Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mamadthepunkAvatar border
TS
mamadthepunk
Pasokan Gas Disetop, Negara-negara Ini Mulai Rasakan Murka Putin!
Rusia selama ini dikenal sebagai negara pemasok gas untuk banyak negara di Eropa. Kini, pasokan gas dari Rusia nampaknya akan tersendat imbas dari ketegangan invasi Rusia ke Ukraina.

Negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin itu mendapatkan banyak serangan 'sanksi' ekonomi dari negara-negara di Eropa imbas dari invasinya ke Ukraina. Otomatis, hubungan Rusia dengan Eropa jadi tegang.

Bahkan, Putin menyebut berbagai negara di Eropa sebagai sebutan 'negara-negara tak bersahabat'. Dia juga menebar ancaman akan menghentikan pasokan gas dari negaranya ke 'negara-negara tak bersahabat' tersebut. Diketahui, negara-negara yang tak bersahabat itu banyak melakukan impor gas dari Rusia.

Rusia hanya akan memberikan pasokan gasnya apabila negara-negara tersebut membayar gas dengan mata uang rubel. Sampai saat ini sudah banyak negara yang pasokan gasnya dihentikan Putin. Siapa saja?

Paling baru, Rusia menghentikan pasokan gas ke Finlandia. Hal ini dilakukan sejak Sabtu 21 Mei kemarin. Dalam catatan detikcom, gas Rusia berhenti mengalir ke Finlandia pada hari Sabtu pukul 07.00 pagi waktu setempat. Hal itu disampaikan perusahaan gas negara Gasum pada hari Jumat.

"Sangat disesalkan bahwa pasokan gas alam di bawah kontrak pasokan kami sekarang akan dihentikan," kata CEO Gasum Mika Wiljanen seperti dikutip dari CNN, Senin (23/5/2022).

Di awal pekan kemarin, Gasum menyatakan menolak permintaan Presiden Rusia Vladimir Putin agar membayar gas dalam Rubel, bukan Euro atau Dolar seperti yang tercantum dalam kontrak.

Finlandia sendiri mengandalkan Rusia untuk sekitar 68% konsumsi gas alamnya pada tahun 2020. Data itu menurut International Energy Agency.

Berhentinya pasokan gas Rusia ke Finlandia juga banyak dihubung-hubungkan dengan langkah negara itu yang mau bergabung dengan NATO. Rusia menganggap bergabungnya Finlandia dapat menjadi masalah besar.

Jauh sebelum Finlandia, ada juga Bulgaria dan Polandia yang pasokan gasnya dihentikan oleh Rusia. Negara itu menghentikan pasokan gasnya ke Polandia dan Bulgaria sejak 27 April yang lalu.

https://finance.detik.com/energi/d-6...an-murka-putin
0
771
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.4KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.