja total prosesor. Dan hal ini tidak terjadi sebelum adanya petir itu. Dan ketika cek kinerja vga ketika main game pun yang terpakai hanya 30-40% saja normal seperti sebelum adanya petir di sekitaran rumah
Mohon pencerahannya suhu kemungkinan apa saja yang bisa menyebabkan hal itu terjadi dan solusi nya. Apakah ada kerusakan di cpu dan ram? Apakah di psu? Apakah dari terminal yang nyambung sama kulkas mejikom dan dispenser?
Ps: hal yang sudah dilakukan:
- ganti termal paste
- tukar slot ram
- ganti kabel power(setelah komputer tidak bisa nyala dan akhirnya nyala setelah ganti kabel power)
Sekian atas pertanyaannya, barangkali suhu suhu disini ada yang tau atau pernah mengalami hal yang sama dan punya solusi kongkrit atas kejadian diatas, mohon berkenan untuk sharing sharing suhu
0
457
7
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
31.4KThread•15.5KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya