• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ingin Punya Tinggi Badan Ideal? Berikut Aktivitas yang bisa Dilakukan

degurechaftAvatar border
TS
degurechaft
Ingin Punya Tinggi Badan Ideal? Berikut Aktivitas yang bisa Dilakukan


Hai semuaemoticon-Hai

Tinggi badan merupakan salah satu hal yang bisa mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang. Tentunya tidak sedikit juga dari kita yang menginginkan tinggi badan ideal tetapi tidak semuanya bisa mendapatkan hal tersebut. 

Dilansir dari Aladokter.com, pertumbuhan tercepat kita terjadi pada masa pubertas yaitu usia 12-16 tahun pada laki-laki dan 10-14 tahun pada perempuan. Tetapi tidak semua orang mengalami hal yang sama dan bahkan masa pubertasnya datang terlambat dari usia tersebut.

Namun dibalik tinggi badan seseorang, tak lepas juga beberapa faktor mulai dari faktor internal maupun faktor eksternal yang berperan. Mari kita simak dibawah iniemoticon-Smilie.

1. Genetik

Spoiler for Genetik:


Genetik adalah hal yang diwariskan dari kedua orang tua. Nah, pertumbuhan tubuh kita juga sama halnya berasal dari genetik. Sering orang bilang kalau orang tuanya tinggi anaknya juga tinggi dong. Atau sebaliknya kalau orang tuanya pendek, anaknya juga pendek lah ya? Tentu tidak gan

Kita hanya mewarisi 10-20% dari tinggi badan orang tua. Jadi belum tentu orang tua yang tinggi, anaknya juga tinggi dan belum tentu juga kalau orang tuanya pendek, anaknya tidak bisa tinggi.

Ada rumus untuk menghitung berapa potensi tinggi badan yang dapat kita peroleh berdasarkan tinggi badan orang tua. Berikut rumusnya....


Untuk laki-laki = (Tinggi badan ibu (cm) + 13) + Tinggi ayah (cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
Untuk perempuan = (Tinggi badan ayah - 13) + Tinggi ibu (cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
Pusing gakemoticon-Big Grin

Untuk lebih mudahnya bisa langsung menghitung disini gan idai.or.id. Dan tentunya potensi tersebut bisa didapat dari gizi yang kita peroleh ya.


2. Asupan Gizi


Spoiler for 4 sehat 5 sempurna:


Gizi merupakan faktor penting dalam pertumbuhan badan kita. Masyarakat di Eropa memiliki tinggi badan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kita di Indonesia. Mengapa? karena asupan gizi mereka lebih baik dibanding kita berdasarkan pola makan dan makanan yang dikonsumsi.

Untuk itu hendaknya kita memperbanyak lagi mengonsumsi yang menyehatkan agar pertumbuhan kita dapat maksimal seperti minum susu yang kaya akan vitamin, mineral, protein, kalsium, magnesium dan lainnya untuk pertumbuhan tulang.

Selain gizi yang cukup, juga dibarengi olahraga ya gan agar tubuhnya proporsional dan pertumbuhannya tidak ke sampingemoticon-Hammer (S).


3. Olahraga

Spoiler for Olahraga:


Olahraga merupakan penunjang bagi kita untuk menambah tinggi badan sekaligus membentuk tubuh yang ideal. untuk itu sempatkan olahraga setidaknya 15 menit setiap hari agar tulang serta tubuh kita kuat dan tidak loyo.

Berbagai macam olahraga yang bisa dilakukan seperti renang, loncat tali atau skipping, basket, hingga versi praktisnya seperti bergelantungan di pintu. Asal cari pintu yang kuat ya gan ntar malah copot emoticon-Ngakak (S).


4. Pola Tidur
Spoiler for Pola tidur:


Nah, setelah semua yang diatas terpenuhi, terakhir ada pola tidur ni gan. Pola tidur sangat penting bagi kita karena tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup dan meregenerasi sel tubuh. Untuk itu, usahakan setidaknya tidur malam 7-8 jam per hari. 

Walaupun gizi sudah terpenuhi dan olahraga cukup tapi tubuh masih kelelahan percuma juga ya kan yang ada malah sakit-sakitanemoticon-Cape d... (S).


Baiklah segitu dulu pembahasan kita kali ini dan semoga bisa bermanfaat ya. Dan bagi yang usianya masih dalam masa pertumbuhan, selamat ya karena kalian masih sempat untuk mengolah tubuh agar menjadi lebih tinggi lagi dan tidak menyesal dikemudian hari.

"Sekian"
~


Diubah oleh degurechaft 12-05-2022 03:22
scissorhand
provocator3301
provocator3301 dan scissorhand memberi reputasi
3
864
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.