NovellaHikmiHasAvatar border
TS
NovellaHikmiHas
Jadilah Beradab Saat Bertamu, Perhatikan Beberapa Adabnya!

Bagaimana Kamu Dapat Dilihat dari Adabmu



Bismillahirrahmanirrahiim

Orang hidup perlu ada aturan, agar semua tertata dengan benar. Meski terkadang dalam norma-norma bermasyarakat tidak tertulis dengan jelas dan gamblang, tetapi sebagai orang timur pasti tahu mana yang baik juga seperti apa yang buruk.




Islam adalah agama terlengkap dan semua teratur, termasuk dalam bertamu. Rasulullah SAW telah mengajarkan umatnya adab bertamu dalam kehidupan sehari-hari. Adab tersebut telah tertulis jelas dalam hadits-hadits, lalu diajarkan pada tiap generasi muslimin.

Berikut adab bertamu berdasar hadits Rasulullah SAW, itu artinya begitulah Rasulullah mengajarkannya kepada kita:

1. Tidak Berdiri Tepat di Depan Pintu

Seorang tamu hendaknya berdiri di sisi kanan pintu, bukan tepat di depannya. Mengapa demikian? Karena jika pintu telah dibuka oleh tuan rumah, maka tamu tidak dapat melihat seluruh isi rumah. Selain itu, tamu tidak akan dapat melihat hal-hal yang tidak dibenarkan untuk dilihat.

Quote:


2. Salam dan Ketuk Pintu


Aturan selanjutnya yaitu ucapkanlah salam dan ketuk pintu terlebih dahulu hingga maksimal tiga kali. Jika tidak ada jawaban maka pulanglah.

Mungkin tuan rumah sedang tidak ada di rumah atau sedang tidak ingin diganggu. Jadi, jika betul-betul tidak ada jawaban dari pemilik rumah, maka janganlah sekali-sekali memaksa ingin masuk rumah.

Quote:


3. Jangan Masuk Hingga Dipersilahkan Lebih Dahulu


Jangan langsung duduk sebelum dipersilahkan, tunggulah dulu, bersabarlah menanti. Dengarkan kalimatnya, silahkan masukbukan silahkan duduk. Bukan juga untuk cek-cek yang lain.

Jadi setelah masuk tunggulah hingga dipersilahkan duduk. Jangan seenaknya nyelonong masuk tanpa seizin pemilik rumah.

Sering dijumpai tamu-tamu yang tidak memiliki adab, nyelonong masuk lalu melihat-lihat isi rumah, sedangkan pemilik rumah dalam kondisi tidak siap menerima tamu.

Padahal kita tahu bahwa rumah itu privasi, aurat bagi pemilik rumah. Belajarlah menghargai dan menghormati privasi tuan rumah.

Seorang tamu muslim juga harus menunggu dan bersabar hingga dipersilahkan untuk memakan hidangan. Meski ada hidangan tersaji di atas meja, tamu tidak memiliki hak hingga diizinkan untuk mencicipi atau menikmatinya.

4. Bersegeralah Pulang jika Urusan Telah Usai


Apabila urusan telah usai, hendaklah tamu segera pulang. Tamu tidak perlu tahu ada berapa kamar di kediaman tuan rumah. Karena itu bagian dari privasi.

Quote:


5. Jangan Datang Pada Waktu-waktu yang Dilarang


Ketahuilah 3 waktu yang dilarang dalam bertamu, yaitu sebelum subuh, sesudah dzuhur dan setelah isya'.

Quote:


Itulah beberapa adab bertamu yang perlu diingat dan diperhatikan. Meski hari ini musim-musim silaturrahim, berkunjung yang dapat mendatangkan pahala, tetapi jangan pernah melanggar adab-adab, sehingga mulanya amalan tersebut berpahala, justru menuai dosa.

Wassalamualaikum

Penulis : novellahikmihas
Narasi: ulasan pribadi









0
623
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.