• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dunia Sudah Modern Tapi Masih Percaya Klenik? Ini Dia Kerugian Yakin Pada Dukun

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Dunia Sudah Modern Tapi Masih Percaya Klenik? Ini Dia Kerugian Yakin Pada Dukun
Di dunia yang sudah modern dengan tekhnologi canggih masih percaya klenik?
Ini dia kerugian yakin dan mengikuti perintah dukun


Klenik, adalah bahasa Jawa yang memiliki artian di dalam bahasa Indonesia sebagai hal yang berkaitan dengan praktik perdukunan, hal-hal mistis yang berbau negatif, yang biasa dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan dirahasiakan.

Praktik perdukunan yang berkaitan dengan klenik ini cukup dapat dibilang tidak masuk akal karena berkaitan dengan sesuatu yang ghaib dan sulit untuk dibuktikan kebenarannya.

Mulai dari santet, pelet, pengasihan, pesugihan, pengobatan tradisional jampi-jampi, mantra, adalah beberapa jenis dan golongan dari ke klenikan di dunia perdukunan.

Di era modern seperti sekarang praktik klenik perdukunan sendiri masih bisa ditemui dan juga masih sering digunakan oleh orang-orang yang memang tidak bisa meninggalkan klenik dalam kehidupan sehari-hari GanSis.

Perhitungan tanggal untuk mencari rezeki, pelet, pesugihan, dan pengasihan merupakan beberapa jenis klenik yang masih sering diminta oleh orang yang percaya klenik kepada ahli klenik yaitu dukun.


Konten Sensitif


Percaya tidak percaya TS sendiri memiliki beberapa orang teman yang masih sangat yakin terhadap klenik bahkan sampai menggunakan dukun untuk mencari pengasihan agar mudah untuk mendapatkan pacar atau pasangan hidup.

Namun entah kebetulan atau memang terbukti ilmu yang dimiliki oleh si dukun manjur, memang teman-teman TS yang menggunakan pelet lebih mudah untuk menggaet wanita meskipun itu yang baru ditemuinya.

Tapi apakah percaya, yakin, dan menggunakan dukun itu tidak ada kerugiannya?

Berikut ini beberapa kerugian yang bisa dialami oleh orang-orang yang meyakini dan menggunakan dukun untuk kepentingan tertentu.


Konten Sensitif


1. Syirik

Kerugian pertama dan paling mengerikan dari percaya dan yakin terhadap dukun adalah dosa GanSis.

Datang kepada dukun untuk meminta bantuan ini sudah sangat tidak dibenarkan karena dukun selalu berkaitan dengan jin, setan, dan makhluk ghaib yang diminta untuk membantu apa yang dikeluhkan oleh orang atau pasien yang meminta bantuan.

Dosa syirik adalah salah satu dosa besar yang tidak bisa diampuni, karena termasuk telah menyekutukan Tuhan dengan makhluk ciptaanNya.

2. Ditipu

Terlalu yakin dan tersugesti sampai akhirnya apa yang diyakini dari ucapan dukun benar-benar terjadi itu namanya adalah penipuan GanSis.

Dukun hanya pandai berkata-kata tanpa bisa membuktikan sesuatu, mereka mencari uang dari jampi-jampi dan sedikit ilmu yang dimilikinya dan ilmu tersebut kalian percaya dengan sepenuh hati.

Tidak sedikit orang yang tertipu uang dari ratusan hingga puluhan juta, hanya untuk membayar dukun namun apa yang menjadi hajat tidak tercapai.

3. Rugi Waktu

Datang ke dukun jauh-jauh, keluar uang banyak, harus melakukan berbagai macam ritual, namun ternyata tidak ada hasilnya karena memang mereka tidak memiliki kekuatan apapun selain karena kebetulan ada orang yang tertolong dari jampi-jampi dukun tentu hanya akan membuang-buang waktu Agan dan Sista.

Dari pada Agan Sista harus keluar banyak uang dan melakukan ritual dari dukun, lebih baik GanSis berpikir lebih logis dan mengerjakan apa yang bisa dikerjakan untuk menyelesaikan permasalahan yang tengah dihadapi.

sumber gambar

Itulah GanSis beberapa kerugian besar yang akan kalian dapatkan saat terlalu yakin dan mengikuti perkataan dukun.

Percayalah, saat ada orang datang ke dukun dan hajat mereka terkabulkan, itu bukan dukunnya yang hebat melainkan orang tersebut dan si dukun sedang di uji dan disesatkan oleh Tuhan mereka.

Jauhi dunia perdukunan, lebih baik Agan Sista berpikir logis dan mencari solusi masalah dengan bertukar pikiran atau meminta bantuan orang yang tepat.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
aeryoe
eyefirst2
sutanjuga
sutanjuga dan 10 lainnya memberi reputasi
9
2.8K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.