junoonAvatar border
TS
junoon
Kemenangan Anak Marcos di Pilpres Filipina dan Momen Kebangkitan Orde Baru
Kemenangan anak Marcos sepatutnya menjadi pelajaran untuk Indonesia yang akan menggelar Pemilu 2 tahun lagi. Bahwa nostalgia terhadap pemimpin lama ternyata masih bisa jadi bahan jualan yang laris.

Mengapa anak Marcos menang, padahal bapaknya terkenal sebagai diktator dan koruptor??

1. Karena di Filipina pun ada slogan "Piye kabare?? Enak jamanku to??". Banyak orang Filipina yang menganggap era Marcos masih lebih baik daripada sekarang. Walaupun Marcos terkenal sebagai diktator dan koruptor, tapi pada awal-awal era Marcos, ekonomi Filipina bergerak maju. Tapi di periode2 selanjutnya memang menurun drastis hingga membawa Filipina kepada keterpurukan.

2. Rakyat Filipina kecewa bahwa revolusi People Power 1986 yang menggulingkan Marcos tidak membuat Filipina menjadi lebih baik. Korupsi masih tinggi, pembangunan ngadat, warga masih banyak yang miskin sampai harus cari kerjaan di luar negeri. Gak ada bedanya dengan Reformasi 1998 di Indonesia yang dianggap gagal karena pasca-Reformasi ternyata negara kita juga begini2 aja. Korupsi masih tinggi, warga masih banyak yang miskin.

3. Revolusi People Power yang menggulingkan Marcos 1986 diduga hanya mewakili suara orang Manila, dan tidak mewakili suara orang2 di luar Manila dan Pulau Luzon (pulau terbesar di Filipina).

Tentunya ini pelajaran bagi Indonesia untuk Pemilu 2 tahun lagi, bahwa pasti akan ada pihak-pihak yang mengangkat "nostalgia" era Soeharto sebagai bahan kampanye. Sekarang saja sudah banyak yang menyuarakan bahwa era Orde Baru lebih baik dari sekarang, termasuk ketua BEM yang lahir setelah Soeharto digulingkan. Kekecewaan masyarakat terhadap pemerintah yang sekarang, akan dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk mengajak Indonesia kembali ke masa lalu.

Quote:

Diubah oleh junoon 10-05-2022 05:07
ular.berbisik
accretia8
adolfsbasthian
adolfsbasthian dan 3 lainnya memberi reputasi
-2
2.4K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.