• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Naik Motor Pakai Sandal Jepit Kena Tilang, Hujan Wajib Pakai Sepatu!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Naik Motor Pakai Sandal Jepit Kena Tilang, Hujan Wajib Pakai Sepatu!


Belum lama ini ramai dibicarakan mengenai pengendara motor yang memakai sendal jepit akan ditilang. Berita yang seolah 'tidak penting' ini rupanya menarik perhatian berbagai kalangan terutama pemotor yang seringkali berada dikuda besinya.

Banyak pemotor yang bertanya pasal yang mengulik perihal penilangan pemotor memakai sandal jepit dan banyak juga yang tidak menggubris berita ini.

"Ada-ada saja, sampai urusan sandal jepit diurusin. Noooh.. urusin lampu merah yang sering mati.",

"Dimana-mana banyak pelanggaran dibiarin gitu aja!",

"Giliran jalan macet atau hujan pada menghilang, makan gaji buta?",

"Rakyat sudah susah cari bensin mahal, sekarang disuruh beli sepatu pakai uang siapa?
kata beberapa teman saya.



Karena ikut penasaran saya ikut mencari berita ini apa yang sebenarnya terjadi. Seperti yang sudah-sudah, dulu sempat ada larangan mobil menggunakan roofbox setelah itu menguap begitu saja, sekarang sandal jepit ikut dilarang bagi pemotor. Apakah tidak ada hal lain yang lebih penting untuk diurusi petugas?

Awalnya sih saya kontra dengan hal ini tapi setelah saya tela'ah dan berfikir panjang ada benarnya juga. Hal-hal yang kadang terlihat sepele menjadi masalah besar ketika kita mengalami sendiri. Menyesal itu belakangan, kalau didepan berarti pendaftaran. Hehe emoticon-Big Grin

Saya jadi ikut mengamini hal ini, dan mendukung larangan menggunakan sandal jepit karena apa? Saya berfikir masyarakat mampu membeli motor, masa membeli sepatu saja tidak bisa? Ini sama saja membandingkan orang mampu membeli mobil tapi tidak bisa buat garasi?



Perspektif saya melihat larangan ini lebih kepada tanggung jawab dan perhatian petugas dilapangan. Karena mereka peduli keselamatan para pemotor maka larangan ini sifatnya hanya himbauan, bukan larangan dan tidak ada proses tilang!

Setidaknya itu yang dikatakan oleh Kepala Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Jamal Alam. Menurutnya ini hanya bersifat himbauan, dalam Undang-Undang Lalulintas memang tidak ada larangan pemotor pakai sandal jepit. Tidak ada penilangan.



Lagian juga menurut saya (lagi) naik motor akan terlihat lebih keren dan pantas daripada hanya pakai sandal jepit. Memang ada beberapa orang pergi kekantor dari rumah sengaja pakai sandal jepit agar sepatunya tidak kotor atau kehujanan. Tapi setidaknya beli alas kaki yang lebih pantas dan aman, sandal sepatu karet misalnya.

Ingat, kalau dilihat dari segi safety atau keselamatan berkendara dengan memakai sepatu selain lebih pantas juga sepatu mampu melindungi kaki dari benturan dan benda tajam dijalan. Kalau hujan pakai sepatu juga tidak dilarang, tapi beruntungnya ini hanya bersifat himbauan saja. Jadi jelas tidak ada penilangan pemotor memakai sandal jepit!




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 16-06-2022 09:58
imaginaerum
emineminna
Zero
Zero dan 8 lainnya memberi reputasi
7
3.4K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.