• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ngutang Pinjol Buat Beli Kripto, Uang Ludes Aset Hangus, Pinjol Gak Mau Tahu

millenieAvatar border
TS
millenie
Ngutang Pinjol Buat Beli Kripto, Uang Ludes Aset Hangus, Pinjol Gak Mau Tahu

Tren kripto atau mata uang diigital beberapa tahun belakangan ini memang membuat gelombang besar bagi masyarakat dunia, terutama di indonesia untuk melirik. Gimana gak melirik coba dengan modal cuma ratusan ribu lu bisa kaya hanya dalam waktu singkat tanpa perlu ngapa-ngapain. Tanpa lu perlu pakai seragam dan tiap hari mengucapkan salam ’selamat pagi kakak selamat berbelanja di ind*maret’ atau ‘di mulai dari nol ya kak’.

Harapan-harapan meninggalkan kehidupan miskin, harapan-harapan ingin pembuktian diri pada dunia, harapan-harapan  sukses di usia muda, dan harapan-harapan yang akhir nya Cuma jadi harapan. kira kira seperti itu pikiran pemula yang baru tahu kripto tapi belum mengenal dunia kripto. Mereka cenderung ingin mencapai itu tanpa ingin tahu resiko nya.

Apakah kripto bisa membuat kaya? memang itu gak bisa di pungkiri, karena banyak orang yang kaya dan mereka gak mau dikenal public, mereka juga lebih nyaman di kenal sebagai anonymous. Dankarena itu tidak banyak artikel di media besar membuat tentang kesuksesan mereka (takut diplototin bu sri mulyani).

Dan apakah kripto bisa membuat orang miskin makin miskin? jawaban nya adalah iya, banyak orang yang telah kehilangan uang mereka di kripto. Dan cuma beberapa kisah sedih tersebut yang viral di media, kebnaykan mereka diem-diem, dan diem-diem baik-baik saja.

Nah yang gak banyak orang lain tahu itu, Kripto itu juga bisa jadi sebuah keberuntungan dan bisa juga musibah bagi yang gak paham. Gini dah jika lu belum tahu minimal apa itu blockchain, belum tahu itu pump and dumn, belum tahu candle stick, belum tahu masa acumalasi dan distrubusi. Belum tahu kalau Sembilan puluh sembilan persen kripto itu skema ponzi, atau gak tahu kapan lu mau beli dan kapan lu mau jual. Mending pelajari dulu atau malah bagus gak masuk sekalian.

Karena kebanyakan kasus pemula mereka itu Cuma ikut-ikutan, tahu nya kripto bisa bikin kaya, dah itu doank. Alhasil banyak yang kehilangan uang mereka, entah masuk kripto pas lagi di posisi puncak dengan harga tinggi, ternyata dua bulan kemudian downtrend harga nya merosot 90 persen. Dan karena mental nya gak kuat di jual lah di harga rendah, habis itu tenyata dua tahun kemudian naik di harga  yang lebih tinggi . kebanyakan kasus seperti itu.


Dan ini juga yang keselahan pemula yang baru  masuk dunia kripto, mereka beli kripto dari hasil hutang sana sini, bahkan sampai gunaiin uang kebutuhan mendesak dan tabungan masa depan. Padahal kritpo itu merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto sangat fluktuatif, dimana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Gini bray, kripto itu mirip investasi dimana jika kalian ingin investasi ya gunaain dana yang gak terpakai dan lu juga harus siap kehilangan itu. tanpa embel-embel bulan ini beli bulan besok naik.

Hal tersebut juga di alami oleh temen ane, awal nya dia dapat cerita di circle nya bahwa investasi kripto bisa bikin kaya mendadak, dengan iming-iming modal ratusan ribu dapat puluhan bahkan sampai ratusan juta. di tambah Cuma tingal ongkang-onkang sambil sruput kopi dirumah gak perlu ngapa-ngapain.

jelas donk mendengar bujuk rayu tersebut temen ane makin membara, work smart kata nya pas tahu kripto.Sampai pada akhir nya dia memutuskan untuk membeli kripto dengan seluruh tabungan, dimana itu hasil dari pindah-pindah kerja dan yang terkahir bekerja di salah satu mini market. Dia curhat nya nominal nya 10 juta.

Gak sampai disitu karena saking pengen jadi kaya raya tanpa ngapa-ngapain dan sudah lelah bekerja di ikut orangh selama bertahun-tahun, akhirnya dia pengen beli lagi asset kripto dengan jalur pinjol. Dia pinjam 5 juta tapi Cuma dapet 3 jutaan( seblum kasus2 pinjol viral), dan aneh nya itu di tolenransi. mungkin dia mikir bakal dapat lebih dari kripto kali yak dan cicialan bisalah di mainsten.

Singkat cerita dua bulan asset nya turun tinga bulan makin turun sampai pada akhir nya minus  95 persen. Sudah gitu dia cicilan nya pinjol nya nungak-nungak, kena terror lah temen-temen dan ibu nya. jelas donk itu tekenan mental, alhasil asset kripto yang minus tadi di tarik lah buat bayar pinjol yang makin beranak pinak.

Pinjol mah gak mau tahu urusan nya apa, yang penting bayar.  Dan seketika itu dia nyesel dan hubungan nya dengan temen yang ngasih rekomended buat masuk kripto jadi renggang(musuhan lah). dan penyesalan nya tu makin bertambah , asset kripto yang pernah dia itu beli naik gila-gilaan tahun kemarin apa lagi doge dan cardano. dan jika di akumulasi dia untung sekitar 500 juta.


mungkin pembalajaran yang bisa di ambil, jangan pernah ikut-ikutan setidak nya gak ada orang yang bernasib mujur hanya dengan ikut-ikutan. dan jika mau beli kripto riset dulu entah kondisi pasar, pengetahuan tentang kripto,ya kurang lebih seperti yang ane omogin di awal tadi. karena menurut ane apakah layak berinvestasi kripto? menurut ane layak sih asal kan tahu dan jangan pernah sampai bela-belahin hutang, kunci nya koin apa aja yang bakal di pump dan sabar nungu.

penulis: millenie

sumber: pengalaman teman
Diubah oleh millenie 29-04-2022 13:47
garpupatah
vafrcor
screamo37
screamo37 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
49.7K
336
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.