Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sivaruck4Avatar border
TS
sivaruck4
'Meninggal Sendirian' di Kos Jaksel, Tetangga Baru Tahu Usai Ada Bau

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 08:35 WIB

https://news.detik.com/berita/d-6125...u-usai-ada-bau


Gambar ilustrasi (Ilustrasi/Thinkstock)
Jakarta - Seorang pria yang hidup indekos sendirian di kota besar ini 'meninggal dunia sendirian'. Orang-orang sekitar baru tahu meninggalnya pria itu setelah mencium bau tidak sedap dari dalam kamarnya.
'Meninggal sendirian' atau 'lonely death' adalah istilah untuk menggambarkan fenomena sosial seperti ini, meninggal dunia tanpa ada seorangpun di sisinya. Di Inggris, istilah ini dikenal sebagai lonely death, menjadi renungan masyarakat Britania usai ditemukannya mayat Joyce Carol Vincent. Di Jepang, ada istilah 'kodokushi' untuk menyebut kondisi mati seorang diri seperti ini.

Seorang pria di Jakarta selatan itu berinisial FR, pemuda 26 tahun, ditemukan tewas di kamar mandi kosannya di kawasan Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Penemuan itu berawal dari adanya bau tak sedap yang dicium penghuni kos dari kamar FR.


"Jadi bermulanya kecurigaan warga ini tetangga kosan si korban ini, curiganya ini ada bau nggak sedap bau bangkai gitu terus dia lapor ke pemilik kosannya itu. Si pemilik kos mengaminkan, 'Emang udah lama tuh ini orang nggak keluar'," kata Ketua RT 11 RW 04 Kelurahan Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Hendi, saat dihubungi, Senin (13/6/2022).

Baca juga:
Mahasiswa ISI Denpasar Tewas dengan Mulut Berbusa di Kamar Indekos
Hendi mengatakan mayat FR ditemukan warga sekitar pukul 13.30 WIB kemarin. Pintu kamar kos dan kamar mandi FR dalam keadaan terkunci saat warga mencoba masuk ke dalam kamar tersebut.


"Akhirnya sama pemilik kos itu, ini kosannya kebetulan di lantai 2 ya diajak ke atas tuh pemilik kosannya, nah karena pintunya itu kan dikunci si pemilik kosannya itu bawa kunci serep ke atas ternyata di selot dari dalam," ujarnya.

"Terus tetangga korban itu punya inisitaif ngambil alat lah buat ngintip kamar yang si korban ini melalui lubang angin, dilihat itu nggak ada orang. Cuman baunya makin menyengat, dia ambil alat itu kayak pipa gitu dimasukin lewat lubang angin gitu didorong lah pintu kamar mandi tapi masih ragu dia itu, karena dilihat itu kayak macam kaki tapi takutnya bukan kaki takutnya ember atau apa," sambungnya.

Baca juga:
Seorang Pria Ditemukan Tewas Membusuk di dalam Kos-kosan Medan
Dia mengatakan ketika pintu kamar mandi dibongkar paksa, FR sudah dalam keadaan tidak bernyawa di dalamnya. Hendi kemudian melapor ke Polsek Pasar Minggu.

"Saya masuk, ya bener, saya buka pintu kamar mandi itu di pintu itu udah terhalang sama mayat. Baru deh kita telfon pihak Kepolisian untuk menangani selanjutnya, dari kita warga sama RT hanya sebatas itu saja," tuturnya.

Dia menyebut tidak ada luka pada tubuh FR. Dia tidak menemukan kejanggalan di dalam kamar FR.

"Kalau darah yang saya lihat cuman keluar dari hidung saja sih gitu sih sedikit, kalau perkiraan sementara sih dari kita ngelihat semuanya rapi mungkin dia terjatuh di kamar mandi kali ya kebentur kepalanya mungkin ya, tapi ya kita tunggu hasil autopsi dari kepolisian aja," tambahnya.

Baca juga:
Mahasiswa Politeknik Negeri Jember Ditemukan Tewas Membusuk di Kamar Kos
Dia mengatakan pemilik kos juga curiga mengenai keberadaan FR karena belum membayar kos. Dia menyebut FR baru tinggal di kosan tersebut selama dua bulan.

"Kenapa ketahuan ini karena dia belum bayar kosan, jadi gini baru satu bulan. Harusnya di bulan ini dia bayar nih jadi dia menurut pemilik kosnya dia itu masuk berkisaran bulan April, di akhir April dan bayar lagi kan di akhir Mei cuma ditunggu-tunggu itu kok nggak bayar-bayar dia telepon lah rekannya itu yang dulu masukin dia ke (kosan) situ. Dia (pemilik kos) bilang nih sama rekannya yang baru kenal juga sih sebenarnya 'saya nggak tahu saya cuman bawain doang ke situ, urusan dia kemana-mana saya nggak ngerti' kata rekannya itu gitu," terangnya.

Dia mengatakan FR bekerja sebagai make up artis. Dia menyebut FR tidak banyak berinteraksi dengan pemilik kos maupun penghuni kos lainnya.

Baca artikel detiknews, "'Meninggal Sendirian' di Kos Jaksel, Tetangga Baru Tahu Usai Ada Bau" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6125926/meninggal-sendirian-di-kos-jaksel-tetangga-baru-tahu-usai-ada-bau.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
pilotugal2an541
bukan.bomat
bukan.bomat dan pilotugal2an541 memberi reputasi
2
1.3K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.