mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Rusia Kesal Rapat Menkes G20 di Yogyakarta Sibuk Bahas Invasi Ukraina

ia menuduh negara G20 mempolitisasi pertemuan antara Menteri Kesehatan di Yogyakarta dengan membahas invasinya ke Ukraina. (Foto: Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pejabat Kementerian Kesehatan Rusia, Oleg Salagay, merasa kesal lantaran pertemuan Menteri Kesehatan Negara G20 di Yogyakarta pada Senin (20/6) malah sibuk membahas invasi negaranya ke Ukraina.
Salagay menuduh anggota G20 mempolitisasi diskusi soal kesehatan tersebut. Sebab, dalam rapat itu, sejumlah negara menuduh invasi Rusia membuat sistem kesehatan Ukraina menjadi kacau.



"Kami minta kolega kami agar tak mempolitisasi pembicaraan kesehatan G20 dan tetap dalam mandat kita dan membahas perawatan kesehatan," kata Salagay dalam rapat tersebut.

Invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari lalu terus membayangi pertemuan G20 tahun ini yang akan berlangsung di Bali pada Oktober mendatang.

Indonesia, yang saat ini memegang Presidensi G20, terus berupaya menjaga kelompok itu tetap kompak ditengah kecaman sebagian anggota terhadap tingkah Rusia ke Ukraina.

Negara Barat anggota G20 seperti Amerika Serikat, Prancis, Inggris, hingga Australia, mendesak Indonesia memboikot keikutsertaan Rusia di G20 tahun ini.

Dalam rapat Menkes G20 hari ini, AS, Inggris, Australia, dan Kanada bahkan mendesak Rusia mengakhiri agresinya ke Ukraina.

Wakil Menkes AS, Andrea Palm, mengatakan invasi Rusia "secara langsung bertentangan dengan tujuan perawatan kesehatan G20 dan tujuan kami untuk mempromosikan kesehatan global."

"Jauh dari mempromosikan kesehatan global, Rusia telah merusak layanan kesehatan, menghancurkan kesehatan, dan terus menyerang bangunan tempat warga sipil tak berdosa termasuk anak-anak berlindung," kata Palm seperti dikutip Reuters.

Indonesia disebut-sebut masih terus berupaya memastikan semua negara hadir di KTT G20 nanti.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, bahkan sudah mengonfirmasi bahwa Presiden Joko Widodo berencana bertemu Presiden Vladimir Putin di Moskow pada 30 Juni mendatang.

Mahfud tak membeberkan materi yang akan dibahas Jokowi dan Putin. Ia hanya memastikan kebenaran rencana itu.

 https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220620183226-106-811299/rusia-kesal-rapat-menkes-g20-di-yogyakarta-sibuk-bahas-invasi-ukraina.
nanti kalau Presiden Putin hadir satu ruang sama Presiden Biden emang bernai mengkritik terang-terangan emoticon-Big Grin
extreme78
jerryreality850
scorpiolama
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.