Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Movies
  • KKN di Desa Penari, Kisah Nyata Atau Hanya Dongeng Semata?

cintadineAvatar border
TS
cintadine
KKN di Desa Penari, Kisah Nyata Atau Hanya Dongeng Semata?

Masih pembahasan soal KKN di Desa Penari yang filmnya ketika thread ini dibuat masih ramai ditonton di bioskop dan masih banyak orang yang mengantri dan tidak kebagian tiket. Mungkin bahkan akan memecahkan rekor sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa dan diprediksi akan mendapatkan 7 juta penonton.

Viralnya kisah KKN ini memang menuai perdebatan panjang. Mulai dari ulasan filmnya yang di mana sebagian reviewer menganggap filmnya begitu kurang dalam segi penceritaan dan pengembangan karakter. Namun di sisi lain ada pula yang memuji film ini sebagai film masterpiece atau mahakarya tanpa cela dan telah menaikan kualitas level film horor Indonesia. Ngerinya mereka yang memuji film ini setinggi langit akan menyerang siapapun yang mengkritik film ini, sudah seperti buzzer politik saja memang.

Namun yang menjadi pertanyaan apakah film ini benar-benar diangkat dari kisah nyata, fiksi, atau pura-pura dari kisah nyata?

Mengingat sang pembuat cerita yaitu SimpleMan mengklaim ini adalah kisah nyata hanya ada beberapa hal yang diubah seperti jumlah tokoh dan nama tokoh yang disamarkan. Bagi pihak yang skeptis atau mereka yang tidak percaya tentang hal berbau mistis, tentu saja punya argumennya sendiri karena peristiwa tersebut tidak dapat diterima dengan akal sehat. Seperti adegan terjebak di hutan dan terkena genjutsu dan kemudian makanan jadi kepala monyet, hal tersebut hanya ada di cerita-cerita fiksi seperti Harry Potter.

Sementara bagi mereka yang percaya juga percaya jika Ayu sampai sekarang masih menari di alam sana. Ya, ane banyak baca komentar di Tiktok dan kebanyakan komentarnya demikian, mereka meyakini peristiwa itu 100% nyata.


Jika 100% Nyata

Jika kejadian KKN yang katanya terjadi pada 2009 yang lalu ini nyata, maka bagi orang yang tidak percaya hal-hal mistis maka akan terlalu mengganjal dan tidak masuk akal. Tapi jika nyata, maka makhluk Badarawuhi itu beneran ada. Ayu jiwanya terus menari-menari. Ya, aneh memang. Tapi sialnya, kebanyakan masyarakat kita percaya hal-hal seperti ini.

Masyarakat kita lebih percaya cerita seperti ini dan juga babi ngepet ketimbang mempercayai kalau bumi itu bulat, dan sulit percaya kalau manusia purba seperti homo erectus itu pernah ada, padahal bukti dan fosilnya benar-benar ada. Mereka lebih percaya makanan bisa berubah menjadi kepala monyet.

Kesimpulannya, kalau kisah KKN ini nyata. Maka kejadian ini adalah kejadian yang sangat luar biasa dan seluruh dunia harus tahu betapa gilanya kejadian ini. Jika di Indonesia ada peristiwa yang tidak bisa dijelaskan secara sains namun benar-benar nyata.

Kisah Nyata yang dimodifikasi?
Konten Sensitif

Kemungkinan yang kedua adalah, kisah KKN ini adalah diambil dari kisah nyata namun dimodifikasi sedemikian rupa dan ditambahkan atau dikurangi alias dilebih-lebihkan. Mungkin saja kisah nyatanya adalah garis besarnya saja yaitu sekelompok mahasiswa yang mengikuti KKN di sebuah desa, lalu dua orang di antara mereka mesum di sembarang tempat dan pasangan itu menderita penyakit misterius dan akhirnya meninggal dunia. Tidak ada peristiwa aneh-aneh lainnya seperti menari-nari dan genjutsu di hutan.

Ya, bisa saja seperti itu saja. Namun, untuk kebutuhan alur cerita agar semakin menarik, maka ditambahkanlah hal-hal yang lain. Bagaimana, sudah mulai masuk akal?

100% Fiksi dan Trik Marketing?

Kemungkinan yang terakhir adalah ini semua adalah fiksi dan tidak pernah terjadi di dunia nyata. Ini juga sebenarnya cukup masuk akal.

Ada banyak tokoh yang terlibat dalam kisah ini dan bahkan katanya aslinya ada belasan orang yang ikut KKN. Kemudian ditambah dengan tokoh lainnya yang ada di desa tersebut. Namun, hebatnya semua rahasia ditutupi rapat-rapat. Ya, hebat sekali mereka tidak ada yang muncul ke permukaan satu pun.

Kalau kita bandingkan dengan film horor yang diangkat kisah nyata lainnya seperti The Conjuring (2013) dan The Exorcism of Emily Rose (2005) para pelaku dari kisah tersebut benar-benar ada di dunia nyata dan bahkan bisa diwawancarai ya walaupun tentu saja percaya atau tidaknya kembali ke setiap individu masing-masing. Sementara dari kisah KKN ini kita tak bisa mewawancarai siapapun dari tokoh yang ada, hanya bisa mewawancarai SimpleMan dan itu pun identitasnya anonim.

Ada banyak komentar kalau ini semua hanyalah trik marketing agar ketika difilmkan bisa laku keras. Thread KKN viral pada Agustus 2019 dan filmnya sudah jadi dan siap rilis pada Maret 2020, yang artinya proses produksinya hanya memerlukan waktu 6 bulan saja termasuk pra produksi.

Kalau ini beneran fiksi maka di pembuat cerita siapa pun itu juga justru malah lebih hebat dan jenius lagi dan dengan meyakinkan bisa membuat jutaan orang percaya dengan penulisan kisah yang memang bagus ini.

Nah, gan agan lebih percaya ke opsi yang mana nih?

Yang jelas baik ini fiksi atau nyata, tata krama di tempat orang harus dijaga. Tanpa kisah Ayu dan Bima pun, tata krama dan adab tetaplah wajib dijaga sebagai pertanda kita adalah homo sapiens yang artinya manusia bijaksana emoticon-Ngakak (S).

Referensi
apawaal
adindaper25
adindaper25 dan apawaal memberi reputasi
2
19.6K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread18KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.