deviemahardikaAvatar border
TS
deviemahardika
Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya 2021 Memberikan Pelatihan Teknik Pensablonan DTF


KKN merupakan wujud dari praktik kegiatan pembelajaran yang telah diperoleh mahasiswa dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan yang bersifat interdispliner yang dilaksanakan oleh mahasiswa secara langsung di tengah lingkungan masyarakat. KKN Kewirausahaan merupakan program pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan perekonomian masyarakat apalagi diera serba teknologi seperti saat ini. 

Melalui KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tahun 2021 yang dilakukan di Desa Karangan RT 16 / RW 04, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek oleh mahasiswa Administrasi Publik, Devie Mahardikasari dengan judul Pemanfaatan Teknologi Dalam Usaha Konveksi Naga Comp&RN Collection Guna Meningkatkan Kualitas Produksi didampingi oleh Muhammad Roisul Basyar S.AP., M.KP selaku dosen pembimbing lapangan. Teknologi merupakan sarana yang bertujuan mempermudah proses suatu kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan teknologi dalam proses kewirausahaan dapat membantu masyarakat untuk lebih mempersingkat waktu dalam melakukan produksi serta dapat memperluas pemasaran produknya.



Dalam usaha konveksi, teknologi merupakan salah satu hal penting untuk mendukung inovasi-inovasi desain yang di tawarkan dan mempersingkat waktu produksi. Kurangnya pemanfaatan teknologi pada usaha konveksi Naga Comp&RN Collection yang berlokasi di RT 16/ RW 04 Desa Karangan, Kabupaten Trenggalek, menyebabkan jumlah penjualan yang dihasilkan menurun. Pelaku usaha merasakan bahwa produk kaos yang dihasilkan kurang menarik minat pembeli karena desain produk kurang inovatif dan kreatif. Pada program KKN UNTAG 2021 pemanfaatan teknologi berupa pelatihan teknik pensablonan yang lebih modern dan pemasaran melalui media sosial atau marketplace menjadi salah satu inovasi kreatifitas yang dapat memperluas pemasaran serta menghasilkan variasi desain yang beragam. 


Melalui teknik pensablonan Direct Transfer Film (DTF) pemilik usaha dapat melakukan perbaikan produk sesuai dengan minat pasar dan meningkatkan inovasi kreativitas produknya. Dalam kegiatan ini pelaku usaha diajarkan untuk melakukan teknik pensablonan melalui teknik pensablonan DTF, mendesain gambar sablon yang menarik serta sesuai dengan minat pasar, serta memasarkan produknya secara luas melalui marketplace. Teknik pensablonan DTF merupakan metode sablon yang menggunakan tinta khusus untuk mentransfer gambar keatas kertas film dengan menggunakan bantuan lem powder sebagai perekat dengan cara di press dalam suhu tertentu. Dengan lebih inovatif dan kreatifnya desain sablon yang dihasilkan maka pemasaran produk dapat diperluas sehingga jumlah penjualan yang dihasilkan meningkat.


#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten
Diubah oleh deviemahardika 07-01-2022 16:53
diavelo
diavelo memberi reputasi
1
1.1K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
All About Design
All About DesignKASKUS Official
13.8KThread3.2KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.