Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengulas Beberapa Bangunan Megah Karya dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Mengulas Beberapa Bangunan Megah Karya dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Mengulas Beberapa Bangunan Megah Karya dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Seorang arsitek yang menjadi pemimpin daerah, ini dia beberapa bangunan megah maha karya Ridwan Kamil


Siapa yang tidak mengenal nama Ridwan Kamil, seorang pemimpin daerah alias Gubernur dari Jawa Barat yang namanya selalu menjadi bahan perbincangan publik karena prestasi dan karya-karya yang dibuatnya.

Dibalik duka yang tengah dirasakan oleh Ridwan Kamil dan keluarga yang kehilang putra sulungnya bernama Emmeril Khan Mumtadz, Gubernur Jawa Barat tersebut telah memberikan banyak sumbangsih pembangunan, pemikiran, dan berbagai macam perjuangan lain sebagai kepala daerah.

Ridwan Kamil alias Kang Emil telah aktif menjadi politikus sejak tahun 2012 dan telah menjabat sebagai walikota Bandung di tahun 2013-2018 kemudian berlanjut menjadi Gubernur Jawa Barat sejak tahun 2018 sampai saat ini.

Siapa sangka di kesuksesannya memimpin daerah Jabar bertahun-tahun ternyata Kang Emil adalah seorang arsitek lulusan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dengan gelar S2 di Universitas California, Berkeley (Master Of Urban Design).

Telah banyak bangunan-bangunan megah dan bersejarah karya dari Kang Emil, dan beberapa diantaranya akan kita bahas di thread ini.

Berikut ini beberapa bangunan megah dan bersejarah yang dibuat atau diarsiteki oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.


Quote:


1. Museum Tsunami Aceh

Berdiri megah dan berbentuk unik, sejarah tangis derai air mata warga masyarakat Aceh tahun 2004 membawa pada berdirinya museum tsunami Aceh tersebut.

Museum ini dibangun oleh Ridwan Kamil sebagai arsitekturnya. Dibuat dengan tujuan untuk mengenang duka masyarakat Aceh tahun 2004 sekaligus sebagai tempat pendidikan bencana sekaligus tempat perlindungan darurat.

Museum Tsunami Aceh dibangun tahun 2009, di Banda Aceh, Indonesia.

Desain yang unik dengan sejarah yang panjang, membawa museum Ridwan Kamil selaku arsitek nya mendapatkan penghargaan dunia.

Quote:


2. Masjid Al Irsyad Satya

Masjid Al Irsyad Satya, adalah masjid megah dengan desain unik dan anti mainstream yang ada di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat.

Berada di daerah pemerintahan dari Kang Emil masjid ini sendiri dibangun oleh sang Gubernur.

Masjid tanpa jendela, memiliki banyak lubang ventilasi udara, dan terdapat kerikil di dinding adalah karakter dan ciri khas masjid Al Irsyad.

Masjid Al Irsyad Satya dibangun di tahun 2009, semua desain masjid langsung ditangani oleh Kang Emil sampai dengan selesai pengerjaannya.

Bentuk lubang ventilasi yang banyak dan acak pada bagian masjid terlihat sangat unik karena membentuk tulisan syahadat dalam bahasa Arab. Menurut penjelasan dari beberapa artikel yang ane baca, Kang Emil terinspirasi dari Kabah di Mekkah untuk bangunan masjid Al Irsyad Satya ini.

Quote:


3. Marina Bay Waterfront Master Plan

Bangunan paling unik dan menarik di Singapura yaitu Marina Bay Waterfront Master Plan yang saat ini dikenal dengan nama Marina Bay Sand, ternyata salah satu orang yang ikut terlibat di dalam pembangunannya adalah Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Kang Emil pernah terlibat langsung dalam pembangunan proyek besar tersebut dan menjadi satu-satunya arsitektur Indonesia yang terlibat dalam pembangunan Marina Bay Sand saat itu.




4. Ningbo Newton

Maha karya megah karya Kang Emil yang selanjutnya adalah Ningbo Newton, Tiongkok.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil adalah seorang arsitek yang kemampuannya telah diakui dunia, bahkan untuk desain kota masa depan Ningbo Newton dengan gaya modern di Tiongkok pun merupakan desain dari Ridwan Kamil.

Bangunan kota modern ini telah dikerjakan sejak tahun 2002 dimana Kang Emil belum menjadi pemimpin daerah, sampai dengan dinyatakan pembangunan selesai di tahun 2016 lalu.

Itulah GanSis beberapa maha karya megah di Indonesia dan dunia hasil karya dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Tidak kaget jika daerah Bandung dan beberapa daerah Jawa Barat lainnya dibangun dengan penuh perencanaan dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Agan Sista semua.


Mengulas Beberapa Bangunan Megah Karya dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
0
1.4K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.