nibrasulhaqAvatar border
TS
nibrasulhaq
Hobi Menulis? Ini Dia Manfaat Menulis yang Jarang Diketahui!

Menulislah Sebelum Hanya Namamu yang Ditulis di Batu Nisan



Bismillahirrahmanirrahiim

Sebagian besar orang beranggapan bahwa menulis adalah aktivitas sia-sia, tiada untungnya, bahkan ada yang menyebutkan dengan keanehan tersendiri tentang menulis.

Padahal justru dengan menulis dapat menjadi solusi bagi sebagian orang. Jika dirunut dan digali, justru aktivitas menulis inilah yang mendatangkan berbagai kemanfaatan.

Berikut kurang lebih beberapa manfaat dari aktivitas menulis, diantaranya yaitu:

1. Mengobati Luka Batin

Sebagian orang menjadikan menulis adalah solusi bahkan obat bagi luka batin. Mengapa demikian?

Tentu saja bisa demikian, pasalnya dengan menulis sebagian orang dapat melampiaskan apapun yang menjadi beban jiwanya, tanpa mengusik orang lain.

Dengan mencurahkan isi hati dan pikiran melalui tulisan, kita tidak perlu merepotkan orang lain untuk mendengarkan curahan hati kita, karena tidak banyak orang yang pandai menjadi pendengar.

Alih-alih orang yang kita tunjuk mau dan bisa menjadi pendengar yang baik, bahkan boleh jadi justru mengumbar curhatan ke orang lain, sehingga memperkeruh masalah.


2. Menyalurkan Hobi

Selain mampu menyembuhkan luka batin, menulis juga dapat menjadikan aktivitas menulis sebagai penyalur hobi.

Seseorang yang memiliki hobi menulis, ia akan merasa puas dan nyaman ketika hobinya tersalurkan. Apalagi, jika hobinya itu memperoleh keuntungan yang lain. Seperti dapat memperoleh cuan atau semacamnya.


3. Menyampaikan ide dan Pemikiran


Untuk manfaat ketiga, tentu saja tidak cukup memberi kemanfaatan kepada diri sendiri. Akan tetapi dapat berbagi dengan orang lain.

Meski kita berada di sebuah tempat jauh dari keramaian, tetapi tulisan-tulisan kita yang berisi ide dan pemikiran, akan tersebar hingga ujung dunia.

Apalagi pada zaman serba canggih dengan internet yang tersebar dan terjangkau oleh siapa pun. Pastinya, semua itu dapat mempermudah upaya penyebaran ide dan pemikiran.

Dari sini, ide dan pemikiran kita akan dimanfaatkan orang lain, sehingga meski kita telah tiada, karya, ide, pemikiran masih tetap hidup dan bermanfaat.

Tulisan : @nibrasulhaq
Narasi : oppri

evywahyuni
gepyan
koyowongjowo
koyowongjowo dan 3 lainnya memberi reputasi
4
919
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.