Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Lockdown666Avatar border
TS
Lockdown666
Prabowo Tiba-tiba Sebut RI Bisa Bubar Gegara Ini, Ada Apa?
Prabowo Tiba-tiba Sebut RI Bisa Bubar Gegara Ini, Ada Apa?

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan Indonesia bisa bubar jika Pancasila ditinggalkan. Menurutnya, Pancasila adalah sesuatu yang tidak dimiliki negara lain.

Saat memberikan pengarahan dalam acara wisuda Universitas Pancasila, Prabowo menyebut Indonesia memiliki dua aset penting. Pertama, adalah Bahasa Indonesia dan kedua adalah Pancasila.

"The brilliance of our leaders. Ini sesuatu yang cemerlang yang banyak negara tidak punya," kata Prabowo, Selasa (7/6/2022).

Prabowo menilai, kedua aset tersebut adalah buah dari kepintaran para pendiri bangsa di masa lampau. Prabowo lantas memberikan penghormatan secara khusus kepada Presiden Soekarno alias Bung Karno.

"Bahwa pendiri bangsa kita memilih bahasa suku yang kecil sebagai bahasa kebangsaan, bahasa Melayu berasal dari Riau. Jumlah penduduknya sedikit dibandingkan bahasa Jawa. Bung Karno orang Jawa. Tokoh BPUPKI itu banyak orang Jawa, tapi tidak memilih bahasa Jawa sebagai bahasa kebangsaan," katanya.

Menurut Prabowo, sampai saat ini masih banyak negara yang meributkan bahasa. Prabowo kemudian mencontohkan negara-negara di kawasan Eropa yang berpotensi terpecah belah karena masalah bahasa.

"Sebentar lagi di Eropa kemungkinan besar Belgia akan pecah menjadi satu berbahasa Prancis yang satu berbahasa Wallon. Negara sudah berdiri lama akan pecah masalahnya bahasa," jelasnya.

Prabowo kemudian berbicara mengenai Pancasila. Menurutnya, Indonesia bisa bubar jika meninggalkan Pancasila.

"Ini jangan kita anggap enteng. Pendapat para ahli, pendapat senior, begitu kita tinggalkan Pancasila, saya kira negara ini akan bubar, itu pendapat saya. Jadi jangan menganggap hal ini sebagai sesuai yang biasa," kata Prabowo.

Prabowo mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus mengajarkan nilai luhur Pancasila. Menurutnya, Pancasila dapat menjadi simbol untuk mempererat kehidupan beragam di tengah masyarakat.

"Harus diyakini dengan Pancasila ratusan suku bangsa yang berbeda-beda, ras yang berbeda-beda, agama yang berbeda-beda, bahasa daerah, adat istiadat yang berbeda, kita bisa berhimpun dalam suatu negara," jelasnya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ra-ini-ada-apa



Diubah oleh Lockdown666 07-06-2022 10:16
0
1.4K
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.