• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Diary Depresi Anak Rantau, di Rumah Kena Mental, di Perantauan kehidupan Keras!

millenieAvatar border
TS
millenie
Diary Depresi Anak Rantau, di Rumah Kena Mental, di Perantauan kehidupan Keras!

Mama: dek, di cari teman nya( sambil ketuk pintu kamar)

Gue: Siapa? suruh masuk kamar aja( kebiasan gue kalau temen mau nongkrong di kamar ane)

Temenane: tok-tok (depan pintu) bro..

Gue: Anjir(kaget)…masih hidup lu tong..kapan pulang?(dari perantauan) masuk dah..

temen ane: baru mingu lalu…

Sambil sembari duduk, tiba-tiba dikeluarkan lah sebotol winsky red lebel dari dalam tas nya , tak lupa juga dorongan nya dua bungkus kripik tela. Tadi nya kata dia bawa dua botol tapi yang satu di buang sama petugas bandara karena tidak boleh membawa lebih dari botol.

Awal nya ane curiga dan cukup deg-degkan, ane pikir dia mau pinjem duit atau apa. Ternyata dia Cuma pengen ngobrol cerita tentang kehidupan sebagai anak rantau dari jogja ke bantam. Di situ hati ane langsung mak nyes.. kerena kebanyakan dari cerita yang udah-udah temen ane itu, kalau jarang nonggol sekali nongol pasti pinjem duit.. terus hilang di kegelapan bumi.

kembali ke teman ane yang mau cerita kehidupan nya single fighter di batam, awal nya sih ngobrol ringan-ringan tapi makin malam ..obrolan nya makin berat..di tambah kita berdua berada dalam mode ngambang. Dan di momen itu juga dia mulai cerita-cerita berat nya hidup di bantam, dan bagaimana orang tua nya cukup memberi tekanan yang terlalu tinggi( dimana inti nya dia gak cocok sama keluarga nya)

Dan setelah ane denget cerita nya sampai tuntas kasian juga, awal nya ane pikir dia dulu merantau ke batam buat meraih hidup lebih baik. tapi kenyataan nya malah sebalik nya. hidup nya susah..


Jadi begini bre, dari awal kenapa dia mau merantau ke batam ternyata gak betah dengan orang rumah, dimana orang tua nya selalu ber-ekpetasi tinggi pada ini anak. Bahkan ada setiap momen dia tekan mental nya dengan sering di banding-bandingkan dengan anak tentang yang sudah punya rumah dan beli mobil.

Dan parah nya hubungan dia dengan orang tua nya itu, jarang  pernah ngobrol kecuali kalau ada perlu. dan..sekalinya ngomong pasti ujung nya debat dan teriak-teriak. Anjir..ane denger itu..gak bisa ngapa-ngapain, ane Cuma diem dan nuang setelah sekoci red lebel nya . inti nya temen ane itu udah gak cocok dengan orang tua nya dah.

Dan karena itu lah dia memutuskan merantau ke batam.. cerita nya dia pengen lepas dari orang tua nya dan cari suasana baru. tapi di sana hidup nya malah makin meyedihkan kalau menurut yang dia ceritakan. Dia kerja di pubrik testil dengan gaji awal nya 1.6 dan naik jadi 2 juta. Tapi itu Cuma 2 tahun kontrak.. setelah putus kontrak dia gak pulang ..karena itu tadi dia gak cocok sama orang rumah.

Setelah putus kontrak dia ngebolang, dapat kerja sebagai penjaga warnet. Sekali-kali juga dapat job di bangkel tapi kadang-kadang. Nah gaji dari itu Cuma cukup bayar kontrakan dan makan ala kadarnya, kadang kalau akhir bulan dibela-bela sampai mancing.

singkat cerita, Sampai pada akhir nya di tahun 5 akhir nya dia pulang, sebelum pulang pun keadaan nya cukup prihatin. bayangkan bre 2 minggu Cuma makan mie instan tanpa nasi tanpa apapun. dan sisa uang nya yang dia punya buat beli tiket pesawat dan minuman 2 botol, di dompet Cuma tinggal 2 juta. dan ketika dia pulang, sebenarnya dia takut dan males pulang kerumah, tapi jika di masih nekat merantau sama juga bunuh diri sih. jadi gak ada pilihan buat pulang.


ane denger itu semua, gak berani kasih saran atau jadi Mario teguh salah ngomong entar malah dia makin stress..bisa bisa..ane Cuma ngomong kalau mau cerita apa datang aja kerumah. dan Ini juga jadi hal penting masalah jaman sekarang, dimana sebagian remaja jaman sekarang, itu hancur harga dirinya di rumah bukan di luar rumah. mereka gak betah yang namanya hidup di rumah, dan mencari apa yang tidak mereka dapat kan di rumah di luar rumah.

Nah itu dia cerita anak rantau, bagaimana menurut kalian geas? apa kalian juga punya pengalaman yang serupa merantau karena gak cocok dengan orang rumah, jika kalian punya share donk di kolom komentar.

penulis: millenie

sumber: pengalaman teman



Quote:
Diubah oleh millenie 08-06-2022 00:00
areszzjay
azhuramasda
yogaradith
yogaradith dan 37 lainnya memberi reputasi
38
7.4K
265
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.