beritalamaAvatar border
TS
beritalama
Jenderal TNI Bandingkan Rusia dengan AS: Invasi Amerika Serikat di Irak Lebih Brutal
JAKARTA - Letnan Jenderal TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo turut angkat suara soal banyaknya sanksi yang dijatuhkan negara-negara di dunia kepada Rusia karena menginvasi Ukraina. Dia membandingkan dengan Amerika Serikat saat menginvasi Irak pada 2003 lalu.

Menurut Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) periode 1 April 2011-30 Juni 2012 itu, invasi Amerika Serikat pada 2003 lalu lebih brutal jika dibandingkan dengan invasi Rusia ke Ukraina. Namun, dunia tidak menjatuhkan sanksi kepada negara tersebut yang saat itu dipimpin Presiden George W Bush.

"Invasi Amerika di Irak jelas lebih brutal daripada Rusia di Ukraina, tapi dunia tidak menjatuhkan sanksi apa pun terhadap Amerika," kata Jenderal TNI ini dalam salah satu postingannya di media sosial Instagram, dikutip Rabu (20/4/2022).

Sementara Rusia, menurut peraih Adhi Makayasa 1976 ini, sudah mendapatkan sanksi bertubi-tubi dari berbagai negara di dunia, saat belum sampai tiga pekan menginvasi Ukraina. Salah satu negara yang menjatuhkan sanksi Amerika Serikat.

"Sementara belum sampai 3 minggu Rusia di Ukraina telah dijatuhi lebih dari 5.500-an sanksi, sampai-sampai kucing dan anjing Rusia pun dilarang ikut kontes internasional," tulisnya.

"Bila dunia tidak adil maka jangan harap penguasa di kita adil," kata mantan Wakil Komandan Paspampres ini.

Suryo Prabowo juga memosting dua video saat invasi Amerika Serikat di Irak pada 2003 lalu. Di video pertama, tampak sejumlah ledakan di Kota Baghdad, mengakibatkan kehancuran di ibu kota Irak itu. Sementara di video kedua terlihat gempuran artileri di pusat kota itu.

Diketahui, Amerika Serikat (AS) memulai agresi melawan Irak pada 19 Maret 2003 lalu bersama pasukan koalisi. Perang ditandai dengan ledakan yang menggempur Baghdad, Ibu Kota Irak.

Presiden Irak saat itu, Saddam Hussein ditangkap dan diadili. Dia dihukum gantung pada 30 Desember 2006. Perang Irak berakhir pada 15 Desember 2011.

Sementara invasi Rusia di Ukraina masih berlanjut. Presiden Rusia, Vladimir Putin mengerahkan tentaranya untuk menyerang Ukraina sejak 24 Februari lalu. Dia menyebut serangan ke negara tetangga itu sebagai operasi militer khusus untuk mendemiliterisasi dan “mendenazifikasi” Ukraina.

Operasi militer itu dilakukan Putin setelah Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) meminta bantuan Moskow untuk mempertahankan diri melawan pasukan Kiev. DPR dan LPR adalah dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina.

Rusia terus menyerbu dan berusaha menaklukkan kota-kota kunci di Ukraina, termasuk Kiev. Vox melaporkan, menurut data yang masuk ke Departemen Pertahanan AS (Pentagon), lebih dari 7.000 tentara Rusia tewas setelah tiga minggu pertempuran. Bahkan, dikatakan jumlah kematian ini jauh lebih besar dibandingkan dengan 20 tahun pertempuran tentara Amerika Serikat di Afghanistan.

Dari segi ekonomi, Rusia juga mengalami kerugian yang diklaim media Barat tak kalah besar. Berbagai sanksi telah dijatuhkan oleh berbagai negara, termasuk Uni Eropa, Jepang, Amerika Serikat, bahkan termasuk sanksi SWIFT (Society Worldwide Interbank Financial Telecommunication), sistem keuangan terbesar di dunia, dan diyakini Rusia diblokir secara resmi dari pasar keuangan global.

https://www.inews.id/amp/news/nasion...k-lebih-brutal

Komentar dari TS:

Dunia tidak akan berani sama amrik, karna dunia membutuhkan amrik.

pangkalan militer as tersebar di seluruh penjuru dunia, kawat diplomatik amerika luar negeri sangat kuat, tersebar hampir di seluruh negara di bumi ini.

pangkalan militer terbesar amerika di eropa berada di Rammstein Air Base, Jerman.

Pangkalan militer terbesar amerika di asia berada di Camp Humphreys, Pyongtaek, Korea Selatan.

pangkalan militer terbesar amerika di timur tengah berada di Al Udeid Air Base, Qatar.

Pangkalan militer terbesar amerika di afrika berada di Mombassa Air Base, kenya.

siapa mampu lawan amerika? China yg digadang gadang negara hebat aja pangkalan militernya cuma ada di djibouti, Myanmar, Uganda, dan Pakistan. Negara ampas semua itu emoticon-Big Grin
anjenkkaskus
seher.kena
peternakkadrun
peternakkadrun dan 7 lainnya memberi reputasi
4
1.8K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.