Sambelterasi052
TS
Sambelterasi052
Ini Alasan dan Fakta Kenapa Tahun 571 M Disebut Tahun Gajah
Foto ilustrasi pasukan bergajah | malagay.wordpress.com


Halo Agan dan Sista semuanya dimana pun berada, semoga kita selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa, semoga aktivitas kita selalu diberkahi dan diberikan rejeki yang berlimpah. Tulisan kali ini menceritakan tentang tahun gajah yang identik dengan tahun 571, berikut informasi selengkapnya.

Mengapa tahun 571 dinyatakan sebagai tahun gajah? Mungkin pertanyaan jarang diketahui generasi XYZ, dan saya tertarik untuk membahas ini karena ada pertanyaan dari quiz. Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang yang tertarik dengan sejarah perjalanan agama, ilmu sejarah maupun kisah-kisah peradaban jaman kuno.

Alasan mengapa tahun 571 Masehi disebut sebagai tahun gajah? karena dulunya tentara "Abraha al-Abyssinian" ingin menyerang Ka'bah pada tahun 571 Masehi, dimana seluruh pasukan Abraha al-Abyssinian semuanya menggunakan gajah sebagai armada perangnya.

Foto ilustrasi Ka'bah dijaman era tahun gajah | madainproject.com


Meskipun memiliki banyak pasukan akan tetapi, segala upaya jahat yang dilakukan Abraha al-Abyssinian semuanya menjadi sia-sia karena ia tidak mampu menghancurkan Ka'bah dan menjajah suku Quraisy.

Dalam beberapa catatan mengatakan, tujuan Abraha al-Abyssinian ingin menghancurkan Ka'bah adalah untuk menaklukkan orang-orang suku Quraisy dan Orang-orang Arab di Mekah, dan kemudian ingin menjajah mereka dan tunduk kepadanya.

Foto ilustrasi burung ababil menyerang pasukan gajah Abraha al- Abyssinian | alchetron.com


Abd al-Muttalib yang merupakan penguasa suku Quraisy (suku keturunan Ibrahim) saat itu dia memiliki beberapa unta dan kemudian Abraha al-Abyssinian ingin mengambilnya secara paksa. Kemudian Tuhan diceritakan, mengirimkan segerombolan burung Ababil yang membawa pecahan batu kecil dan menurut Surah Al-Fil batu Sijjil (kerikil neraka) dan menjatuhkannya ke arah pasukan Abraha al-Abyssinian dan kemudian mereka pun gagal menyerang dan merampas unta milik Abd al-Muttalib.

Kemudian tahun 571 disebut sebagai tahun gajah, tahun gajah juga tertulis di ayat suci Al-Qur'an dalam Surah Al-Fil menceritakan tentang kisah penyerbuan dan kegagalan Abraha al-Abyssinian menyerang Ka'bah karena Allah SWT selalu melindungi Ka'bah dari orang-orang yang jahat.

Semoga tulisan sederhana ini dapat mengedukasi para pembaca semuanya, jika ada kesalahan informasi tolong di bantu koreksinya. Terima kasih atas kunjungannya.


Penulis: Sambelterasi052
Referensi: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Year_of_the_Elephant#:~:text=The%20%CA%BF%C4%81m%20al%2Df%C4%ABl%20(Arabic,year%20that%20Muhammad%20was%20born.
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 25-04-2022 04:09
p.a.c.o.lnidhomulhaqyoseful
yoseful dan 20 lainnya memberi reputasi
21
11K
283
Berikan Komentar
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.4KThread9.2KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.