• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sering Kena Tegur Tetangga Karena Hal Ini, Mungkin Saatnya 'Nganu', Gan!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Sering Kena Tegur Tetangga Karena Hal Ini, Mungkin Saatnya 'Nganu', Gan!


Thread ini bisa jadi lanjutan thread waktu lalu yang berjudul Punya Tetangga Kok Gini Amat, Ya (Pernah Ngalamin, Gan?), linknya disini tkpyang membahas suka duka Kenan yang mengontrak dilingkungan sederhana dan padat.

Seperti kita tahu, tinggal dilingkungan seperti ini memang mudah sekali akrab bahkan bisa melebihi saudara sendiri atau malah sebaliknya mudah sekali terjadi kecemburuan sosial atau gesekan akibat rendahnya pendidikan dan salah pergaulan.



Untuk itu kita sebagai tetangga yang baik misalkan kita tinggal ditengah-tengah lingkungan mereka memang harus ekstra sabar. Dari berbagai permasalahan sosial tadi ada yang sadar diri tapi biasanya banyak yang tidak sadar diri kalau dirinya telah merampas atau mengganggu ketertiban dan kepentingan umum.

Pernahkan kamu tinggal dilingkungan seperti ini yang padat dengan berbagai kesibukannya dan karakternya masing-masing? Bahkan di warung kelontong dilingkungan itu pernah saya dengar obrolan dari urusan emak yang 'ngutang' gula sekilo sampai obrolan si bapak dipos jaga yang seolah sudah jadi pengamat politik paling tahu sedunia.

Disisi lain yang berkaitan dengan urusan pribadi pernahkah kamu mendapat teguran dari tetangga sekitar, padahal kamu sendiri pulang dikontrakan hanya istilahnya 'numpang tidur', berangkat kerja jam 7.00 wib pulang karena macet di jalan sampai kontrakan paling cepat jam 21.00 wib. Sampai dikontrakan langsung tepar atau ke warung sebentar sekedar beli kopi sachet atau rokok.



Sebelum kamu memprotes balik atau membela diri coba fikirkan kembali apakah ada yang salah dengan sikap kita terhadap mereka. Meski hanya numpang tidur bisa jadi motor kita selama ini sudah menganggu jalan, knalpotnya berisik, sering menyetel musik dengan volume keras, teras menjadi area nongkrong sampai pagi, buang sampah sembarangan, jemur di pagar tetangga, menyiksa hewan tetangga dan lain sebagainya?

Masih untung kita mungkin mendapat teguran sopan dari tetangga, lah... kalau ada tetangga yang tersinggung berat lalu mengajak ribut, pasti bakal panjang urusannya. Keributan bisa saja selesai dengan cepat karena mungkin dipisahkan tetangga lain atau pak Rt setempat, tapi terkadang timbul permusuhan dan saling menghasut dibelakangnya. Nggak enak, kan?



Maka sebelum hal itu terjadi kepada kita sebaiknya kita tetap saling menjaga lingkungan, patuh pada tata tertib lingkungan bersama-sama demi kepentingan bersama. Untuk menguatkan itu semua biasanya mereka yang tinggal dilingkungan ini memiliki kegiatan arisan warga, gotong royong, dan kegiatan lain yang melibatkan warga agar selalu kompak dan sama-sama memiliki rasa tanggung jawab ditempat tinggalnya.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 28-05-2022 00:45
myasanmia
emineminna
provocator3301
provocator3301 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.