Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rkmasyunusAvatar border
TS
rkmasyunus
MANFAAT MENYALAKAN DUPA DI RUMAH
9 MANFAAT MEMBAKAR DUPA DI RUMAH

1. Membersihkan Energi Negatif

Manfaat bakar dupa di rumah adalah membersihkan energi negatif. Dupa juga digunakan sebagai spritualitas dalam melakukan ritual atau melakukan yoga.“Membakar dupa bisa menjadi ritual pemurnian, membersihkan energi negatif,” kata pelatih kehidupan spiritual Barbara Biziou melansir mind body green.

2. Spiritualitas
Manfaat bakar dupa di rumah adalah berfungsi sebagai pintu gerbang menuju spiritualitas. doa yang dipanjatkan mengunakan dupa.
Dengan membakar dupa utamanya dupa berenergi RK yang dianjurkan, sebenarnya merupakan sebuah tindakan untuk menciptakan suasana hening dan sacral dalam upaya mengantar do’a yang dipanjatkan kepada Tuhan YME segera terkabul mencapai tujuan yang diinginkan. Tentu saja juga untuk menciptakan ruangan atau tempat yang harum. Dengan demikian proses berjalannya acara ritual dapat lebih terkonsentrasi, tidak terganggu oleh kebisingan dan bau yang tak sedap
Bahkan, beberapa agama di seluruh dunia seperti Hindu, Taoisme, bahkan Kristen telah menggunakan dupa selama beberapa generasi. Bahkan Islam seperti yang pernah dilakukan oleh kaum muslim berabad-abad lampau, tak ada yang salah dengan pembakaran dupa jika niatnya memang lurus. Bahkan, justru dianjurkan.

3. Menenangkan
Melansir seawitchbotanicals.com, manfaat membakar dupa di rumah adalah meningkatkan ketenangan dan fokus. Dupa juga memiliki varian aroma yang dapat menenangkan pikiran. Varian aroma dupa yang dapat menenangkan pikiran itu berproses setelah kita hirup lalu merangsang system syaraf di otak untuk memproduksi hormone serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati.

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan
Stres dan gangguan kecemasan bisa diatasi dengan membakar dupa.
Beberapa herbal secara khusus dikenal karena kemampuannya untuk meredakan kecemasan dan mengurangi stres. Misalnya, menghirup minyak lavender pada asap dupa telah terbukti efektif dalam mengurangi kecemasan dalam beberapa penelitian.

5. Merangsang Kreativitas
Membakar dupa juga dapat membantu meningkatkan kreativitas. Diketahui bahwa menghirup aromaterapi selain berperan sebagai media relaksasi dan mengurangi rasa stres, juga memiliki pengaruh yang positif terhadap beberapa fungsi kognitif, yaitu memori, atensi, bahasa, visuospasial, dan eksekutif. Sehingga membantu untuk meningkatkan focus dan kreativitas pada orang yang mencium aroma tersebut. Pengharum alami ini cocok untuk disimpan di kamar atau ruang keluarga.

6. Membersihkan Ruangan
Percayakah Anda kalau manfaat bakar dupa di rumah adalah membersihkan ruangan?
Salah satu penelitian menunjukkan bahwa membakar dupa selama satu jam mengurangi bakteri di udara sebesar 94 persen.
Dupa dari aroma tertentu seperti cedar, mur atau myrrh, dan citrus memiliki sifat antibakteri yang dengan mudah dan cepat menghilangkan bau di rumah.
Jadi, Anda bisa bakar dupa di rumah pada area dapur atau area lain yang lembap.

7. Menyeimbangkan Elemen
Dalam banyak tradisi seperti ayurveda dan pengobatan tradisional Tiongkok, unsur-unsur alami perlu diseimbangkan.
Nah, dupa sebagai elemen api di samping elemen lain seperti air, tanah, kayu mampu membantu menyeimbangkan elemen di rumah.

8. Mengusir Nyamuk dan Serangga
Manfaat bakar dupa di rumah adalah mengusir nyamuk dan serangga.
Melansir utamaspice.com, nyamuk dan serangga sensitif terhadap aroma tertentu yang ada di beberapa aroma dupa.

9. Melawan Gejala Depresi
Berbagai penelitian termasuk penelitian pada 2017 membuktikan bahwa minyak atsiri pada dupa dapat melawan gejala depresi.
Gejala-gejala ini termasuk kelelahan, perasaan sedih, gelisah, gangguan tidur, kehilangan nafsu makan, sakit kepala dan nyeri fisik lain.
Membakar dupa di rumah membantu melawan dan menstabilkan suasana hati serta meringankan gejala depresi lainnya.

#rkmasyunus #manfaatdupa #rknusantara #meditasirk #rilekskoinsidens #griyakesadaranyogi #meditasikesehatan #masyunusrk

MANFAAT MENYALAKAN DUPA DI RUMAH
apawaal
ovihan19477
ovihan19477 dan apawaal memberi reputasi
0
5.6K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Spiritual
SpiritualKASKUS Official
6.3KThread2.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.