Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rai2022Avatar border
TS
rai2022
AGAR TAMBULAMPOT RAJIN BERBUAH INILAH TIPSNYA!

Dokumentasi pribadi @RAI


Siapa bilang tanaman buah dalam pot sulit berbuah?
Hal ini bisa disangkal.



Penghobi tanaman, terutama yang menyukai tanaman buah-buahan tentu sangat ingin tanamannya berbuah banyak. Terlebih yang ditanam di dalam pot yang lebih dikenal dengan istilah Tambulampot. Di mana tambulampot ini dilakukan karena adanya keterbatasan lahan, sehingga terpaksa ditanam di dalam pot.


Lalu bagaimanakah caranya agar tambulampot di rumah cepat dan rajin berbuah?


BERIKUT TIPS AGAR TAMBULAMPOT RAJIN BERBUAH

1. Pilih pot yang ukurannya besar, minimal ukuran dengan diameter 40.

2. Siapkan media tanam dengan komposisi :
tanah + kompos + sekam bakar + kotoran kambing/sapi.
Campur dan aduk rata dengan perbandingan 1 : 1

3. Pilih bibit buah yang sehat, jangan asal beli bibit. Carilah toko yang memiliki rekomendasi bagus yang memberikan jaminan kualitas dengan baik jika bibitnya dibeli di toko online. Namun, ada baiknya bibit dibeli langsung di lokasi toko terdekat dengan rumah, agar bibit bisa langsung ditanam dan tidak mengalami stres di perjalanan.

4. Pindahkan bibit yang dibeli dan tanamlah bibit di sore hari, agar tanaman tidak mengalami stress akut, lalu siram dengan air cucian beras atau dengan air yang dicampur Vitamin Bkhusus tanaman, agar mengurangi tingkat stres dan bibit cepat memulihkan dirinya jika ada akar serabutnya yang terputus. Bisa juga bibit disiram dengan air yang dicampur gerusan bawang merah, karena bawang merah bisa merangkah pertumbuhan akar yang baru.

5. Untuk sementara tempatkan bibit yang telah ditanam dalam pot itu di tempat yang teduh, karena bibit masih dalam penyesuaian diri.

6. Jika telah muncul tunas-tunas baru, pindahkan bibit ke tempat yang cukup sinar mataharinya agar proses fotosintesis berjalan dengan baik.

7. Lakukan penyiraman 1x setiap hari entah itu pagi atau pun sore. Siram dengan air cucian beras.


8. Lakukan pemangkasan rutin terhadap daun dan ranting yang sekiranya dirasa tidak perlu, jangan sampai daunnya terlalu rindang atau terlalu banyak. Karena istilah rindang tak berbuah itu nyata adanya. Pemangkasan dilakukan untuk merangsang tumbuhnya bunga.

9. Lakukan pemberian pupuk sebulan 2x atau minimal sebulan sekali. Pupuk yang baik sebaiknya memakai pupuk cair entah EM4 atau Gandasil B yang dilarutkan dalam air atau dicampur dengan air.

10. Jika ada hama yang datang, entah itu ulat maupun kutu, tanganilah dengan melarutkan Mama Lemon/Sunlight yang telah dicampur dengan air, lalu semprotkan.

Dan yang terakhir adalah :

Jangan lupa ikuti akun ini karena saya akan memberikan beberapa tips yang lainnya. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan bertanya di kolom komentar. Terima kasih. Semoga bermanfaat.


betiatina
evywahyuni
ilhamtok28687
ilhamtok28687 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.