Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Kapan Ibu kota Bebas Kabel Semrawut di Udara?
Kapan Ibu kota Bebas Kabel Semrawut di Udara?

Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta masih bergelut dengan kabel kusut yang menjuntai di atas pedestrian. Hingga kini, Dinas Bina Marga DKI Jakarta sebagai pihak yang ditunjuk untuk menggarap proyek ini, mengaku telah menyelesaikan 7 dari 22 ruas jalan yang menjadi objek perbaikan trotoar dan penanaman kabel udara.

Sementara itu, berdasarkan peraturan gubernur tahun 2019, penataan kabel-kabel udara itu harus segera diselesaikan dalam kurun waktu 3 tahun. Dinas Bina Marga berpacu dengan waktu untuk dapat menyelesaikan proyek ini. Sebab bila dibiarkan berlarut-larut, mobilitas masyarakat akan terganggu dengan penyempitan jalan yang muncul di titik-titik lokasi pekerjaan.

Setidaknya ada 3 kabel berbeda dalam 1 lintasan di atas trotoar Jakarta, yaitu saluran kabel telepon, listrik, serta fiber optik. Tercatat, sepanjang 223,796 kilometer saluran jaringan utilitas terpadu (SJUT) perlu dibangun guna menata kabel-kabel yang melintang di udara jakarta. Dari total proyek, ruas jalan sepanjang 108,192 kilometer dipegang PD Sarana Jaya. Sementara itu, sisanya akan dikerjakan oleh PT. Jakarta Propertindo (JAKPRO) melalui anak usahanya, PT. Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) dengan panjang ruas jalan 115,604 kilometer.

Hananto Krisna, Kepala Bidang PSUK Dinas Bina Marga DKI Jakarta menjelaskan, selama proses pengerjaan SJUT berlangsung, pihaknya masih memerlukan campur tangan investor untuk melancarkan proyek ini.

"Jadi pelaksanaan SJUT ini memang kita tergantung pendanaan dari BUMD penugasan, jadi mereka saat ini sedang mencari untuk investor untuk mendanai kegiatan SJUT. ini di jalan Cikajang, ini sedang pengerjaan trotoar ya dimana kita sudah terbangun untuk SJUT-nya, setelah itu terbangun lalu kita laksanakan pengerjaan trotoar," ungkap Hananto dalam program Sudut Pandang, Minggu (12/05/2022).

Ia menyampaikan, proyek yang dikerjakannya sejak 2021 ini akan selesai 3 tahun mendatang. Namun, hingga saat ini setidaknya baru ada 7 ruas jalan yang diklaim sudah rampung 100%.

Dalam kesempatan berbeda, Yuke Yurike, anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta mempertanyakan laporan progress pengerjaan proyek ini. Menurutnya, hal ini harus segera diselesaikan agar tidak lebih lama mengganggu mobilitas masyarakat.

"Ini kan program sudah berjalan dari 2019. Dan untuk target di Jakarta Selatan ini kan harusnya selesai di akhir tahun kemarin. Ya tahu sendiri, dengan adanya galian-galian utilitas, ada lagi galian untuk trotoar kan akhirnya mengganggu masyarakat. Cuma ya karena ini untuk pembenahan Jakarta, kita maklumi. Tapi harus ada kejelasan kapan selesainya," ungkapnya.

Yuke pun mengkritisi beberapa hal di titik-titik ruas jalan yang sudah selesai dikerjakan

"Ya seperti ini yang kita harapkan, sudah tidak ada kabel-kabel yang mengganggu. Tapi misalnya untuk akses disabilitas masih kurang. Masih banyak PR ya. (Tutup manhole) ini bahaya ini. Apa nggak seharusnya ditutup? Kalau nggak bahaya banget," kata Yuke.

Di balik itu, Yuke mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal progress pengerjaan SJUT di wilayahnya. Baginya, tujuan utamanya adalah membuat Jakarta terlihat lebih indah tanpa adanya kabel kusut di atas kepala para pejalan kaki. Oleh sebab itu, ia pun mendukung segala proses yang tengah dikerjakan para Dinas Bina Marga beserta jajarannya.

"Tapi pastinya butuh proses ya, tidak bisa langsung instan. Dan ini harus duduk bareng, jangan sampai yang kita pikir sudah beres secara infrastruktur, tapi terkait kerja sama dan sebagainya itu menghambat. Dan seharusnya terkait proyek utilitas ini harus diperkuat dengan Perda. Ini kan harapan kita semua kan, mimpi kita semua yang katanya Jakarta Smart City bebas kabel," tutup Yuke.

https://news.detik.com/berita/d-6122...rawut-di-udara

Padahal pak anies udah klaim lho.. emoticon-Malu (S)

Kapan Ibu kota Bebas Kabel Semrawut di Udara?



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
xneakerz
muhamad.hanif.2
asurizal
asurizal dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.3K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.