Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah Penipuan Ponzi Pertama Kali, Iming-iming Membangun Negeri Dongeng Ilusi

palapanusaAvatar border
TS
palapanusa
Inilah Penipuan Ponzi Pertama Kali, Iming-iming Membangun Negeri Dongeng Ilusi
Hello GanSis bagaimana kabar GanSis sekalian semoga selalu sehat dan di akhir Ramadhan semoga bagi GanSis yang beragama muslim semoga selalu lancar puasanya dan semoga dilancarkan persiapan mudiknya dan selalu hati-hati bagi GanSis yang akan berangkat atau tengah akan siap-siap mudik semoga bisa melepas rindu dengan keluarga besar. GanSis kali ini TS mau membahas mengenai permasalahan Ekonomi. Seperti GanSis ketahui akhir-akhir ini banyak Investasi online yang bersifat Ponzi dengan iming-iming akan mendapat return yang tinggi dengan di ketuai oleh seorang Afiliator sebagai marketing dari beberapa situs Aplikasi Investasi berbasis Trading namun kenyataan bukan trading yang sebenarnya namun lebih kepada investasi skema Ponzi.

Skema Ponzi ini memang sudah lama GanSis ada di dunia ini, namun siapa sangka bukan Charles Ponzi yang pertama kali melakukan skema ini loh GanSis, ternyata skema ponzi ini sudah ada sejak dulu kala. Bahkan penipuan Ponzi pertama kali tidak cuma dijanjiin return investasi loh GanSis namun juga hal-hal yang tidak masuk ke dalam logika manusia yakni menjanjikan adanya sebuah negeri yang sangat subur dan bergelimang emas bagaikan negeri di dalam buku-buku dongeng. Sebagai awal kita sedikit intermezzo dulu ya GanSis tentang skema ponzi ini. Jadi skema Ponzi dapat di ilustrasikan "ada seorang pemuda sebut saja A, si A ini bergabung ke grup investasi X dengan modal 10 Juta dan di iming-imingi return 10% perbulan, nah untuk memenuhi janji return ke si A ini grup investasi X ini membayar return si A dengan uangnya sendiri atau menggunakan modal dari investor yang masuk ke Grup X setelah si A ini, intinya bukan hasil investasi ataupun bisnis yang nyata yang dijalankan si grup investasi X ini". Nah jadinya untuk terus menjalankan bisnisnya ini biasanya penipuan Ponzi ini selalu merekrut anggota baru dengan iming-iming return yang besar.


Sumber Gambar

Kalau di Indonesia skema Ponzi ini tengah hangat karena ditangkapnya banyak Afiliator berbasis investasi dengan melakukan trading dengan menggunakan robot trading yang diantara afiliator ini ada si murah banget yakni Indra kenz, dan Doni Salmanan. Namun GanSis skema ini sudah ada sejak zaman dahulu bahkan pada pertama kali skema ini dilakukan return yang di iming-imingi tidak masuk ke dalam logika manusia dan bahkan saat itu memakan korban jiwa. Kok Bisa terus gimana kisahnya bisa skema ponzi memakan korban jiwa, dan kok bisa return yang di iming-imingi tidak masuk ke dalam logika manusia?. Jadi ada seorang tentara asal Skotlandia bernama Gregor MacGregor. MacGregor ini ikut berlayar waktu itu ke benua Amerika untuk peperangan di tahun 1810. Sepulang dirinya dari ekspedisi ke Amerika, MacGregor mengaku mendapatkan sebuah titah dari Raja Honduras sebagai seorang "Cacique" atau kepala suku dari sebuah negeri di Honduras yang bernama Poyais.

