Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
RI Mau Pastikan Lab-lab Dunia Buka Data Patogen Demi Cegah Pandemi
RI Mau Pastikan Lab-lab Dunia Buka Data Patogen Demi Cegah Pandemi
Senin, 06 Jun 2022 13:49 WIB

RI Mau Pastikan Lab-lab Dunia Buka Data Patogen Demi Cegah Pandemi
Menkes RI, Budi Gunadi, ingin pastikan lab-lab dunia membuka data patogen mereka jika terjadi pandemi berikutnya, Senin (6/6). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Denpasar, CNN Indonesia -- Indonesia ingin memastikan seluruh laboratorium dunia setuju membuka data patogen mereka jika terjadi pandemi berikutnya, Senin (6/6), belajar dari kasus Covid-19.

"Kami mau memastikan ada kesepakatan agar semua lab-lab di dunia bisa sharing daftar patogen, bisa sharing daftar parasit nanti kalau ada pandemi berikutnya," kata Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin dalam press briefing acara 'G20: The 2nd Health Working Group' yang berlangsung di Lombok, Senin (6/6).

"Jadi kalau ada outbreak pandemi berikutnya, sudah ada mekanisme untuk melaporkan genome sequence datanya. Patogen itu bisa virus, bisa bakteri, bisa parasit, yang mengakibatkan pandemi bisa tiga itu," lanjutnya.

Budi juga menekankan bahwa pembukaan data ini penting untuk memantau patogen yang berpotensi menimbulkan pandemi.

"Kita harus mengoptimalkan pembagian data terkait patogen yang berpotensi menimbulkan pandemi. Kita membutuhkan platform pembagian universal. Platform ini harus membuat kita bisa memantau patogen yang berpotensi mendatangkan pandemi," tutur Budi lagi.

"Dalam isu tersebut, kita sebagai negara G20, harus bersatu untuk bisa menghasilkan analisis kuat, mencegah pandemi selanjutnya, dan dengan cepat menentukan diagnosis, vaksin, dan perawatan saat krisis tiba," lanjutnya.

Sementara itu, dunia masih berkutat dengan pandemi Covid-19 sejak virus corona terdeteksi pada 2020 lalu.

Mengutip data Universitas Johns Hopkins, sebanyak 6,06 juta masyarakat dunia telah terinfeksi virus corona hingga Senin (6/6). Sebanyak 157 ribu orang meninggal akibat terpapar Covid-19.

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220606131248-106-805342/ri-mau-pastikan-lab-lab-dunia-buka-data-patogen-demi-cegah-pandemi
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
440
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.