Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GawaikitaAvatar border
TS
Gawaikita
Hati-Hati! Kenali Virus Ransomware yang Berbahaya

Internet dan laptop merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena internet merupakan salah satu tools yang dapat mempermudah pekerjaan. Namun, di dunia maya terdapat banyak hal kejahatan atau cyber crime. Salah satunya adalah Ransomware yang merupakan software yang digunakan oleh para penjahat cyber untuk memeras para pemilik laptop dengan cara menyusup lalu menyandera file-file penting atau sistem laptop.

Biasanya sebuah laptop dapat terinfeksi ransomware melalui tautan atau lampiran dalam pesan email atau yang biasa dikenal sebagai email phishing. Begitu pemilik mengklik tautan atau membuka dokumen, laptop dapat langsung terinfeksi dan ransomware akan masuk kedalam sistem. Kali ini Gawai Kita akan membahas mengenai virus ransomware yang ada di laptop dan bagaimana cara untuk mengatasi ransomware.

Cara Kerja Ransomware

Penjahat cyber biasanya akan memberikan tautan atau email phising kepada pemilik laptop, mereka akan menyamar seolah-olah berasal dari perusahaan atau orang yang sering berinteraksi dengan Sahabat Gawai secara online. Setelah pemilik mengklik tautan tersebut ransomware akan mengenkripsi data di komputer dan menggunakan kunci enkripsi yang hanya diketahui penyerang. Penjahat cyber tersebut biasanya akan mengubah wallpaper komputer dan memberi instruksi spesifik untuk meminta sejumlah uang atau tebusan. Apabila tebusannya tidak dibayar, maka data-data akan dihapus secara permanen.

Jenis-Jenis Ransomware

Secara umum ada dua jenis ransomware yaitu:

1. Locker Ransomware ( Non- Enkripsi )

Locker Ransomwaremenginfeksi dengan menutup akses ( lock-screen) ke dalam resources yang ada didalam sistem laptopnya. Setelah layar terkunci, pelaku akan meminta sejumlah tebusan kepada pemilik, agar hak akses dapat diberikan kembali.

2. Crypto Ransomware ( Enkripsi )

Crypto Ransomwaremerupakan jenis yang paling sering digunakan oleh pelaku kejahatan siber. Crypto Ransomware akan mengenkripsi file-file penting dalam komputer, lalu pelaku akan meminta uang tebusan untuk mendapatkan kunci deskripsinya.

3.Lockscreen ransomware

Lockscreen ransomware merupakan jenis lain yang menginfeksi laptop dengan cara mengunci sistem laptop agar pemilik tidak dapat melakukan aktivitas apapun di dalam laptop sampai pemilik membayar tebusan yang diinginkan pelaku.

Cara Mencegah Serangan Ransomware

Langkah pertama yang dapat Sahabat Gawai lakukan adalah selalu waspada. Sahabat Gawai harus selalu teliti ketika akan mengklik sebuah tautan atau membuka email. Selanjutnya Sahabat Gawai harus rajin melakukan back up file-file penting dan memastikan menginstal antivirus atau sistem keamanan software. Sahabat Gawai juga dapat melakukan update sistem operasi, secara otomatis atau berkala untuk memperbaiki celah keamanan yang mulai terganggu sebelumnya.

Jika Sahabat Gawai terkena kejahatan cyber dengan Ransomeware, Sahabat Gawai dapat langsung melaporkannya kepada pihak berwajib dan jika ada kerusakan dalam laptopnya, sahabat gawai dapat berkonsultasi dengan service laptop terbaik yaitu Gawai Kita.

Gawaikita adalah solusi mu ! Tempat service laptop bandung terbaik. Tidak hanya menyediakan service laptop, Gawaikita juga menyediakan berbagai accesories laptop sesuai kebutuhanmu.  Bagi Sahabat Gawaikita yang mager keluar rumah buat service atau beli accesories laptop, tidak perlu bingung karena Gawaikita bisa datang ke rumahmu. Sahabat Gawaikita cukup buka website kami di www.gawaikita.comdan dapatkan konsultasi masalah laptopmu gratis. Ayo tunggu apalagi, laptop rusak, laptop mati, laptop butuh service? Gawaikita aja!


0
422
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.