Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lingkarpolitikAvatar border
TS
lingkarpolitik
Kemendagri Ungkap 13 Ribu WNA Punya e-KTP, Paling Banyak WNA Korsel
Kemendagri Ungkap 13 Ribu WNA Punya e-KTP, Paling Banyak WNA Korsel

Kemendagri mengatakan saat ini sudah ada 13.056 warga negara asing (WNA) yang sudah mengurus e-KTP. Paling banyak WNA yang memiliki e-KTP adalah Korea Selatan.

"Saya sebagai penanggung jawab akhir pelayanan adminduk melihat dalam database Dukcapil Kemendagri hingga Maret 2022 terdapat kurang lebih 13.056 WNA yang sudah mengurus KTP-el. Jadi jumlahnya tidak sampai jutaan," ujar Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh kepada wartawan, Kamis (2/6/2022).

Zudan mengungkapkan ada 10 negara asal WNA yang paling banyak punya KTP-el. Pertama Korea Selatan, kedua Jepang, ketiga Australia, keempat Belanda, kelima China, keenam Amerika Serikat, ketujuh Inggris, kedelapan India, kesembilan Jerman, dan ke-10 warga negara Malaysia.

"Ada 10 negara yang warganya paling banyak punya KTP-el, yakni WNA asal Korsel yang jumlahnya 1.227 orang. WNA asal Jepang 1.057, Australia 1.006, Belanda 961, Tiongkok (China) 909, AS sebanyak 890, Inggris 764, India 627, Jerman 611 dan Malaysia 581. Sisanya dari berbagai negara lain," jelas Zudan.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian memastikan hak-hak WNA jelas berbeda dengan WNI. WNA tidak punya hak pilih, sedangkan WNI punya hak pilih.

Tito menuturkan semua orang yang tinggal di Indonesia dalam jangka waktu panjang harus didaftarkan dan didatakan. Termasuk dengan cara diberi KTP, untuk kepentingan terutama administrasi kependudukan, keamanan, kemudahan akses layanan publik, layanan perbankan, kesehatan, dan lainnya.

"Kartu tanda penduduk untuk semua penduduk (residents), bukan kartu/sertifikat tanda kewarganegaraan (citizens)," Tito menegaskan.

https://news.detik.com/berita/d-6106...yak-wna-korsel
0
1.2K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.