serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
15 Fakta Ratu Elizabeth II Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Hai semua!
emoticon-Hai



Siapa sih yang gak kenal Ratu Elizabeth II? Ratu Kesatuan Britania Raya dan Irlandia Utara ini dikenal sebagai ratu paling lama yang bertahta di kerajaannya. Ia sudah bertahta sejak tahun 1952 hingga sekarang. Dalam masa pemerintahannya yang panjang tentu banyak yang bertanya-tanya lebih jauh tentang sang ratu. Apalagi ia adalah ratu yang sangat masyur di seantero jagat raya. Mungkin ada yang bertanya, apakah sang ratu punya SIM? Apakah sang ratu pernah belanja ke supermarket? Apakah sang ratu suka berselancar di sosial media? Jika kamu penasaran, simak thread ini sampai habis!





1. Dipanggil “Lilibet” Sejak Kecil


Ratu dengan nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary ini selalu kesulitan untuk menyebut namanya sendiri sejak kecil. Akhirnya, lidah Ratu Elizabeth Kecil pun menyebut dirinya sendiri sebagai “Lilibet” biar gak belibet. Raja George VI pun dulu, ketika membicarakan tentang sang putri, ia juga menyebut namanya dengan “Lilibet”. Imut juga ya nama kecil sang ratu, guys.


2. Aktif dalam Pasukan Bersenjata Inggris Selama Perang Dunia II


Salah satu yang membuat Ratu Elizabeth II layak menjadi seorang ratu ialah, bahwa sejak muda ia sudah aktif dalam kegiatan kerajaan, bahkan dalam Angkatan Bersenjata sekali pun. Dikatakan bahwa sang ratu adalah keluarga kerajaan wanita pertama yang aktif dalam Angkatan Bersenjata, di mana selama Perang Dunia II, Elizabeth Muda ambil bagian sebagai tim mekanik, pengemudi kendaraan militer, dan komandan junior.


3. Penobatan Pertama yang Disiarkan di Televisi
Konten Sensitif


Sebelumnya, penobatan Raja dan Ratu Inggris hanya disaksikan oleh pihak bangsawan saja. Namun, ketika penobatan Ratu Elizabeth pada 2 Juni 1953, untuk kali pertama, prosesi tersebut disiarkan di televisi. Jadi, siapa saja bisa menonton prosesi penobatan yang diselenggarakan di Westminster Abbey tersebut. Konon katanya, banyak orang yang membeli televisi pertama mereka untuk menonton mewah dan khidmatnya prosesi penobatan sang ratu. Duh, ga kebayang gimana hebohnya waktu itu, ya, guys.


4. Gak Pernah Pacaran


Sebagai Putri Mahkota, tentu Elizabeth Muda banyak dilirik oleh kerajaan lain untuk dijadikan menantu. Namun sayangnya, Elizabeth Muda gak tertarik. Hingga akhirnya ia bertemu kembali dengan Pangeran Philip dan langsung jatuh cinta. Tanpa lama-lama, mereka bertunangan, menikah, hingga sekarang punya anak dan cucu. Btw, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip pertama kali saat sang ratu berusia 8 tahun, dan mereka juga saudara sepupu karena memiliki buyut yang sama, yaitu Ratu Victoria.


5. Hobi Mengemudi


Ratu Elizabeth II dikenal memiliki banyak hobi, salah satu yang paling terkenal adalah mengemudi. Kemampuan mengemudi didapatkannya ketika aktif di pasuka militer. Setelah perang usai, ia terus mengemudi, berkeliling-keliling dengan Range Rover kesayangannya. Psst, Sang Ratu juga suka olahraga loh, bahkan ia adalah penggemar klub sepak bola Arsennal. Wih, ada gak nih yang samaan sama ratu?


6. Bebas Kemana pun Tanpa SIM dan Paspor


Ratu Elizabeth II adalah satu-satunya anggota kerajaan yang punya hak istimewa sebagai ratu. Ia bisa terbang ke negara mana pun tanpa paspor dan dokumen apa pun. Begitu pun jika ia ingin berkeliling di negara-negara kekuasaanya dengan mobil kesayangannya, ia sama sekali gak butuh SIM dan plat nomor kendaraan. Lagian, siapa juga sih yang berani menahan sang ratu di bandara karena ga bawa paspor atau ditilang karena ga punya SIM?


7. Ulang Tahun 2 Kali


Seperti yang publik ketahui, bahwa hari ulang tahun Ratu Elizabeth II ialah setiap 21 April. Sebagai ratu, ulang tahun beliau pun dirayakan dengan sebegitu meriah dengan parade atau Trooping the Color. Sayangnya, bulan April punya suhu yang dingin. Siapa juga yang mau ngadain parade waktu dingin-dingin begitu, kan? Jadi, parade perayaan ulang tahun ratu pun dilaksanakan setiap Sabtu kedua di bulan Juni. Kamu yang ulang tahunnya sekali setahun dan itu pun gak yang ingat, can’t relate. Jangan sedih, ya, wkwkwk.


