Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

skiesmanAvatar border
TS
skiesman
Survei Charta Politika: Kepercayaan Terhadap Jokowi di Bawah TNI
Survei Charta Politika: Kepercayaan Terhadap Jokowi di Bawah TNI
Presiden Joko Widodo berbincang dengan nelayan di kampung nelayan Bulak Cumpat, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 20 April 2022. Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. ANTARA FOTO/Didik Suhartono

TEMPO.CO, Jakarta - Charta Politika merilis hasil survei kepercayaan publik terhadap lembaga negara termasuk presiden. Hasilnya, kepercayaan publik terhadap TNI mengungguli Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Dalam survei yang diadakan pada 10-17 April 2022 itu, tingkat kepercayaan masyarakat kepada Jokowi mencapai 75,8 persen. Sementara untuk institusi TNI, tingkat kepercayaan mencapai 85,2 persen.
Angka ini membuat institusi pertahanan negara itu menduduki peringkat pertama sebagai lembaga negara paling dipercaya.

"Hampir selalu dalam setiap rilis survei pasca reformasi, TNI selalu menempati nomor satu," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya dalam webinar Senin, 25 April 2022. 

Meski begitu, Yunarto mengatakan ada penurunan tingkat kepercayaan terhadap TNI jika dibandingkan dengan survei pada bulan Februari 2022 yang mencapai angka 89,3 persen. Sementara pada Presiden Jokowi, tingkat kepercayaan terus menurun sepanjang tahun ini.

Seperti pada bulan Januari 2022, tingkat kepercayaan menyentuh angka 84,9 persen, lalu menurun pada Februari 2022 menjadi 81,0 persen, dan terakhir di angka 75,8 persen di bulan April 2022. 

Dalam survei kali ini, Charta Politika melibatkan 1.220 responden dengan margin of error 2,83 persen. Survei dilakukan dengan metode random sampling selama sepekan, yakni pada 10-17 April 2022 di setiap Provinsi Indonesia.

Dari hasil survei tentang tingkat kepercayaan terhadap lembaga tinggi negara, institusi TNI berada di nomor urut satu. Kemudian, di bawahnya ada Presiden. Sedangkan di nomor urut ketiga ada Polri dengan persentase 70,7 persen, menyalip persentase KPK yang hanya 69,9 persen.

"Untuk Polri ini pola baru (berada di urutan ketiga). Biasanya Polri ini di zaman ketika kita bicara KPK masa lalu, saat kepercayaan kepada KPK masih tinggi, biasanya Polri di bawah KPK," kata Yunarto.

Sementara untuk tiga institusi nomor buncit ada DPR RI, DPD, dan MPR RI. Yunarto menyebut lembaga legislatif kerap menjadi langganan institusi paling tak dipercaya masyarakat di setiap survei lembaga kredibel.


SUMUR

siap siap nihh
gmc.yukon
nomorelies
extreme78
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.