• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pria Boleh Poligami Tapi Wanita Tidak Boleh Poliandri? Ini Dia Ternyata Alasannya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Pria Boleh Poligami Tapi Wanita Tidak Boleh Poliandri? Ini Dia Ternyata Alasannya
Heboh video seorang wanita memiliki dua suami diusir dan dikucilkan, kenapa poliandri diharamkan di Indonesia?


Seorang wanita memiliki lebih dari satu orang suami, sering disebut dengan istilah poliandri.
Di beberapa negara seperti India Utara, Tibet, Himalaya, dan beberapa orang Indian Amerika Utara, memperbolehkan praktik pernikahan poliandri dan legal untuk dilakukan dengan beberapa alasan.

Di negara Indonesia sendiri poliandri diharamkan baik secara hukum agama maupun hukum negara. Secara tegas negara dan agama (terkhusus Islam) melarang praktik poliandri untuk dilakukan.

Belakangan ini di beberapa daerah di Indonesia salah satunya kejadian yang terjadi di Riau, ditemukan praktik poliandri yang menggemparkan masyarakat.

Seorang wanita berinisial S memiliki dua orang "suami" dengan berbeda rumah namun kedua laki-laki tersebut saling mengetahui bahwa mereka berbagi istri.

Warga setempat yang tidak menerima dengan apa yang dilakukan oleh S tersebut pun mengusir si S dari kediamannya bersama dengan kedua suami dan anak mereka.

Tentu alasan diusirnya wanita dengan suami tersebut adalah bentuk sanksi sosial dari masyarakat atas pelanggaran yang secara terang-terangan dilanggar yang berakibat menimbulkan keresahan.




Membahas tentang poliandri lalu apa alasannya seorang laki-laki boleh menikahi lebih dari satu orang istri sedangkan seorang wanita hanya boleh menikah dengan satu orang pria?
Berikut ini alasannya GanSis.


1. Sulitnya Menentukan Ayah Biologis

Kesulitan menentukan ayah biologis menjadi alasan utama kenapa seorang wanita dilarang memiliki suami lwbih dari satu orang.

Saat seorang pria menikahi lebih dari satu wanita tentu sudah jelas bahwa pria ini merupakan ayah biologis dari bayi yang dikandung oleh si istri, tapi saat seorang wanita menikah dengan pebih dari satu orang pria dan dengan kesemuanya melakukan hubungan seksual maka akan sulit untuk ditentukan siapa ayah biologis dari si bayi jika tidak dengan kecanggihan teknologi seperti test DNA.

2. Sering Terjadi Perceraian dan Perselingkuhan

Ketika seorang wanita diperbolehkan untuk menikah dengan lebih dari satu pria maka kemungkinan perselingkuhan atau perceraian akan lebih tinggi GanSis. Entah itu si suami dari wanita yang poliandri yang akan merasa bosan kemudian meninggalkan, atau bisa jadi si istri ingin memiliki pasangan lain dengan alasan tertentu. Ketika kedua kemungkinan tersebut terjadi maka akan lebih sering nikah cerai dalam poliandri.

3. Turunnya Angka Kelahiran

Jika dipikir dengan menggunakan logika ketika seorang wanita menikah dengan dua atau lebih pria maka akan menurunkan tingkat kelahiran GanSis. Seorang wanita tetap hanya akan dapat melahirkan satu kali dalam setahun meskipun memiliki dua orang suami.

Berbeda saat seorang pria memiliki lebih dari dua orang istri, akan meningkatkan angka kelahiran karena beberapa istri bisa hamil berbarengan meskipun hanya dengan satu suami.

4. Wanita Menjadi Budak Nafsu Pria

Kemungkinan adanya pernikahan karena perasaan cinta dan sayang sangat minim terjadi kepada pasangan poliandri GanSis.

Sangat jarang ada wanita yang mampu mencintai dua orang sekaligus berbeda dengan pria yang bisa menikahi banyak wanita dengan alasan nafsu.

Ketika seorang wanita dinikahi oleh lebih dari satu orang pria, maka secara otomatis wanita ini akan turun harga diri karena hanya dijadikan sebagai budak nafsu saja.



Itulah GanSis alasan kenapa seorang pria boleh memiliki istri lebih dari satu atau poligami sedangkan wanita dilarang untuk melakukan poliandri.

TS pribadi setuju dengan aturan yang diterapkan di Indonesia yaitu mengharamkan poliandri, pasalnya memang akan lebih baik jika seorang wanita memiliki satu orang suami dibandingkan satu orang wanita memiliki lebih dari satu suami. Ditambah di Indonesia jumlah penduduk wanita lebih banyak dibandingkan pria, maka jika poliandri diperbolehkan akan terjadi ketimpangan dimana wanita akan berebut pria.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
bam09
Zero
screamo37
screamo37 dan 33 lainnya memberi reputasi
30
14.6K
388
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.