• Beranda
  • ...
  • Games
  • 3 Alasan Kenapa Gamer Indonesia Lebih Suka Main di Smartphone daripada PC

cintadineAvatar border
TS
cintadine
3 Alasan Kenapa Gamer Indonesia Lebih Suka Main di Smartphone daripada PC

Jumlah orang yang suka main game di Indonesia memang cukup banyak, tapi sekarang ini yang paling banyak bermain game adalah mereka yang bermain game di smartphone alias mobile. Padahal dulu gamer Indonesia masih banyak yang bermain game di konsol. Tapi ketika smartphone semakin canggih, maka orang Indonesia lebih suka main di smartphone ketimbang konsol dan PC.

Lihat saja, orang yang bermain Free Fire di Indonesia lebih banyak jika dibandingkan dengan yang bermain Valorant di PC. Sampai-sampai para developer pun membuat game versi mobilenya dengan gratis. Secara kualitas, game mobile memang masih kalah dengan PC yang di mana masih banyak game mobile gratis yang kualitasnya seadanya namun menjual banyak microtransaction sehingga menjadi pay to win.

Lalu, kenapa gamer Indonesia lebih banyak bermain di smartphone dibandingkan dengan di PC atau konsol?

1. Faktor Uang dan Ekonomi

Di negara-negara maju, gamernya masih banyak yang bermain game di PC dan konsol karena secara pendapatan mereka sudah mapan dan mumpuni. Pendapatan masyarakat di negara maju jelas akan mempemudah mereka untuk memiliki PC dengan spek tinggi maupun konsol generasi terbaru.

Sedangkan kita tahu kalau Indonesia adalah negara berkembang yang masyarakatnya masih kesulitan untuk membeli perangkat PC spek tinggi atau konsol. Belum lagi harga gamenya yang mencapai ratusan ribu rupiah. Karena itulah smartphone menjadi solusinya, harga smartphone terbilang terjangkau dan juga gamenya kebanyakan gratis dan hanya membutuhkan kuota internet.

2. Kemudahan Akses

Bukan hanya faktor uang, tapi juga karena faktor kemudahan akses dan portabilitas yang mudah saat menggunakan smartphone. Smartphone bisa dibawa ke mana saja sedangkan PC dan konsol rumahan tidak. Kecuali Nintendo Switch yang kita tahu harganya mehong bagi sebagian orang.

Smartphone bisa dibawa buat nongkrong dengan teman-teman dan mabar secara bersama-sama dalam jumlah yang besar. Ini yang tidak dapat ditemukan di PC dan konsol.

3. Game yang Gratis Namun sayang Sedikit yang berkualitas



Masih berhubungan dengan poin pertama. Memang di PC juga ada game gratis tapi jumlahnya terbatas sedangkan game PC yang berkualitas kebanyakan berbayar dan mahal. Nah, kalau di smartphone game yang gratisan sangat banyak dan bertebaran di Play Store. Akan tetapi sedikit yang benar-benar berkualitas dan memuaskan. Kebanyakan game gratis itu pay to win kecuali game-game esports yang ditujukan untuk kompetisi.

Kalau pun tidak pay to win, pasti banyak yang gacha dengan harga yang menggila.

Gimana gan, ada yang mau nambahin lagi alasan lainnya nggak? emoticon-Ngakak

Referensi
pakde.edan
snailconnection
fachri15
fachri15 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
7.2K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.