8. Punya Peliharaan 30 Ekor Anjing Corgis


Elizabeth Muda sama seperti gadis muda lainnya yang suka memelihara hewan peliharaan. Kesukaannya itu ditunjukkan dengan mengembangbiakkan anjing corgis pertamanya, Susan, hingga sekarang mencapai 30 ekor. Saking sayang dan seringnya ratu berjalan-jalan dengan anjing-anjingnya, pada tahun 2002, figur anjing tersebut dilukiskan di koin Inggris bersama sang ratu. Dan jangan salah, anjing-anjing ini punya koki khusus yang menyiapkan makanan mereka dengan bahan-bahan premium, dan menyajikannya dengan elegan sesuai dengan jadwal makannya. Plis tahan guys, kalian jangan langsung insecure sama anjing, heheh.


9. Semua Angsa serta Paus dan Lumba-Lumba di Perairan Inggris adalah Milik Ratu


Yup bener, ini adalah hak istimewa seorang Ratu Inggris. Itulah kenapa angsa biru, paus, dan lumba-lumba disebut sebagai Hewan Kerajaan. Jadi, gak siapa pun yang boleh memburu atau menangkap hewan-hewan tersebut tanpa izin ratu.


10. Harus Minum Sampanye Setiap Malam


Sebagai seorang bangsawan, sang ratu memiliki kebiasaan minum yang fancy. Ia sering menyesap gin, anggur, dan dubbonnet waktu makan siang, sesekali martini waktu makan malam. Dan yang tak boleh dilewatkan adalah segelas sampanye setiap malam. Pasti sampanye yang diminum ratu punya kualitas paling baik ya. Hmm, aku jadi penasaran, hehe.


11. Tas Tangan dan Kode-Kode Rahasia


Sang Ratu selalu keluar dan berpergian dengan tas tangannya yang super mewah. Ternyata, tas tangan itu gak cuma sebagai aksesoris, loh, tapi punya kode-kode tertentu yang ditujukan kepada para staff dan pengawal-pengawalnya. Misal, jika ratu meletakkan tas tangannya di meja, itu artinya 5 menit lagi ratu akan pergi dari tempat itu, jadi seluruh staff harus bersiap-siap. Atau, jika dalam suatu perjamuan ratu meletakkan tasnya di lantai, artinya ratu gak menikmati obrolan dalam perjamuan tersebut.


12. Punya Penyair Pribadi

Ratu Elizabeth II juga terkenal memiliki selera tinggi terhadap seni, hingga kerajaan pun melakukan sayembara untuk mencari penyair-penyair paling mumpuni. Hingga tahun 2009, Carol Ann Duffy memenangkan sayembara tersebut dan menjadi wanita pertama sebagai penyair pribadi ratu. Tugasnya adalah membuat syair-syair untuk perayaan di hari khusus dan hari besar kerajaan, termasuk untuk hari pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton beberapa tahun silam.


13. Gak Bisa Duduk Diam Saat Dilukis


Sebagai wanita yang aktif sejak muda, tentu sulit bagi ratu untuk diam dalam satu pose ketika dilukis untuk lukisan keluarga kerajaan. Seorang pelukis masyur, John Wonnacott menyebutkan bahwa hampir semua pelukis kerajaan mengeluh kesulitan ketika melukis sang ratu, sebab beliau tak bisa duduk diam. “Aku ingin sekali mengatakan ‘Yang Mulia, bisakah Anda duduk dengan baik dan diam saja?’, tapi aku tidak berani mengatakannya.”Duh, yang sabar ya Pak Pelukis.


14. Gak Punya Alarm



Kesel banget gak sih, pas lagi tidur nyenyak, tapi alarm malah berdering kencang banget. Rasanya mau ngelempar aja, kan? Tapi sadar kalo budget paspasan buat beli HP baru lagi. Nah, baginda ratu gak pernah tuh guys ngerasain kaget dibangunin alarm tiap pagi. Wah, jadi Ratu bisa tidur sampe siang dengan nyenyak dong? Jangan harap, guys! Ratu memang ga punya alarm, tapi sebagai gantinya, ada seorang bagpiper yang bermain setiap jam 9 pagi selama 15 menit di luar jendela ratu. Duh, ini sih lebih berisik dari alarm guys, wkwkw.


15. Punya Seorang Tester Sepatu Baru Pribadi


Ratu selalu memperhatikan barang-barang yang ia pakai. Beliau selalu membeli barang premium yang paling baik, termasuk sepatunya yang harus dari bahan kulit paten. Seperti kebanyakan bahan kulit yang baru, pasti keras dan gak nyaman dipakai untuk pertama kali. Jadi, untuk melunakkan kulitnya, ratu memiliki pelayan pribadi yang ditugasi memakai sepatu barunya dengan kaki dilapisi kaus kaki, lalu berjalan bolak-balik di atas karpet setiap hari sampai bahan kulitnya lunak dan nyaman dipakai di kaki ratu. Duh, ratu lagi nyari pelayan pribadi buat nyabutin uban gak ya? Aku mau daftar, nih, hehe.

Nah, itulah fakta-fakta menarik tentang Ratu Elizabeth II guys. Fakta mana nih yang baru kalian ketahui? Komen di bawah, ya!



Narasi: @serbaserbi.com

Sumber: 1, 2, 3, 4

Follow me on:

Instagram: diavanillakim
Twitter: diavanillakim

Diubah oleh serbaserbi.com 14-05-2022 13:01
indrag057
eno.niken
pakisal212
pakisal212 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.9K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.