Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 3 Cara Menabung Yang Beda Dan Efektif! Udah Tau Belum? Yuk Dicoba!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
3 Cara Menabung Yang Beda Dan Efektif! Udah Tau Belum? Yuk Dicoba!
3 Cara Menabung Yang Beda Dan Efektif! Udah Tau Belum? Yuk Dicoba!
Sumber gambar: WePromote247.com


Quote:


Semua orang pasti ingin punya banyak uang. Sebagai salah satu hal penting untuk bertahan hidup di dunia ini, uang jelas sangat kita butuhkan. Namun, uang tidak jatuh dari langit. Kita harus berusaha dan bekerja untuk mendapatkannya. Lalu, setelah mendapatkan uang maka perjuangan kita selanjutnya adalah mempertahankannya. Dengan cara apa? Menabung.

Kita kadang sulit menabung karena tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Dua hal itu harus bisa dibedakan. Untuk itu, mungkin trik menabung dari saya bisa menjadi referensi untuk kita semua.

1. Jangan Pikirkan Jumlah

Bagi saya, menabung tidak selalu dilihat dari jumlah nominal uang yang masuk ke rekening atau dompet saya. Yang selalu saya pikirkan adalah konsistensi, pokoknya saya harus menabung setiap hari berapa pun jumlahnya. Bahkan jika itu hanya sepuluh atau dua puluh ribu.

Karena setidaknya ada pemasukan ke dalam tabungan. Dengan uang sepuluh ribu pun kalau kita terus menabung tanpa henti setiap hari, pasti akan menjadi banyak juga. Yang penting adalah sabar dan konsistensi.

2. Motivasi Yang Kuat

Tentukan untuk apa kita menabung. Apakah untuk membeli barang baru, untuk masa depan, untuk menikah atau yang lainnya. Dengan adanya motivasi, menabung akan jauh terasa lebih mudah. Segala godaan dari sekitar tidak akan membuat kita goyah karena kita memiliki tujuan sendiri.

Kalau tidak ada motivasi? Maka carilah motivasi! Saya biasanya memotivasi diri saya menabung untuk membeli barang baru misalnya. Kemudian saya mulai mengumpulkan sedikit demi sedikit. Pada saat uang terkumpul, saya pikirkan lagi. Apakah saya benar-benar membutuhkan barang baru tersebut? Kalau iya beli, kalau tidak maka jangan dan uang tabungan kita menjadi utuh.

3. Buat Rekening/Penyimpanan Baru

Salah satu trik yang cukup jitu bagi saya adalah dengan memanfaatkan berbagai aplikasi seperti uang elektronik. Untuk menabung biasanya saya memasukkan uang saya ke berbagai aplikasi dompet digital, setelah itu saya anggap uang saya hilang. Anggap uang itu tidak ada lagi.

Setiap bulan saya melakukan itu, setiap bulan saya selalu “menghilangkan uang” dengan memasukkannya ke dompet digital. Saya membohongi diri saya sendiri bahwa uang itu tidak ada, uang itu hilang, pokoknya uang itu tidak ada.

Nanti di saat saya punya keperluan mendesak, barulah saya pakai uang tersebut.

Quote:


Ya. Itu dia cara saya menabung, entah apakah bisa diterapkan ke semua orang atau tidak. Tapi semua hal di atas benar-benar saya lakukan untuk mengumpulkan uang. Yang terpenting adalah gaya hidup, dengan hidup sederhana dan seperlunya maka uang akan cepat terkumpul. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan.

Kalau kalian biasanya menabung dengan cara apa? Atau malah gak menabung sama sekali? Jawab di kolom komentar ya!
Sekian dari saya, mohon maaf kalau ada salah kata. Silahkan di-share apabila artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba, dan semoga berhasil.
ucupthea
emineminna
ica47toro811
ica47toro811 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.5K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.