• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sering Muncul Iklan Obat-obatan Terbatas dari Online Shop, Apakah Itu Legal?

abdulqadirz
TS
abdulqadirz
Sering Muncul Iklan Obat-obatan Terbatas dari Online Shop, Apakah Itu Legal?


Berawal dari pengalamannya pribadi yang lewat gitu aja karena gak tau itu obat apa, dan kebetulan lagi gak butuh. Lalu sekarang lewat lagi dari pengalaman orang di twitter, membuat ane bertanya "sebenarnya legal kah obat-obatan terbatas seperti ini dijual oleh e-commerce?"

Akun Twitter bernama @bennyzuniarshare screenshot iklan obat-obatan Dumolid dan Xanax yang masuk ke dia. Dan ente tau obat apa itu? Satunya untuk mengobati insomnia dan satu lagi mengatasi kecemasan. Yang jadi pertanyaan nya adalah, mengapa dijual tanpa resep dokter?

Quote:


Sedangkan anjuran di obat itu sendiri adalah "dengan resep dokter". Kalo obat seperti itu resepnya harus resep asli, gak bisa resep online. Karena obat-obat tersebut setiap bulannya wajib dilaporkan ke Dinkes dan kadang beberapa bulan sekali ada kunjungan Dinkes ke apotek, rumah sakit dan PKM lho.

Lalu ada lagi akun Twitter lainnya bernama @rezaanabilla, juga share screenshot iklan obat yang masuk ke handphone adiknya. Obat-obat tersebut adalah Dable atau Double L. Tau gak kegunaannya apa? Itu buat pasien dengan penyakit EPILEPSI fan PARKINSON dengan efek obat halusinasi lho.

Quote:


Terus dijual di olshop yang notabenenya siapa aja bebas beli berapa aja! Hey kalo ada jamet gabut beli obat itu banyak, terus disalahgunakan buat nge-fly gimana?? Ente (e-commerce) mau tanggung jawab gak?

Karena soal itu ada pasalnya. Peraturan BPOM Nomor 2 Tahun 2021. Kalau di BAB 1, pasal 3 (ayat 2), iklan obat keras, narkotila & psikotropika cuman bisa dikasih ke tenaga kesehatan. Apakah olshop ada yang lulusan apoteker?

Quote:


Lalu di BAB 2 pasal 9 juga dikasih tau kalau media periklanan yg diizinkan cuman berupa:
1. Media cetak ilmiah kedokteran
2. Media cetak ilmiah kefarmasian

Apakah olshop udah pada bikin jurnal ilmiah??

Quote:


Terlepas dari algoritma berdasarkan hasil pencarian, namun obat-obat tersebut merupakan obat yang harus pakai resep dokter. Yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa rata-rata e-commerce bisa meloloskan jual-beli obat tersebut tanpa resep dokter?

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & Tweet
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022
nawir98jireshprovocator3301
provocator3301 dan 18 lainnya memberi reputasi
17
7.1K
99
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922KThread80.4KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.