Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Kemendagri soal Khilafatul Muslimin: Ormas Harus Tunduk pada Pancasila
Kemendagri soal Khilafatul Muslimin: Ormas Harus Tunduk pada Pancasila

Selasa, 07 Jun 2022 04:27 WIB

Kemendagri soal Khilafatul Muslimin: Ormas Harus Tunduk pada Pancasila
Kemendagri menegaskan seluruh organisasi masyarakat yang ada di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan Pancasila sebagai ideologi negara. Ilustrasi. ( CNN Indonesia/Andry Novelino).

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan seluruh organisasi masyarakat yang ada di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan Pancasila sebagai ideologi negara.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar merespons kemunculan kelompok Khilafatul Muslimin yang sebelumnya viral melakukan konvoi 'Kebangkitan Khilafah' di Jakarta.

Menurutnya, hal itu juga sejalan dengan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat yang melarang penyebaran ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila.

"Namanya organisasi apapun di negeri ini ya harus tunduk pada negara dan hukum-hukum negara dan harus juga tidak boleh bertentangan dengan pancasila," ujarnya kepada wartawan, Senin (6/6).

Lebih lanjut, Bahtiar mengatakan saat ini pihaknya tengah mendalami kemungkinan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh kelompok Khilafatul Muslimin.

Kendati demikian, dirinya enggan menjelaskan lebih lanjut tindakan yang akan diambil oleh Kemendagri apabila kelompok tersebut telah terbukti melanggar aturan yang ada.

"Kami sedang dalami dan cek lebih dalam lagi," pungkasnya.

Sebelumnya, Khilafatul Muslimin mengakui bahwa anggotanya yang melakukan konvoi di Cawang, Jakarta Timur. Kata Amir Khilafatul Muslimin DKI Jakarta Abudan, konvoi sudah dilakukan sejak 2018.

Sementara Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyatakan saat ini pihaknya tengah mengumpulkan bukti-bukti dugaan tindak pidana terorisme yang berkaitan dengan kelompok Khilafatul Muslimin.

Kepolisian menilai bahwa ormas ini memiliki latar belakang dan juga kedekatan dengan sejumlah organisasi teroris. Polisi juga menduga mereka berpotensi menimbulkan kejahatan tersebut.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...pada-pancasila

ILW
areszzjay
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
661
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.