• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Takut Pada Uang dan Tidak Bisa Menggunakannya? Kenali Tentang Chrometophobia

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Takut Pada Uang dan Tidak Bisa Menggunakannya? Kenali Tentang Chrometophobia
Phobia aneh dan langka, takut dan tidak bisa menggunakan uang karena sebuah kelainan


Manusia gila harta dan mata duitan, statement ini nampaknya tidak tepat dan tidak bisa disematkan pada semua orang yang ada di muka bumi ini.

Mungkin Agan Sista pernah berpikir bahwa di dunia ini tidak ada manusia yang tidak mata duitan atau tidak membutuhkan uang, namun faktanya ada beberapa orang yang malah mengalami kebalikannya yaitu tidak bisa hidup dan bahkan tidak bisa memegang uang karena mengalami ketakutan terhadap uang baik itu uang kertas ataupun uang koin.

Tentu kasus orang takut terhadap uang ini sangat jarang dan tergolong langka GanSis, tapi orang-orang dengan kelainan dan phobia terhadap uang tersebut benar ada dan ditemui di beberapa negara di dunia dan salah satunya negara kita sendiri yaitu Indonesia.

Lantas kenapa ada orang yang takut terhadap uang, dan apa sebenarnya sebutan dari orang yang takut terhadap uang?
Berikut ini sekilas tentang penjelasannya.




Gangguan psikologis dimana seseorang mengalami ketakutan terhadap uang entah dalam jumlah kecil atau besar, kertas dan koin disebut dengan istilah Chrometophobiayaitu gejala phobia terhadap uang yang dialami oleh manusia.

Chrometophobia sendiri berasal dari gabungan dua hahasa Yunani, "chrimata" dengan arti uang dan "phobos" yang berarti ketakutan. Jadi Chrometophobia adalah kejadian dimana seseorang mengalami ketakutan berlebih terhadap uang.

Dilansir dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi TS, orang yang mengalami ketakutan terhadap uang ini merasa bahwa mereka memiliki tanggung jawab besar saat memiliki uang, bahkan mereka juga kebingungan untuk apa uang tersebut akan digunakan dan bagaimana cara menggunakan uang.

Bukan hanya rasa takut, orang yang mengalami Chrometophobia mereka akan merasa was-was saat melihat uang, bahkan sampai timbul perasaan gelisah, mual, pusing, dan keringat dingin berkucuran dari badan.

Phobia uang merupakan salah satu phobia yang langka. Kebanyakan orang yang memiliki phobia terhadap uang mereka akan kesusahan untuk mengurus diri mereka sendiri karena memang orang dengan kasus Chrometophobia benar-benar tidak bisa melihat dan menggunakan uang.




Sampai sejauh ini kasus Chrometophobia atau phobia terhadap uang ini belum diketahui secara pasti alasan dan penyebabnya. Namun, menurut para ahli keadaan pbohia uang dapat terjadi karena trauma, genetik, lingkungan, dan juga kimia otak.

Pasti Agan Sista pun juga bertanya-tanya apakah phobia uang dapat disembuhkan, dan ternyata menurut beberapa artikel yang dijadikan rujukan dan referensi oleh TS, Chrometophobia dapat disembuhkan dengan bantuan medis melalui terapi perilaku kognitif dan juga terapi pemaparan.

Meskipun dibutuhkan waktu cukup panjang untuk dapat menghilangkan phobia terhadap uang, Chrometophobia dapat disembuhkan jika penderitanya mau bersabar dan rutin melakukan terapi sesuai arahan medis.

Itulah GanSis fakta unik dan aneh yang menjelaskan bahwa tidak semua orang suka dan mengejar-ngejar uang.
Ternyata ada orang yang takut terhadap uang bahwa sekedar untuk melihat dan memegangnya saja.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Referensi
disini dan disini
provocator3301
ushirota
emineminna
emineminna dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.5K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.