Negeri Poyais ini diklaim merupakan hadiah dari Raja Honduras sebagai bentuk terimakasih atas partisipasi Inggris di Benua Amerika. Penipuan MacGregor ini disiapkan dengan matang karena dia sudah menyiapkan surat dan dokumen lengkap untuk menjalankan aksi penipuannya ini, seperti surat perintah dari Raja Honduras, Surat Kavling tanah dan dokumen lainnya yang tentu saja cuma kedok untuk menjalankan tipu muslihatnya si MacGregor ini. MacGregor juga mengatakan bahwa negeri Poyais ini sangat subur, musim panen bisa tiga kali dalam setahun serta dihiasi sungai panjang yang ada bongkahan emas di dasarnya. Semua klaim ini bahkan dirangkum kedalam satu buku yang berisi 360 Halaman. Tidak sampai disitu saja loh GanSis MacGregor ini bahkan sampai di Interview oleh media cetak nasional Inggris di masa itu karena janji manisnya akan gambaran negeri Poyais. Kemudian MacGregor memasang iklan di koran tersebut ditambah dengan selembaran yang mengajak investasi warga Inggris ke Negeri Poyais.


Sumber Gambar

Tidak hanya warga Inggris yang tertipu. Ada juga perbankan bernama John Perring, Shaw, dan Barber yang memberikan sebuah cek bernilai 200.000 Pounds sebagai investasi untuk negeri Poyais. Tahun 1822 sekelompok imigran Skotlandia yang percaya adanya negeri Poyais ini berlayar ke Benua Amerika untuk menjadi penduduk negeri kaya Poyais yang hanya gambaran ilusi yang dilakukan MacGregor untuk memikat korbannya untuk melakukan investasi. Mereka kemudian terkejut sesampainya di Poyais karena mereka tidak menemukan jejak alam yang mirip dengan apa yang digambarkan oleh MacGregor akan gambaran negeri Poyais. Selama satu tahun, sampai tahun 1823, kelompok imigran ini dinyatakan tersesat hingga akhirnya dapat ditemukan. Tapi kondisi alam yang kurang familiar membuat 10 imigran Skotlandia harus meninggal. Mendengar kabar ditemukannya imigran ini oleh pemerintah Inggris, MacGregor kemudian melarikan diri dari Inggris ke Prancis.


Sumber Gambar

Anehnya lagi MacGregor ini berkonspirasi dengan pengacara handal agar tidak dijebloskan kedalam penjara.Justru seorang Kapten Kapal kelompok imigran dan staf keuangan MacGregor yang dituduh bersalah atas kasus ini. Sampai saat ini, penipuan MacGregor ini jadi kisah penipuan yang paling aneh yang pernah terjadi. Nilai kerugian atas penipuan ini juga tidak tercatat jelas, namun yang pasti sangat merugikan karena memakan nyawa sebanyak 10 Orang.

Nah GanSis itu dia kisah awal skema Ponzi yang pertama kali dilakukan dengan iming-iming return yang tidak masuk kedalam logika dengan menggambarkan negeri bak negeri dongeng dengan penuh emas membuat orang percaya. Ini juga yang terjadi kepada orang-orang terjerat dalam penipuan robot trading alih-alih ingin mendapatkan untung besar secara cepat malah jatuhnya jadi boncos dan rugi yang akhirnya untuk tak di dapat, rugi yang dirasakan. Jadi literasi keuangan penting di era digital seperti saat ini terlebih banyak orang tergiur ingin kaya secara cepat tanpa bekerja keras dan menganggap bahwa investasi jangka pendek dengan lakukan trading bisa membuat orang-orang yang berpikir ingin cepat kaya secara instan tergiur dan akhirnya merugi dan menuntut pemerintah untuk mengganti uang yang sudah mereka investasikan.

Nah GanSis segitu dulu thread kali ini semoga bermanfaat dan semoga kita juga bisa belajar untuk berhati-hati dalam berinvestasi baik online ataupun offline, dan perlu di ingat investasi ini High Risk-High return tidak harus selalu investasi untuk ada kala investasi merugi dan sebagai investor kita juga harus siap merugi juga, mental juga harus dibangun ketika ingin menjadi seorang investor, banyak-banyak membaca dan belajar mengenai apa investasi dan bagaimana skema investasi yang benar. Sekian thread TS kali ini sampai bertemu di thread selanjutnya.....

Terimakasih
emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

[url=S][/url]

[url=S][/url][url=S][/url]
Spoiler for Sumber dan Referensi:

[url=S][/url]


miftah9898
MUF0REVER
Aramina
Aramina dan 21 lainnya memberi reputasi
22
5.9K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.