Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Lockdown666Avatar border
TS
Lockdown666
Blinken: AS Bertekad Perkuat Kebebasan Pers, Termasuk Beri Bantuan Media Independen
Blinken: AS Bertekad Perkuat Kebebasan Pers, Termasuk Beri Bantuan Media Independen

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyampaikan sejumlah poin penting pada Hari Kebebasan Pers Sedunia 2022 yang diperingati tiap 3 Mei. Pidato diutarakan dalam Pengarahan Pers Foreign Press Center (FPC). Dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, menurut Blinken, pers yang independen dan dinamis adalah landasan untuk demokrasi yang sehat. "Intinya terdapat gagasan bahwa informasi adalah milik publik, dan seringkali kita memercayai pers untuk menyediakan informasi itu," ujarnya.

"Hal tersebut yang membantu masyarakat memahami peristiwa, maupun kekuatan yang membentuk hidup mereka, memungkinkan masyarakat terlibat dalam bidang politik dan sipil," tambahnya. Pers yang bebas juga disebut Blinken jadi salah satu alat paling efektif untuk memajukan hak asasi manusia. "Situasi ketika pelaksanaan kebebasan berekspresi, termasuk kebebasan pers, menghadapi ancaman besar harus dihadapi," ujar Blinken.

Pemerintah AS, menurut Blinken, sudah mengambil berbagai tindakan untuk melawan penindasan dan memperkuat kebebasan pers. Ini termasuk mengambil langkah-langkah mendesak untuk membantu melindungi para jurnalis di wilayah konflik. "Di Ukraina, misalnya, kami membekali jurnalis dengan jaket antipeluru, kotak P3K, dan telepon satelit. Kami mendirikan pusat pers di Lviv untuk membantu media lokal dan nasional Ukraina agar tetap dapat beroperasi," ujarnya.

AS juga mengeklaim sudah mengangkat profil kasus jurnalis yang menjadi sasaran karena pekerjaannya melalui setiap platform dan keterlibatan diplomatik. "Kami menggalang koalisi dengan negara-negara yang lebih luas untuk mendukung upaya ini, seperti Media Freedom Coalition," ujar Blinken. "Ini adalah kelompok yang terdiri lebih dari 50 negara dengan komitmen terhadap kebebasan pers dan keselamatan jurnalis. Misalnya, ketika kami mengkritik Beijing karena membungkam media independen di Hong Kong, kami melakukannya bersama dengan negara-negara lain dari setiap bagian di dunia," tambahnya.

Blinken juga menyebut AS bersedia membantu media independen yang menghadapi bahaya finansial. "Kami memberikan bantuan keuangan langsung ke media yang menghadapi risiko," ujarnya. "Kami bekerja sama dengan kelompok bisnis dan sektor swasta untuk membantu mereka menjadi lebih berkelanjutan secara finansial."

"Pada saat yang sama, kami memberikan bantuan keuangan untuk para reporter dan lembaga berita yang secara tidak adil menjadi sasaran litigasi akibat berita kritis yang mereka tulis," tambahnya.

https://www.kompas.com/global/read/2...n-media?page=1
jerryreality850
jerryreality850 memberi reputasi
1
504
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.