Food & Travel
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
65
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6274707273cdc9336a2d0598/mengenal-rasa-nusantara--rujak-sayur-asin-kimchinya-surabaya-nih-gan
Mengenal Rasa Nusantara episode pertama kali ini, akan membahas kuliner dari Jawa Timur nih gansis. Tepatnya akan membahas kuliner khas dari kota Pahlawan tercinta yaitu Surabaya. Menyebut kota Surabaya, kuliner yang sering dibahas adalah Rujak Cingur dan juga Rawon? Betulkan? 2 makanan yang memiliki cita rasa otentik khasnya orang jawa didaerah timur.
Lapor Hansip
06-05-2022 07:48

Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!

icon-verified-thread
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!

Mengenal Rasa Nusantara episode pertama kali ini, akan membahas kuliner dari Jawa Timur nih gansis. Tepatnya akan membahas kuliner khas dari kota Pahlawan tercinta yaitu Surabaya. Menyebut kota Surabaya, kuliner yang sering dibahas adalah Rujak Cingur dan juga Rawon? Betulkan? 2 makanan yang memiliki cita rasa otentik khasnya orang jawa didaerah timur.

Rujak Cingur dan Rawon memang sangatlah terkenal, bahkan setiap kali ke Surabaya! Tak afdol rasanya, jika tidak mampir berkunjung ke warung makan rawon maupun rujak cingur. Selain itu, Surabaya juga dikenal memiliki oleh oleh jajanan khas yaitu Lapis Surabaya. Setiap ke Surabaya, rasanya wajib membeli oleh oleh untuk orang orang tercinta.
Quote:Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
Rujak Cingur

Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
Rawon

Namun ternyata banyak orang yang tidak tahu, kalau Surabaya punya 1 lagi makanan khas yang wajib kalian coba saat mengunjungi kota pahlawan tersebut. Nah ini dia, Rujak Sayur Asin Khas Kota Surabaya!

Rujak Sayur Asin khas Surabaya ini, punya 1 bahan yang hampir mirip dengan Khimci dari negeri ginseng loh. Itu adalah sawi asin, namun bedanya Kimchi dari Korea Selatan punya cita rasa khas sedikit pedas dan berwarna merah. Bisa dibilang sawi asin dari bahan rujak ini lebih mirip dengan Baek Kimchi/Kimchi Putih yang cenderung tak berwarna atau tak merubah warna dari sawi putihnya.

Dilansir dari [URL="Rekomendasi Rujak Sayur Asin Khas Surabaya, Dimodifikasi agar Membumi" [url]https://www.jawapos.com/wisata-dan-kuliner/24/10/2021/rekomendasi-rujak-sayur-asin-khas-surabaya-dimodifikasi-agar-membumi/?amp]JawaPos.Com[/url][/URL] sebelum Rujak Sayur Asin bisa diterima dilidah masyarakat Indonesia, nyatanya makanan ini adalah "persilangan kuliner" antara Tiongkok dan Indonesia. Jadi sebetulnya asal mulanya adalah bahan dasar dari makanan tersebut mulanya adalah makanan khas Tiongkok yaitu Kiam Chai/Sawi Asin. Yang berbahan dasar dari Sawi Pahit dan bukan Sawi Putih. Jadi bisa dibedakan dari rasa yang berbahan dasar Sawi Putih adalah Kimchi, dan Sawi Pahit untuk Kiam Chai.
Quote:Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
(Perbedaan sawi pahit dan sawi putih)

Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
(Perbedaan Kiam Chai dan Baek Kimchi

Namun karena lidah Indonesia sepertinya belum bisa menerima sayuran yang difermintasikan alami karena itulah di manfaatkan beberapa bahan tambahan seperti petis dan acar timun juga. Tak heran, warga Surabaya sudah terbisa mengkonsumsi petis dari campuran rujak cingur. Untuk itu masyarakat lebih merenerima resep Rujak Sayur Asin yang terdiri dari Sawi Asin, Tahu, Acar mentimun, Petis sebagai bumbu utama yang dipadukan dengan cabai dan taburan bawang putih goreng serta pelengkap berupa kerupuk.

Meskipun makanan ini adalah khas dari Surabaya, sayang sekali punjualnya masih terbilang sedikit. Seperti beberapa informasi dari food vlogger, penjual Rujak Sayur Asin paling terkenal adalah 5 + 2 milik bapak Sutopo di Jln. Diponegoro No.94 - Surabaya. Untuk harga 1 porsi sendiri dibandrol ±Rp.13.000,- . Ada juga rekomendasi lain Rujak Sayur Asin mbah To yang sering mangkal di Jln.Kebonsari Tengah (Perempatan Kebonsari)- Surabaya yang harga perporsi dibandrol sekitar Rp.10.000,- .

