Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

putriwandiraAvatar border
TS
putriwandira
4 Bidang Yang Sangat Membutuhkan Sertifikat Kompetensi
Sertifikat kompetensi adalah dokumen  yang memverifikasi kemahiran seseorang dalam profesi atau pekerjaan tertentu. Ada kalanya perusahaan membutuhkan calon pekerja untuk menyertakan sertifikat kompetensi dengan aplikasi mereka untuk mendapatkan calon pekerja di masa depan. Lalu siapa saja yang membutuhkan sertifikasi kompetensi ini? Berikut 4 jenis bidang pekerjaan yang harus mempunyai sertifikasi kompetensi.
 

1. Bidang Manajemen Risiko

Kompetensi risiko profesional di berbagai bisnis harus memiliki kompetensi manajemen risiko profesional. Karena berkaitan dengan Sistem Manajemen Risiko Perusahaan standar internasional ISO 31000:2018, cakupan kemampuan ini sangat luas. Manajemen Risiko Menengah dengan gelar Certified Risk Associate (CRA) dan Manajemen Risiko Utama dengan gelar Certified Risk Professional (CRP) adalah dua skema sertifikasinya.

Para profesional di urutan pertama pertahanan membutuhkan sertifikasi kompetensi dan kompetensi dasar-dasar Manajemen Resiko, serta penerapan pendekatan self-assessment risiko dan pengendalian. Sertifikasi kompetensi dalam tiga dasar Manajemen Risiko Terintegrasi diperlukan bagi para profesional di urutan pertahanan kedua. Profesional di lini pertahanan ketiga harus berpengalaman baik dalam Manajemen Risiko Terintegrasi dan metodologi audit yang diperlukan.

 

2. Bidang Telematika (Sertifikasi Kompetensi Telematika)

Lembaga Sertifikasi Profesi bidang Telematika merupakan salah satu lembaga yang mengeluarkan sertifikasi kompetensi yang berlaku nasional dan internasional. LSP bidang Telematika adalah organisasi profesional dan tidak memihak yang menyelenggarakan standardisasi, uji kompetensi, dan sertifikasi bagi tenaga ahli telematika. LSP di bidang Telematika telah berkembang menjadi referensi profesional untuk bisnis telematika baik di dalam negeri maupun internasional.

Setelah melakukan uji kompetensi, LSP akan mengeluarkan sertifikat sebagai bukti pengakuan atas kemampuan seseorang. Sertifikasi ini adalah bukti bahwa kompetensi seseorang telah diakui setelah dilakukan uji kompetensi di bidang keahliannya. SKKNI digunakan untuk menjadi benchmark sertifikat.

 

 3. Sertifikat Kompetensi di Bidang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

Salah satu bidang pekerjaan yang harus mempunyai sertifikasi kompetensi selanjutnya yang berkaitan dengan kesejahteraan, kesehatan, dan keselamatan orang-orang yang bekerja pada perusahaan atau instansi pemerintah. Ada peran Ahli K3 dalam memastikan bahwa K3 dilaksanakan secara optimal di suatu perusahaan atau instansi. Namun, tidak semua orang, termasuk karyawan, dapat dimintai pertanggungjawaban.

Untuk berhasil melakukan eksperimen, profesional K3 harus menjalani pelatihan dan mendapatkan sertifikasi. Lembaga atau organisasi sertifikasi dapat menerbitkan berbagai bentuk sertifikasi K3. Yang pertama adalah sertifikasi Ahli K3 umum untuk ahli keselamatan kerja suatu perusahaan, lalu ada Pengawas K3 MIgas di Perusahaan Migas dan Pengawas Operasional Tambang di bidang Pertambangan. Sertifikasi petugas K3 tentang peran kebakaran (Fireman / Pemadam Kebakaran) adalah yang paling sering dicari berikutnya, karena memiliki tenaga ahli di bidang pencegahan kebakaran di suatu perusahaan sangat penting.

 

4. Sertifikat Kompetensi di Bidang Human Resources (Sertifikasi Kompetensi HR)

Setiap perusahaan memiliki departemen SDM yang mengatur, melindungi, dan memberikan sanksi kepada karyawannya. Akibatnya, semua orang yang bekerja di bagian ini harus berpengetahuan luas dalam profesinya. Seperti profesi lain yang diakui, memiliki sertifikat SDM.  yang berarti sertifikat untuk pengakuan dan bukti kemampuan dan profesionalisme dalam menjalankan kewajibannya sebagai Sumber Daya Manusia.

Jenis sertifikat HR salah satunya yaitu Manager Sertifikasi BNSP dan Staff HR Sertifikasi BNSP. Sertifikasi ini mencakup pelatihan materi seperti pengembangan sumber daya manusia dan perencanaan di masa depan. Penerimaan, seleksi, dan penggabungan personil yang memenuhi syarat.

Sekian penjelasan tentang 4 jenis bidang pekerjaan yang harus mempunyai sertifikasi kompetensi. Pilihkan sertifikasi yang memang dibutuhkan sesuai dengan profesi. Semua sertifikasi tersebut mempunyai harga yang beragam. Setiap orang dengan kepemilikan sertifikasi tersebut, dijamin bisa menjalani karirnya dengan lebih baik dan mudah dipromosikan.



0
916
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & Profesi
KASKUS Official
37.1KThread9.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.