• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Percuma Kuliah Kalau Ujung-ujungnya Nganggur, Benarkah Nganggur karena Tak Ada Loker?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Percuma Kuliah Kalau Ujung-ujungnya Nganggur, Benarkah Nganggur karena Tak Ada Loker?
Banyak orang beranggapan percuma kuliah jika ujung-ujungnya nganggur, apakah benar nganggur karena tidak ada lowongan kerja?


Banyak orang beranggapan bahwa percuma kuliah tinggi-tinggi keluar banyak biaya jika ujung-ujungnya nganggur dan tidak memiliki pekerjaan.

Anggapan tersebutlah yang membuat banyak anak-anak muda lulusan SMA sederajat yang akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan akhirnya memilih mendaftar bekerja apapun sedapatnya atau bahkan juga merintis karir dan usahanya sendiri.

Memutuskan untuk berhenti dan tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi karena alasan biaya tentu ini masih bisa dimaklumi GanSis. Namun, untuk yang berkecukupan tapi tidak kuliah karena anggapan percuma kuliah jika ujung-ujungnya nganggur, tentu ini yang menjadi sebuah kesalahan.

Menurut beberapa orang yang kuliah, menuntut ilmu di pendidikan tinggi ini tidak hanya untuk mencari ilmu dan mendalami pengetahuan tentang sesuatu lebih mendalam GanSis, melainkan juga belajar mencari relasi dan memperluas jaringan, belajar berorganisasi, dan masih banyak lagi.

Lalu apakah benar dalam kasus lulusan pendidikan tinggi tapi setelah lulus tidak bekerja alias nganggur ini karena tidak adanya lowongan pekerjaan?
Atau ada hal lain yang menjadi penyebabnya seseorang nganggur meskipun memiliki gelar sarjana?

Berikut ini beberapa alasan kenapa seorang sarjana bisa nganggur dengan alasan tidak ada lowongan kerja.




1. Terlalu Pilih-pilih atau Gengsi

Alasan pertama kenapa seorang sarjana atau lulusan pendidikan tinggi tapi menganggur adalah karena orang tersebut terlalu pilih-pilih pekerjaan GanSis.

Banyak orang yang terlalu pilih-pilih pekerjaan bahkan mengaku tidak ada lowongan pekerjaan padahal ada lowongan pekerjaan hanya saja mereka pengangguran ini merasa bahwa loker tersebut tidak pantas atau tidak sesuai untuk mereka yang memiliki gelar sarjana tertentu.

Saat Agan Sista terlalu pilih-pilih pekerjaan dengan alasan ini dan itu maka akan membuat GanSis kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan.

2. Malas Berproses Kembali

Memiliki gelar sarjana dengan perjuangan keras dan berat seringkali membuat seseorang malas untuk berproses kembali dalam karir karena mereka merasa bahwa akan ada jabatan yang cocok untuk mereka langsung diduduki tanpa proses berat lagi.

Tentu pemikiran ini salah GanSis, kecuali jika memang Agan Sista memiliki orang dalam yang bisa memberikan jabatan tanpa harus berproses melainkan dengan imbal balik uang atau yang lainnya.

3. Tidak Kreatif

Terlalu fokus mencari pekerjaan sampai lupa memiliki ilmu yang sudah didapatkan dari meja kuliah.
Kreatifitas bisa dimanfaatkan untuk mencari uang, memanfaatkan ilmu yang didapatkan untuk membuka bisnis baru dari 0 tidak buruk karena Agan Sista tidak akan pernah tahu jika tidak mencoba terlebih dahulu.

Menjadi bos dengan usaha yang masih kecil dan merintis atau diperintah-perintah oleh bos dan digaji besar, TS pribadi lebih memilih membuka usaha sendiri dan bekerja keras untuk menjadikannya semakin besar.

4. Malas

Bergelar sarjana tapi malas juga akan membuat Agan Sista menganggur. Tidak ada lowongan pekerjaan untuk orang yang malas karena tidak ada bos yang mau menggaji seseorang yang tidak semangat hidup.

Dapat dikatakan orang malas adalah orang yang bosan hidup. Untuk bernapas saja mereka malas apa lagi bekerja.



Itulah GanSis alasan kenapa banyak sarjana yang nganggur di Indonesia ini.
Tentu tidak adanya lowongan pekerjaan atau loker ini menjadi salah satu alasan, tapi bukan alasan penuh kenapa seorang sarjana dapat menganggur tidak bekerja sama sekali.

Jadi saat ditanya, apakah percuma kuliah?
Tentu jawabannya tidak, karena yang percuma adalah sudah lulus kuliah tinggi-tinggi tapi masih menganggur karena alasan di atas.

Ada satu lagi fakta, banyak orang-orang yang tidak memiliki gelar sarjana tapi kehidupannya sukses karena mereka mau berusaha lebih keras dan sadar bahwa hidup tidak bisa sesuai apa yang mereka kehendaki GanSis.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
shast777
emineminna
screamo37
screamo37 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.5K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.