Nah karena sebelumnya ane doyan bereksperimen soal makanan, coba coba lah membuat Rujak Sayur Asin ini. Tapi Sawi Pahit ane ganti dengan Sawi Putih yang sudah difermentasi menggunan cuka, seperti halnya membuat acar mentimun. Setelah dicoba rasanya memang sangat segar, terutama saat dikonsumsi disiang hari yang sangat terik. Rasa dari petis hitam yang cenderung sedikit manis dan sawi fermentasi yang sedikit asam, dipadukan dengan irisan cabai keriting dan irisan tahu goreng membuat semuanya menyatu sempurna.
Quote:Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
(Sayangnya foto ini kurang menggiurkan saat dilihat)


Nah gimana nih untuk kalian sendiri masyarakat Surabaya atau sekitarnya, kira kira sudah pernah mencoba Rujak Sayur Asin itu sendiri? Menurut kalian ini lebih mirip Kimchi atau Kiam Chai? Jangan lupa tinggalkan tanggapan kalian disini ya!

Referensi Pribadi

Sumber Informasi
1 2 Resep Rujak Sayur Asin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 14 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
cooking--resto-guide
Cooking & Resto Guide
3.1K Anggota • 7K Threads
Halaman 2 dari 3
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
09-05-2022 09:22
Bagi 1 gan
profile-picture
sintamustika memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
09-05-2022 09:24
Bukan kimchi juga kali
Cuman rujak beda rasa
Kenapa sok sok an mau curi budaya korea sih?
Cari gara gara. Nanti di nuklir mati kita semua gara gara artikel lo
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
09-05-2022 09:43
Yuk gabung di channel Telegram @demenonline 👇
https://t.me/racunshopeepilihanmu

Info Terupdate Barang Terkini Murah Meriah, Promo, Free Ongkir dan COD

Klik link diatas dan share postingan ini sebanyak2nya ya. 🙂
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
09-05-2022 10:18
masih enakan makanan indo rujak cikur sama asinan bogor, hihiiiemoticon-2 Jempol
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
09-05-2022 12:00
Mantep emang Indonesia :iloveIndonesia
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
09-05-2022 13:02
Wah, ini rujak kesukaan ane gan..
emoticon-Matabelo
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
09-05-2022 13:20
Lebih di kenal sayur asin sebenernya.. gak pake rujak.. penjual kelilingnya udh jarang bgt.. isinya kebanyakan sayur.. di kasih petis ya emang org surabaya suka petis.. pedes dan asin
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
09-05-2022 14:30
rujak sayur asin beda dengan rujak petis biasa karena sayur sawinya di rendam sama air kelapa minimal 1x24 jam (fermentasi). sayur asin ini bisa didapatkan di pinggir jalan di drh jl. diponegoro (surabaya), namanya sayur asin 5+2 depan apotik kimia farma

Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
Diubah oleh arizonlinus
profile-picture
x310 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
09-05-2022 15:11
Kimcil memang gurih bray
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
09-05-2022 15:45
kyknya msh jarang di surabaya
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
10-05-2022 06:20
Belum pernah tau ini rujak sayur asin, kalau rujak cingur favorit ane nih, banyak pilihan di Surabaya. Ane paling suka rujak cingur yang jual orang madura.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
10-05-2022 06:40
Ane gak tau kimci gan, taunya kimcil wkwkwkkw
emoticon-Malu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
10-05-2022 13:45
namanya sayur asin tapi rasanya asem emoticon-Wakaka ini makanan debest, klo pas pulang surabya, minimal gw sempetin makan setidaknya 2 porsi.

oh y, harganya sekarang 15 ribuan ya yang di jalan diponegoro, klo nanya mana penjual yang enak sayur asinnya, jawabannya adalah : semuanya enak emoticon-Malu.

5+2 emoticon-Malu
profile-picture
sintamustika memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
10-05-2022 14:12
Udah lama banget gak makan rujak cingur.....jadi kangen nih.
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
12-05-2022 12:57
sehat dan bahagia kudoakan untuk para pemasak.
terimakasih untuk para koki seindonesia, juga para petani dan pengebun.
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
12-05-2022 13:21
cingur mahal
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
12-05-2022 18:53
gak doyan kimchi. taunya kim cil emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
12-05-2022 21:18
Numpang lapak gan, untuk kalian yg ingin praktis mengkonsumsi almond, saat ini sudah tersedia produk susu almon beserta produk olahan almond lainnya. Cocok untuk kalian yg sedang melakukan diet, pola hidup sehat, ataupun dijadikan hidangan pelengkap. Dari pada basa-basi klik dibawah ini ya...

Produk Almond
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
13-05-2022 14:24
Numpang lapak gan, untuk kalian yg ingin praktis mengkonsumsi almond, saat ini sudah tersedia produk susu almon beserta produk olahan almond lainnya. Cocok untuk kalian yg sedang melakukan diet, pola hidup sehat, ataupun dijadikan hidangan pelengkap. Dari pada basa-basi klik dibawah ini ya...

Produk Almond
0 0
0
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!
14-05-2022 07:33
kalo saya rutin bikin kol/kubis yg difermentasi karena bagus untuk kesehatan, enak rasanya dan murah harganya.
bahannya minimal cuma kol, garam sama air. difermentasi selama 1-2 minggu.
Kandungan probiotik, prebiotik, vitamin, mineral sangat jauh lebih tinggi daripada kalo beli yak**t
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia