• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nostalgia 8 Hal yang Terjadi Ketika Facebook Masih dihuni Remaja Milenial Super Alay

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Nostalgia 8 Hal yang Terjadi Ketika Facebook Masih dihuni Remaja Milenial Super Alay

Facebook kini sudah berusia 18 tahun sejak diperkenalkan pada 2004 yang lalu. Media sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg itu awalnya tidak langsung dibuka untuk umum tapi terbatas untuk orang di lingkungan Universitas Harvard kemudian berkembang ke universitas lain di Amerika Serikat dan akhirnya dibuka untuk umum pada 2005. Sedangkan Facebook mulai booming di Indonesia pada sekitar tahun 2009 di mana kala itu orang-orang keranjingan Facebook di laptop pribadi maupun di warnet sampai-sampai Saykoji menciptakan sebuah lagu berjudul Online.

Harus diakui, meskipun kini Facebook masih menjadi media sosial nomor satu di dunia, namun para Generasi Z tampaknya kurang melirik Facebook dan lebih memilih Instagram yang dianggap lebih modern walau sama-sama milik Meta.

Ada beberapa hal yang terjadi Facebook jaman dulu atau saat di tahun 2009 sampai setidaknya tahun 2012. Apa sajakah itu?

1. Nama Alay

Sudah tidak diragukan lagi kalau nama alay di Facebook sering digunakan oleh pengguna di Indonesia di bawah tahun 2012. Mungkin karena pada saat itu para penggunanya masih menjadi remaja. Nama alaynya ditulis begitu panjang sampai-sampai sulit dibaca. Kadang kerumitannya melebihi aksara Rusia. Contohnya adalah "Fira iangchintadheeasampaiimatii" atau "Dudung chintaxamoe". Pokoknya kacau deh bikin geli bacanya.

Kalau sekarang, para pengguna Facebook dengan bangga menggunakan nama asli mereka tanpa malu-malu lagi.

2. Update Status Alay

Di saat ini cukup jarang para pengguna Facebook update status pribadi dengan menulis tulisan secara langsung dan lebih sering membagikan postingan dari sumber lain ataupun mengunggah foto. Kalau dulu sih pengguna Facebook cukup sering menulis status Facebook dengan tulisan dan nada yang alay.

Biasanya tulisannya huruf besar dan huruf kecil disatukan dan terkadang dicampur dengan angka, selain itu statusnya kebanyakan curhatan yang tidak penting soal asmara masa abg.

3. Like Fan Page Anti Kangen Band

Kangen Band adalah fenomena yang unik, dulu merupakan band yang paling sering dihujat oleh masyarakat karena penampilannya yang kampungan dan musikalitas yang dianggap rendah. Orang-orang yang memiliki selera musik sok tinggi sangat anti dengab Kangen Band sampai-sampai muncul grup dan Fan Page Anti Kangen Band.

Kalau sekarang Kangen Band malah balik disukai bahkan oleh orang yang dulunya benci.

4. Main Game Poker di Warnet

Facebook bukan hanya menjadi media sosial tapi juga ada game di dalamnya dan dulu salah satu yang paling banyak dimainkan adalah Texas Holdem Poker yang banyak dimainkan di warnet.

Saking populernya, game Poker di Facebook sering disalahgunakan menjadi judi asli dan dulu pernah ada orang ditangkap karena bermain Poker di Facebook karena menjualbelikan chips ke dalam bentuk uang asli.

5. Aplikasi Facebook Blackberry

Blackberry adalah simbol sosial kala itu, harganya yang mahal membuat orang bangga menggunakan aplikasi Facebook Blackberry dan di postingan statusnya terdapat tulisan "Melalui Blackberry"

Rasa iri akan timbul bagi mereka yang masih main di Warnet ketika membaca status temannya ada tulisan yang seperti itu.

6. Snaptu Java dan Facebook Zero

Sedangkan untuk yang ponselnya masih Java Facebook ada aplikasi khususnya dan salah satunya disediakan oleh Snaptu yang di dalamnya juga terdapat Twitter. Snaptu cukup menarik karena tampilannya yang elegan di masanya. Sayangnya, Snaptu tidak bertahan lama karena akhirnya dihapus begitu saja.

Selain itu, ada juga Facebook Zero yang merupakan akses Gratis Facebook walaupun tidak ada kuota. Tapi Facebook Zero tidak bisa menampilkan foto.

7. Kartu Facebook

Kartu Facebook diluncurkan oleh Telkomsel kepada orang yang suka Facebookan. Kartu ini memungkinkan pengguna untuk bisa Facebookan sepuasnya. Entahlah, sampai sekarang apakah penggunanya masih bisa Facebookan atau tidak.

8. Tumbangnya Friendster

Friendster adalah media sosial yang lebih tua dari Facebook dan sudah lebih dulu ada ketika Facebook belum menjadi tren. Friendster digunakan oleh mereka yang sudah mengenal internet sejak era 2000an.

Media sosial ini harus tumbang oleh Facebook karena terlalu ketinggalan jaman dan kalah telak oleh fitur-fitur Facebook.

Gimana gan, ada yang lainnya? emoticon-Big Grin

Referensi

darmawati040
agusrezapratam4
BrickLesnar
BrickLesnar dan 23 lainnya memberi reputasi
22
15.2K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.