Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Lockdown666Avatar border
TS
Lockdown666
Ukraina Bisa Menang Telak Lawan Rusia, Ini Dia Kuncinya
Ukraina Bisa Menang Telak Lawan Rusia, Ini Dia Kuncinya

Jakarta, CNBC Indonesia - Serangan Rusia ke Ukraina masih belum juga usai meski perang telah berlangsung selama tiga bulan. Soal dampaknya? Sudah tidak terhitung dan mulai membuat ketar-ketir banyak negara.
Selama ini, banyak orang memprediksi kalau Rusia akan menang dari Ukraina, padahal menurut Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, Ukraina dapat mencetak kemenangan dalam perjuangannya melawan pasukan Rusia. Aliansi militer Barat itu kembali menyatakan dukungan militer secara terbuka kepada Kiev.
Stoltenberg mengatakan situasi di medan pertempuran tidak berkembang sesuai dengan rencana Moskow. Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan informal para menteri luar negeri blok militer tersebut, Stoltenberg mengungkapkan bahwa topik utama dari diskusi adalah dukungan kuat untuk Ukraina, penguatan lebih lanjut dari pencegahan dan pertahanan NATO, dan implikasi jangka panjang dari perang, termasuk sikap masa depan aliansi terhadap Rusia.


"Perang Rusia di Ukraina tidak berjalan seperti yang direncanakan Moskow. Mereka gagal merebut Kiev. Mereka mundur dari sekitar Kharkiv, serangan besar mereka di Donbass telah terhenti. Rusia tidak mencapai tujuan strategisnya," kata Stoltenberg.
Dia menambahkan bahwa bertentangan dengan dugaan keinginan Presiden Rusia Vladimir Putin, Ukraina melanjutkan perjuangannya. "NATO lebih kuat dari sebelumnya dan Amerika Serikat dan Eropa bersatu dengan kokoh," ujarnya.
Meski begitu, belum ada tanda-tanda yang pasti terkait keberhasilan Rusia dalam serangannya ini. Sejauh ini, pasukan yang dikirimkan Presiden Vladimir Putin itu hanya dapat menguasai wilayah Timur Ukraina dan memutuskan mundur dari lingkaran wilayah Ibu Kota Kyiv.
Hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana perang akan berakhir dan apakah Rusia akan menang melawan Ukraina?
Berikut sejumlah skenario yang dapat ditimbulkan dari kondisi saat ini:

1. Kyiv Dikuasai, Ibu Kota Ukraina Pindah
Pengamat melihat sifat konflik Rusia dan Ukraina sangat cair dan berubah-ubah. Langkah Rusia maupun Barat tak bisa diprediksi. Rusia diyakini ingin menguasai Ukraina Timur dan Kyiv. Rusia diklaim ingin membuat pemerintahan boneka di ibu kota Ukraina itu.
Disebutkan bisa saja perang berakhir dengan kondisi Kyiv dikuasai Rusia. Nantinya Ukraina sendiri akan memerintah dari Lviv, yang dekat Polandia.
"Skenario dasar bagi Rusia dalam tiga bulan ke depan adalah bagaimana mendapatkan kontrol yang tidak merata atas Ukraina timur, hingga Sungai Dnipro" kata Eurasia Group dalam bahasannya.
"Untuk merebut ibu kota Kyiv setelah pengepungan yang berlarut-larut, dan untuk mendirikan pemerintah boneka yang didukung Rusia."


2. Ukraina Terpecah-pecah
Sementara itu, sejumlah analis lain menilai mungkin saja perang akan membawa Ukraina menjadi bagian yang benar-benar pecah. Kontrol Rusia, akan menyebabkan "pemisahan negara".
Rusia diketahui mengakar kuat di Ukraina Timur, khususnya wilayah Donbass. Bahkan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengakui kemerdekaan keduanya.
"Penaklukan militer atas Ukraina akan diikuti dengan pemisahan dan pembersihan besar-besaran," kata seorang peneliti di Henry Jackson Society, Taras Kuzio menyebutkan keinginan Rusia.
"Tujuan nyata Putin adalah untuk membasmi semua sisa identitas Ukraina, Visi mimpi buruk ini sangat sesuai dengan tujuan yang dinyatakan Putin sendiri .. permusuhan terhadap kenegaraan Ukraina."
Ukraina yang dipimpin loyalis Rusia mungkin akan dibentuk mirip rezim Alexander Lukashenko dari Belarusia. Kuzio mencatat bahwa ada spekulasi tentang Moskow yang berusaha mengangkat mantan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych.
Ia adalah pro Moskow yang dicopot dari kekuasaannya oleh anggota parlemen Ukraina selama Revolusi Maidan 2014. Kini, ia melarikan diri dari Kyiv ke Rusia.
"Ini bukan tahun 1945, 1956 atau 1968 di mana pasukan Soviet atau NKVD (badan penegak hukum Soviet)memaksa warga sipil untuk tunduk, tetapi ini tahun 2022,".
Hal sama juga dikatakan ahli strategi di program Pusat Strategi dan Keamanan Scowcroft Dewan Atlantik, Barry Pavel, Peter Engelke, dan Jeffrey Cimmino. Mereka mencatat bisa raja Rusia menang di Ukraina akan tapi kemenangan itu akan bernilai tidak layak karena begitu banyak yang hilang untuk mencapainya.
"Korban manusia dan keuangan yang signifikan dan berkelanjutan di Rusia," kata mereka.
"NATO sendiri kemungkinan akan memberikan bantuan pertahanan rahasia sangat kuat untuk perlawanan Ukraina."

3. NATO vs Rusia
Sementara itu, jika benar Rusia menang di Ukraina kemungkinan Perang Dingin akan berlangsung lagi. Dua blok geopolitik yang berlawanan akan kembali muncul.
"Situasi seperti itu adalah hal yang mudah terbakar di Eropa," kata Presiden Eurasia Group, Ian Bremmer.
"Ini bukan permulaan bagi Barat untuk mengirim pasukan untuk berperang bersama Ukraina atau untuk menerapkan zona larangan terbang di atas Ukraina karena itu mengarah pada konfrontasi langsung antara NATO dan pasukan Rusia dan karenanya berisiko Perang Dunia III."
Meski demikian, Bremmer yakin peperangan keduanya tak akan terjadi. Hakikatnya, NATO tidak mungkin merespons secara langsung dengan serangan militer terhadap kekuatan nuklir.
"Satu-satunya cara untuk bersiap adalah upaya intelijen yang lebih besar untuk mencegah atau setidaknya menumpulkan efektivitas upaya tersebut," kata Bremmer.

4. Keajaiban Jika Pasukan Rusia Mundur
Skenario terakhir adalah pasukan Rusia mundur tanpa syarat dari Ukraina. Ini akan menjadi akhir terbaik dari konflik ini.
Analis dari Scowcroft Center mengatakan skenario ini paling diinginkan, di mana kemampuan pertahanan Ukraina akan ditingkatkan oleh NATO sehingga perlawanan militer maupun sipil Ukraina akhirnya dapat menghalau serbuan Rusia.
Namun ini diyakini merupakan keajaiban. Kecil kemungkinannya untuk terjadi.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...i-dia-kuncinya
Diubah oleh Lockdown666 23-05-2022 06:51
dhanyjos
dhanyjos memberi reputasi
-1
473
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.